Hamil Tidak Mual? Jangan Khawatir, Kehamilan Mums Tetap Sehat!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Mual alias morning sickness jadi tanda paling umum kehamilan di trimester pertama. Namun tidak semua kehamilan serupa. Ada ibu mengandung nan merasakan mual dan apalagi muntah, ada nan mengandung tidak mual namalain biasa saja. Semua itu normal, lantaran setiap kehamilan itu unik, sangat individual. Apakah mengandung tidak mual itu sehat?


Bila Mums mengalami mengandung tidak mual, tidak perlu cemas berlebihan. Tidak perlu iri dengan mereka nan di kehamilan pertama mengalami mual apalagi muntah. Tidak adanya indikasi mual saat mengandung muda bukan berfaedah kehamilan Mums tidak sehat. Baik disertai mual alias tidak, kehamilan bisa sama-sama sehat.

Baca juga: 7 Penyebab Ibu Hamil mengalami Sesak Napas


Ini Alasan Hamil tidak Mual


Tidak semua orang mengandung mengalami mual alias muntah di pagi hari nan dikenal dengan istilah morning sickness. Bahkan antar kehamilan pun berbeda, misalnya mengandung pertama mual, mengandung kedua tidak. Jadi tidak perlu cemas dengan kemungkinan kehamilan nan tidak sehat lantaran tidak mengalami morning sickness.


Tidak semua orang mengandung mengalami mual-mual, sama halnya dengan tidak semua orang mengalami mabuk perjalanan. Kenapa tidak mual? Sebab kemungkinan tubuh bisa beradaptasi dengan lonjakan kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG), hormon estrogen, dan hormon lainnya nan muncul selama trimester pertama kehamilan.


Jadi, mereka nan mengalami mual apalagi muntah selama hamil, tubuhnya tidak bisa mengatasi lonjakan hormon-hormon tersebut. Kadar hCG sendiri biasanya melonjak setiap 48 jam pada minggu-minggu pertama kehamilan. Seperti naik roller coaster, peningkatkan pesat ini bisa membikin perut mual. Kabar baiknya, lonjakan hormon ini bakal berkurang secara berjenjang hingga bisa terkendali di trimester kedua.

Baca juga: Aturan Ibu Hamil Makan Daging, Perhatikan Kematangannya


Hamil tidak mual bukan indikasi keguguran

Hamil tidak mual apalagi muntah, bukan sesuatu nan salah. Kadang mengandung tidak mual ini juga disebabkan oleh kadar hormon nan jauh lebih rendah dari biasanya. Pada beberapa kasus penurunan ini mungkin mengindikasikan peningkatan akibat keguguran. Namun ini bertindak pada mereka nan mempunyai riwayat keguguran sebelumnya.



Diperkirakan 70-80% ibu mengandung mengalami mual, muntah. Jadi tetap ada 20-30% nan mengandung tidak mual sama sekali apalagi di trimester pertama sekalipun. Ketika sedang terjadi puncaknya lonjakan hormon dalam tubuh. Artinya ada 20-30% kehamilan nan sehat tanpa mual dan/atau muntah di pagi hari sama sekali.


Umumnya ibu mengandung tidak mual alias muntah, ada nan merasa beruntung, ada nan bingung apalagi ada pula nan khawatir. Karena umumnya mengandung muda itu identik dengan mual muntah, nan mengandung tidak mual jadi sesuatu nan aneh. Padahal tidaklah demikian.


Hamil tidak muntah juga merupakan sesuatu nan wajar. Sebab banyak aspek nan berkontribusi terhadap mual termasuk peningkatan hormon dan penurunan kadar gula darah dalam tubuh, usia ibu, apakah dia merokok alias tidak, dan berat mass index (BMI) sebelum hamil.


Setiap kehamilan berbeda

Mual dengan alias tanpa muntah di pagi hari juga sangat bervariasi dari satu kehamilan ke kehamilan berikutnya. Apalagi antar individu, jelas berbeda kondisinya. Jadi jangan disamaratakan.


Mual saat mengandung bisa terjadi dalam kadar ringan, sedang alias jarang, dan sering alias ekstrem nan disertai muntah apalagi mengalami dehidrasi dan perlu rawat inap. Sebuah studi tahun 2018 menyebut bahwa kemungkinan ada komponen genetik nan menyebabkan hyperemesis alias mual muntah ekstrem.


Mitos nan beredar adalah mual di pagi hari menunjukkan jenis kelamin si janin. Hal ini didasari oleh kepercayaan bahwa kadar hormon bakal sangat tinggi saat mengandung bayi perempuan, sementara pada bayi laki-laki kadar hormon bisa lebih dikendalikan.


Ingatlan bahwa setiap kehamilan berbeda, hanya lantaran Mums pernah mengandung sebelumnya dengan mual muntah bukan berfaedah di kehamilan kedua alias seterusnya mengalami perihal nan sama. Banyak aspek nan ikut memengaruhi kondisi setiap kehamilan, di antara kadar hormon, pola makan, cukup alias tidaknya waktu istirahat.


Hamil tidak mual alias mengandung dengan mual, jika Mums merasa ada nan tidak beres dengan tubuh dan kehamilan, segera periksakan diri ke dokter. Untuk memastikan kondisi kehamilan baik-baik saja alias sebaliknya mendeteksi segera masalah kehamilan nan mungkin sedang terjadi


Jadi tidak usah resah jika Mums mengandung tidak mual dan tidak mengalami komplikasi maupun tanda-tanda keguguran lainnya. Artinya mengandung tidak mual adalah sesuatu nan sehat dan menyenangkan, bukan?

Baca juga: Bayi Terlalu Besar Bisa Lahiran Normal?


Referensi :

Parents. why-you-might-not-have-morning-sickness

Healthline. no-morning-sickness#what-it-means

Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan