Cerita Chicco Jerikho Alami Sepsis Usai Sembuh Dari Covid-19, Sampai Kritis Dan Pakai Alat Bantu

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Chicco Jerikho membagikan cerita tentang musibah nan pernah dia alami beberapa tahun lalu. Ia mengalami sepsis usai menderita COVID-19 pada 2021.

Kabar tersebut dibagikan oleh Chicco Jerikho baru-baru ini, Bunda. Bintang film Filosofi Kopi the Movie itu mengatakan, dirinya sampai kudu menjalani perawatan di High Care Unit (HCU) di salah satu rumah sakit.

"(Penyakit) postcovid, jadi itu saya kena shock sepsis. Kaget banget sih, itu saya nggak ada indikasi apa-apa, lenyap aktivitas sore-sore, tiba-tiba panas tinggi, dibawa ke rumah sakit, dan akhirnya sampai masuk ke HCU lantaran saya sempat kehilangan kesadaran," cerita Chicco Jerikho, dikutip dari detikcom pada Senin (29/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Saat menjalani perawatan di HCU, suami Putri Marino itu sampai kudu mengenakan perangkat bantu untuk menunjang hidupnya. Chicco tak menyangka dirinya sempat mengalami fase kritis, Bunda.

"Iya (pakai perangkat pacu jantung), sempat pakai perangkat segala macam. Dan memang enggak disangka-sangka juga, sakit postcovid itu memang luar biasa, ada saja gitu susulannya. Waktu itu kayak baby MERS, dinyatakan lumayan cukup tinggi," kenangnya.

"Tapi di hari ke-2, ke-3, keadaannya lumayan langsung pulih, membaik lantaran dokternya juga bilang mungkin lantaran kebiasaan olahraga, jadi sigap recovery-nya," sambung Chicco Jerikho.

Usai sembuh dari COVID-19, Chicco Jerikho merasa tubuhnya tak lagi seperti dahulu. Kondisi kesehatannya malah semakin menurun. Hal itu membikin Chicco semakin merasa bahwa kesehatan merupakan sebuah anugerah.

"Menurut saya kesehatan itu adalah sebuah blessing ya, hidayah nan diberikan sama Tuhan. Jadi ketika saya waktu masuk HCU itu saya merasakan gitu bahwa sehat itu mahal," kata Chicco.

Kini setelah melewati fase kritis, Chicco Jerikho berkeinginan mengubah pola hidupnya jadi lebih sehat. Selain menjaga pola makan, dia juga rutin berolahraga.

Kebiasaan itu dia corak demi membikin proses pemulihannya lebih cepat. Dengan begitu, Chicco dapat kembali pulih dan beraktivitas seperti sedia kala.

"Pada saat itu kebetulan recovery cepat. Dapat kesempatan kedua, lantaran pola hidup, kebiasaan, saya kan lumayan jaga makan, jadi recovery cepat," tuturnya.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(anm/rap)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda