Aturan Jadwal Makan Anak 1-3 Tahun Agar Cepat Gemuk, Bunda Perlu Tahu

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Agar sigap gendut dan kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi, anak perlu mempunyai agenda makan nan sesuai dan konsisten. Tak terkecuali pada anak usia 1 hingga 3 tahun. Seperti apa patokan agenda makan anak agar sigap gemuk?

Perlu diketahui bahwa setiap anak mempunyai kebutuhan kalori dan pola makan nan berbeda-beda. Maka dari itu, Bunda perlu menyesuaikan juga dengan karakter masing-masing anak.

Selain itu, pastikan setiap makanan mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Sajikan juga makanan dengan ragam menu nan menarik dan menyenangkan untuk anak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Seberapa sering anak usia 1-3 tahun perlu makan?

Dikutip dari What to Expect, sebagian besar anak usia 1 hingga 3 tahun memerlukan tiga kali makan utama dan dua hingga tiga kali camilan sehat sehari. 

Tawarkan makanan ringan pada waktu nan teratur setiap hari, bukan berasas permintaan anak. Mulailah dengan agenda camilan sebelum jam makan siang dan sore hari, tambahkan camilan ketiga jika jam makan malam tetap agak panjang. 

Kunci dari pengaturan agenda makan anak agar sigap gendut adalah konsisten. Menyajikan makanan pada waktu nan teratur dan dapat diprediksi bakal mencegah anak menjadi pemarah lantaran terlalu lapar. 

Rutinitas juga memudahkan anak mengetahui kapan waktu makan berikutnya. Ini juga berfaedah untuk mengontrol berat badan anak dari kegemukan dan obesitas.

Contoh agenda makan anak usia 1-3 tahun

Adanya agenda makan nan dapat diprediksi bakal membikin anak tetap antusias dan lahap, sehingga membantu menjaga tingkat daya dan suasana hatinya tetap stabil.

Seperti disebutkan sebelumnya, rata-rata agenda makan anak usia 1-3 tahun agar sigap gendut mencakup tiga kali makan utama dan dua hingga tiga kali camilan, dengan jarak waktu makan sekitar dua hingga tiga jam. 

Ini kudu sesuai dengan rutinitas anak secara keseluruhan, termasuk kapan dia biasanya bangun, bangun dari tidur siangnya dan pergi tidur di malam hari. Berikut contohnya, Bunda:

Makan pagi (07.00 - 08.00):

  • Sarapan dengan menu bubur nasi dengan ayam suwir dan wortel
  • Susu UHT

Camilan pagi (10.00 - 11.00):

  • Buah pangkas (pisang, apel, alias pepaya)
  • Biskuit

Makan siang (12.00 - 13.00):

  • Nasi putih
  • Ikan goreng
  • Sayur bayam alias sup ayam

Camilan sore (15.00 - 16.00):

  • Yoghurt
  • Roti gandum

Makan malam (18.00 - 19.00):

  • Nasi putih
  • Telur dadar
  • Tumis brokoli
  • Susu UHT

Camilan malam (20.00 - 21.00):

  • Buah pangkas (melon, semangka, alias anggur)

Tips mengatur pola makan anak agar sigap gemuk

Selain mengatur agenda makan, pastikan juga Bunda menerapkan tips-tips berikut untuk membantu anak agar sigap gemuk:

1. Konsisten dengan agenda makan

Buatlah agenda makan nan konsisten dan patuhi sebisa mungkin. Agar anak tidak bingung, hindari melewatkan waktu makan terlalu sering.

2. Sajikan makanan bergizi seimbang

Pastikan setiap makanan mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Sajikan juga menu-menu nan bervariasi agar anak tidak bosan, serta beri tampilan nan menarik untuk bantu meningkatkan nafsu makan anak.

3. Perhatikan porsi makan

Berikan anak porsi makan nan sesuai dengan usianya, tidak perlu terlalu banyak lantaran justru bisa membikin anak tidak nafsu makan.

Cukup tawarkan lebih banyak makanan jika anak tetap terlihat lapar. Hindari juga memaksa anak untuk makan jika mereka sudah mengatakan kenyang.

4. Ciptakan suasana makan nan menyenangkan

Hindari gangguan saat makan, seperti sembari menonton televisi alias bermain gadget. Sebisa mungkin, ajak anak untuk makan berbareng family agar lebih menikmati waktu saat melahap makanan.

Buatlah waktu makan menjadi momen nan menyenangkan dan bebas stres.

Demikian ulasan tentang pengaturan agenda makan anak agar sigap gemuk. Jika perlu, lakukan konsultasi juga dengan master terutama jika anak mempunyai masalah mengenai pola makan dan nutrisinya, ya.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(rap/rap)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda