5 Tanaman Hias Yang Cocok Ditanam Di Pot Kecil

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Merawat tanaman hias pada pot mini merupakan langkah paling mudah dan praktis untuk menghadirkan tampilan segar pada rumah Bunda. Bunda dapat memberikan kesan warna-warni alias penghijauan sehingga menghidupkan area rumah. Yuk, Bunda, simak rekomendasi tanaman hias nan cocok ditanam di pot mini berikut ini.

Melansir dari Country Living, menanam tanaman hias di pot mini sangat berfaedah untuk memperbaiki kualitas udara di rumah loh, Bunda. Tanaman hias di pot mini tidak memerlukan perawatan nan rumit. Bunda hanya perlu menyiramnya secara berkala dan meletakkan tanaman di bawah sinar mentari dengan cukup.

Bunda dapat memilih beberapa tanaman hias nan dapat hidup subur di pot kecil. Tanaman ini memberi kesan alam nan sejuk dan memperindah tampilan rumah. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Tipe tanaman nan cocok di pot kecil

Jika Bunda mau merawat tanaman di pot kecil, pilihlah tanaman dengan jenis ukuran nan mini dan tidak memerlukan perawatan ekstra. Pilihlah beberapa jenis tanaman kerdil alias jenis tanaman nan tidak dapat tumbuh terlalu besar, sehingga tanaman ini tetap cocok di pot kecil.

Untuk menjaga ukuran tanaman, Bunda juga dapat melakukan pemangkasan agar bentuknya tetap elok dan terawat. Potong beberapa bagian cabang dan daun untuk menjaga corak tanaman.

Selain itu, pilihlah tanaman nan tidak memerlukan penyiraman alias pemupukan dalam jumlah besar. Perawatan nan rumit membikin Bunda condong malas merawatnya, sehingga tanaman bakal berumur pendek. Kemudian, pastikan tanaman nan dipilih cocok dengan kondisi rumah Bunda.

Dengan mengetahui jenis tanaman, Bunda dapat memperkirakan perawatan seperti apa nan bakal Bunda lakukan selama mengurusnya. Perawatan nan sederhana membikin Bunda enjoy dan senang merawat tanaman pilihan.

Tanaman hias nan cocok ditanam di pot kecil

Melansir dari Country Living, berikut beberapa jenis tanaman nan cocok ditanam di pot kecil

1. Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya cocok ditanam di pot kecil, Bunda. Tanaman ini hanya memerlukan perawatan sederhana. Bunda hanya perlu meletakkan lidah buaya di tempat nan cerah dan mendapat sinar mentari nan cukup. Tanaman ini dapat tumbuh subur meski Bunda jarang menyiramnya. Selain berfaedah sebagai produk kecantikan, tanaman ini mempunyai kandungan nan berkarakter anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga dapat menyembuhkan luka.

2. Tanaman Giok

Jika Bunda menyukai tanaman sukulen nan cantik, maka tanaman batu giok dapat menjadi pilihan nan memesona. Tanaman ini berwarna hijau segar, dengan daun berdaging berbentuk oval dan batang kayu tebal nan menyerupai batang pohon kecil. Tanaman giok dirancang unik untuk di dalam ruangan dan cocok ditanam pada pot kecil. 

Perawatan tanaman giok cukup sederhana, dia hanya memerlukan tempat nan cerah, seperti periode jendela, dan tumbuh subur pada tanah dengan drainase nan baik. Seperti kebanyakan sukulen, tanaman giok tumbuh subur meski dengan sedikit air.

3. Bunga Lili 

Siapa nan tidak jatuh cinta pada keelokan kembang lili? Bunga nan dikenal sebagai tanaman elok ini cocok untuk ditanam pada pot mini lantaran dapat tumbuh subur dengan perawatan minim. Bunga lili dapat menjadi hiasan ruangan terbaik dengan warna hijau dan bunganya nan bermekaran.

Untuk memandang kumpulan kembang mekar nan luar memukau, pastikan Bunda menempatkan kembang lili di bawah sinar mentari tidak langsung. Tanaman ini bakal tumbuh subur pada media tanah nan diberi pupuk dan disiram dengan air jernih.

4. Tanaman Zebra

Tanaman hias zebra terkenal dengan daunnya nan besar dan berkilau. Tanaman ini mempunyai dedaunan berwarna hijau tua dengan urat dalam berwarna putih, nan mengingatkan Bunda pada garis-garis hewan zebra. 

Tanaman zebra mempunyai daun dan batang nan berwarna cerah, sehingga cocok untuk mempercantik ruangan meski di pot kecil. Tanaman ini berukuran mini dan cantik. Agar tanaman zebra tumbuh subur, Bunda perlu meletakkannya pada lingkungan nan lembab dan giat menyiramnya ya, Bun.

5. Sayuran

Memiliki tanaman hias untuk mempercantik ruangan memang pilihan nan baik. Namun, bayangkan jika tanaman hias tersebut dapat dimakan dan sehat untuk keluarga? Sungguh sempurna ya, Bunda.

Bunda dapat menanam sayuran dalam pot mini juga, loh! Melansir dari Planters Etc, tanaman-tanaman nan mudah dirawat dan dapat tumbuh subur pada pot mini di antaranya tomat, paprika, kentang, selada, kacang polong, lobak, terong, bawang bombai, mentimun, dan kangkung.

Tips menanam di pot kecil

Menghias rumah dengan tanaman hias di pot mini terdengar mudah dan sederhana. Selain mempunyai rumah nan asri, Bunda juga bakal mendapatkan untung berupa udara nan segar alias sayuran nan lezat. Wujudkan tanaman hias nan subur dengan tips menanam di pot mini berikut ini.

1. Penyiraman dan drainase adalah kuncinya

Penyiraman dan drainase nan tepat adalah kunci tumbuh suburnya tanaman. Penyiraman nan berlebihan adalah kesalahan dan dengan mudah mematikan tanaman kecil. Tanaman pada pot kecil, mempunyai akar nan tidak terlalu menyebar, sehingga dia bakal terendam dalam air berlebih dan membusuk. Tanaman pun meninggal akibat tidak bisa menyerap nutrisi pada tanah. 

Risiko genangan air dapat dikurangi dengan drainase nan baik. Pastikan pot diberi lubang drainase pada bagian bawah nan dapat membantu menampung kelebihan air saat mengalir melalui tanah.

Namun, jika Bunda meletakkan pot di dalam rumah dan tidak terkena hujan secara langsung, lubang drainase tidak dibutuhkan. Untuk tanaman indoor, lubang drainase dapat mengotori lantai lantaran air penyiraman bakal bocor. Selagi Bunda dapat mengontrol agenda penyiraman, tak perlu memberi lubang drainase pada tanaman di dalam rumah ya, Bun.

2. Letakkan tanaman di tempat terang

Tanaman mini di pot kecil, biasanya tidak terlalu memerlukan banyak sinar matahari. Mereka dapat tumbuh subur meski hanya mendapat sinar mentari tidak langsung alias terkena pantulan sinar matahari. Bunda perlu meletakkan tanaman pot mini di tempat nan terang agar tumbuh subur.

3. Lakukan pemangkasan berkala

Agar ukuran dan corak tanaman senantiasa indah, Bunda perlu melakukan pemangkasan secara berkala. Pemangkasan nan baik membantu menjaga ukuran tanaman agar sesuai dengan pot kecil. 

Tanaman hias nan dipangkas setiap tahun juga dapat menghasilkan lebih banyak dedaunan dan/atau kuncup bunga, sehingga membuatnya menjadi lebih menarik. Pemangkasan dapat dilakukan pada bagian akar, batang, dan daun ya, Bunda.

Bunda, itulah lima tanaman hias nan cocok ditanam di pot kecil. Pilih tanaman sesuai kondisi rumah dan dapatkan rumah nan asri dengan tanaman nan memukau. Selamat bercocok tanam, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(som/som)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda