10 Tanaman Pembersih Udara Di Dalam Ruangan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Tanaman nan elok dan terawat tentu saja memberikan nilai estetik pada rumah dan halaman. Selain itu juga menghadirkan udara segar dan menangkal polusi, baik di dalam maupun di luar ruangan. Di dalam ruangan sendiri, ada beragam jenis tanaman pembersih udara nan bisa dipilih.


Kabar baiknya, tanaman pembersih udara di dalam ruangan umumnya tidak memerlukan perawatan ekstra. Sehingga memudahkan dalam perawatan terutama bagi Mums nan sibuk beraktivitas. Selain elok dan estetik, tanaman pembersih udara di dalam ruangan wajib dimiliki sekarang juga.

Baca juga: Cara Mudah Mengelola Sampah Rumah Tangga


Cara kerja tanaman pembersih udara

Sejumlah penelitian menyebut tanaman pembersih udara dapat membantu mendetoksifikasi udara di ruangan. Tanaman hias ini tidak hanya menambah kecantikan ruangan juga dapat menyerap udara berbisa dan menggantinya dengan udara bersih nan dikeluarkan melalui proses fotosintesisnya.


Disebutkan bahwa tanaman pembersih udara dapat mendetoksifikasi rumah dari racun, debu, dan kuman di udara nan berasal dari beragam produk, bahan, dan furnitur rumah tangga. Sebab banyak furnitur rumah tangga kekinian nan bisa jadi sumber debu dan kuman kasat mata nan membahayakan kesehatan.


Itu sebabnya, tanaman pembersih udara di dalam ruangan sangat dibutuhkan guna membantu proses pemurnian udara secara alami, murah, efisien dan bingkisan ruangan jadi lebih estetik, segar dan hidup.

Baca juga: 13 Tips Belanja Hemat agar Kantong tidak Sekarat


10 jenis tanaman pembersih udara nan bisa hidup di dalam ruangan

Banyak sekali ragam jenis tanaman pembersih udara nan ada di pasaran. Namun, berikut ini 10 jenis tanaman pembersih udara nan paling banyak dicari oleh masyarakat. Saatnya bersihkan udara di dalam ruangan secara alami melalui tanaman nan elok dan menyehatkan berikut ini:


1. Sansevieria

Di Indonesia tanaman ini disebut dengan lidah mertua. Jenis sukulen berbentuk runcing memanjang berujung kuning ini melepaskan oksigen di malam hari. Proses detoksifikasi ruangan nan dilakukan oleh sanseiveria sangat dibutuhkan agar membantu menghadirkan perpanapasan nan sehat.


2. Krisan

Bunga krisan nan cerah merekah membikin ruangan makin segar. Di kembali kecantikan kembang krisan, ada faedah lain ialah membantu menyaring sejumlah racu ntermasuk ammonia dan Benzema, sering ditemukan dalam platik, detergen, dan lem. Krisan cocok diletakkan di dapur dan ruang tamu agar lebih cerah ceria.


3. Chlorophytum comosum alias tanamana laba-laba

Bagi pemula, tanaman pembersih ruangan jenis ini sangat cocok dimiliki lantaran cukup handal dan tidak perlu perawatan khusus. Tanaman ini bekerja melawan racun termasuk karbon monoksida dan xilena, pelarut nan digunakan dalam industri percetakan dan karet. Selain itu, jenis tanaman ini kondusif untuk hewan piaraan lantaran tidak beracun.


4. Lidah buaya

Salah satu tanaman herbal nan berfaedah menjadi tanaman pembersih udara, lidah buaya bisa memurnikan udara dari formaldehida dan Benzema nan dietmukan dalam pernis, pelapis lantai, dan deterjen. Letakkan di depan jendela, karena dia menyukai tempat nan cerah dengan sinar mentari berlimpah.


5. Bunga Lily Flamingo

Tidak hanya menambah elok ruangan, Lily flamingo bisa membantu mendetoksifikasi udara dalam ruangan. Cocok diletakkan di perspektif ruang untuk menambah kehangatan dengan daun berbentuk hati berwarna merah salmon. Simpan di tempat terang namun jangan terkena sinar mentari secara langsung.


5. Philodendron

Bentuk daun nan besar dan hijau mengkilap, philodendron berfaedah membersihkan udara dengan menghilangkan formaldehida, senyawa kimia nan condong terdapat pada bahan bangunan. Selain terlihat elok jika diletakkan di dalam rumah, pastikan juga cukup mendapatkan sinar matahari, air dan pupuk.


7. Calathea

Tanaman pembersih ruangan berjulukan calathea ini mempunyai nuansa eksotis nan bakal mencerahkan ruangan manapun. Warnanya nan bagus namun unik membikin calathea makin terlihat sempurna lantaran kemampuannya menjernihkan udara sekitar dengan menyaring banyak senyawa beracun.


8. Pakis boston

Salah satu tanaman pembersih udara di ruangan nan satu ini telah terbukti bisa memberikan peningkatan kualitas udara nan signifikan lantaran membantu memulihkan kelembapan udara dalam ruangan. Cocok diletakkan di ruang tamu dekat jendela.


9. Dracaena

Salah satu tanaman hias dengan corak nan tinggi menjulang, cocok diletakkan di anak tangga alias ruangan dengan langit-langit nan tinggi. Dracaena sangat efisien dalam mendetoksifikasi udara di dalam ruangan terutama ruangan nan baru dilengkapi dengan perabotan anyar.


10. Palem Bambu

Salah satu jenis tanaman pembersih udara paling banyak dicari lantaran kemampuannya sangat luar biasa dalam memurnikan udara dari bahan kimia tertentu nan mengenai dengan cat dan karpet baru. Butuh ruang dengan langit nan tinggi dan cukup luas lantaran tumbuhan ini bisa tumbuh hingga 12 kaki.


Kalau Mums berencana menanamsalah satu tanaman permbersih udara di rumah, pastikan mulai dari nan paling mudah perawatannya. sansivera dan palemb bambu contohnya. Mums cukup memberi pupuk dan menyiram 2-3 kali dalam seminggu. Pastiikan tanaman mendapat cukup sinar mentari meskipun ditanam di dalam ruangan. Dengan begitu, tanaman bakal subur dan Mums bakal tergoda menanam tanaman lain nan lebih susah perawatannya.

Baca juga: Bahaya Luka Bakar Kimia dan Pertolongan Pertama nan Bisa Dilakukan

Referensi:

Countryliving. houseplants-to-purify-house-air

Gardenhealth. top-ten-air-purifying-houseplants

Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan