Waktu Olahraga Terbaik Untuk Turunkan Berat Badan, Ternyata Pagi Jam Segini Bun!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Tahukah Bunda? Olahraga di pagi hari mempunyai indeks massa tubuh dan lingkar pinggang nan lebih rendah dibandingkan mereka nan berolahraga di waktu lain. Lantas, kapan waktu nan tepat?

Para peneliti melaporkan meskipun bukti epidemiologis tetap kontroversial mengenai waktu optimal aktivitas bentuk untuk mengelola berat badan, temuan mereka menunjukkan bahwa olahraga antara jam 7-9 pagi tampaknya merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan faedah kesehatan nan optimal.

Mereka juga mengatakan latihan bentuk pada jam-jam tersebut paling baik meningkatkan hubungan antara aktivitas bentuk sedang hingga berat setiap hari dan pencegahan obesitas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner 40 Ucapan Idul Fitri

Hubungan positif antara aktivitas bentuk sedang hingga berat dan penurunan berat badan sebelumnya telah dilaporkan oleh peneliti lain. Akan tetapi, temuan mengenai waktu terbaik untuk berolahraga untuk menurunkan berat badan tetap beragam.

Sehingga penulis penelitian terbaru memandang pengaruh melakukan aktivitas pada jam nan berbeda terhadap hubungan antara olahraga dan obesitas.

Para penulis mempelajari info kesehatan dan aktivitas dari 5.285 orang nan telah berperan-serta dalam US Center for Disease Control and Prevention’ National Health and Nutrition Examination Survey pada periode 2003 sampai 2006.

Perlu diketahui bahwa para peneliti memilih tahun-tahun tertentu lantaran pada saat itulah akselerometer, alias pencari aktivitas, pertama kali digunakan dalam survei.

Melansir dari laman EDB Singapore, survei itu menunjukkan bahwa ada hubungan linear nan kuat antara aktivitas bentuk sedang hingga berat dan pencegahan obesitas pada golongan pagi hari, sedangkan hubungan nan lebih lemah ditemukan pada golongan siang dan malam.

Peserta nan memenuhi pedoman aktivitas bentuk pada golongan pagi hari mempunyai indeks massa tubuh dan lingkar pinggan nan lebih rendah dibandingkan golongan lainnya.

Sementara itu, peserta pagi hari mempunyai pola makan nan lebih sehat dan asupan daya harian per unit berat badan nan lebih sedikit, dibandingkan dengan golongan lainnya.

Kapan waktu nan tepat untuk olahraga?

Melansir dari laman Medical News Today, para mahir mengatakan olahraga kapan saja sepanjang hari tetap lebih disukai daripada tidak sama sekali.

Meskipun olahraga pagi hari membantu membentuk rutinitas nan sehat dan meningkatkan suasana hati serta tingkat daya sepanjang hari, krusial untuk diketahui bahwa olahraga malam alias sore hari bisa sama efektifnya untuk mengatur berat badan.

“Hubungan olahraga di pagi hari dan peningkatan metabolisme sebelumnya telah diteliti, namun tidak sebanyak pengaruhnya terhadap obesitas,” ujar Dr. Mir Ali, mahir bedah bariatrik dan kepala medis dari MemorialCare Surgical Weight Loss Center di Orange Coast.

“Saya rasa tidak ada cukup info untuk membikin perubahan permanen pada rekomendasi, namun memberi tahu pasien bahwa olahraga di pagi hari tampaknya lebih baik untuk menurunkan berat badan adalah perihal nan masuk akal. Ada banyak aspek nan bakal mengubah efektivitas olahraga, kapan pun waktu dilakukan. Usia, berat badan, tidur, dan siklus kerja, dan lain-lain, semuanya merupakan faktor,” ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa satu perihal krusial dalam olahraga adalah konsistensi. Jenis olahraga tidak sepenting keahlian konsisten melakukan 150 menit dalam seminggu. Ali merekomendasikan kepada pasien untuk olahraga setidaknya 30 menit per hari, seperti jalan kaki.

Nah, itulah penjelasan mengenai waktu terbaik olahraga untuk menurunkan berat badan nan bisa Bunda ketahui. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

(asa/som)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda