7 Tanaman Hias Berdaun Merah Yang Mudah Dirawat Dan Cantik

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Tanaman hias berdaun merah menambah semburat warna dengan akibat maksimal dan betul-betul menampilkan keelokan bagi lingkungan sekitarnya. Bunda tertarik juga merawat tanaman hias daun merah?

Melansir dari laman Plantura Garden, warna merah pada daun disebabkan oleh antosianin. Pigmen merah ini melindungi klorofil hijau dari radiasi berbahaya, tetapi juga mempersulit tanaman untuk berfotosintesis dalam sinar rendah.

Akan tetapi, jika sinar mentari terlalu terik, tetap dapat menyebabkan kerusakan sel. Oleh lantaran itu, nan terbaik adalah menempatkan tanaman berdaun merah di tempat nan teduh sebagian, Bunda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner Bayi Terlambat Duduk

Tanaman hias berdaun merah

Beberapa jenis membentuk tumbuhan berdaun merah. Berikut adalah rekomendasi tanaman daun merah nan mungkin mau Bunda pelihara:

1. Tanaman coleus

Coleus adalah salah satu genus tanaman hias nan mempunyai banyak varietas dengan daun berwarna merah cerah. Tanaman tahunan tropis nan selalu hijau ini mempunyai daun bulat dengan tepi bergerigi.

Kultivar coleus merupakan tanaman hias dengan perawatan rendah nan mempunyai kombinasi warna daun seperti merah, merah anggur dan hijau, oranye, merah muda magenta, alias daun hijau limau dengan pinggirannya nan merah.

2. Tanaman keladi

Keladi juga merupakan tanaman berdaun merah nan bisa Bunda rawat di rumah. Tanaman berdaun tropis ini juga datang dalam warna lain seperti hijau, merah jambu, dan putih. Keladi tidak dapat menahan suhu rendah alias waktu lama tanpa air.

3. Tanaman anthurium

Tumbuhan dari genus Anthurium mempunyai kembang tidak biasa nan terdiri dari daun lilin berwarna merah cerah (bract alias spathe) dan kembang berwarna kuning alias krem (spadix). Bract berbentuk daun merah biasanya berbentuk hati alias tombak dan kontras dengan dedaunan tanaman nan hijau.

Kultivar anthurium adalah tanaman hias luar biasa nan mempunyai warna merah, merah muda, oranye, dan ungu.

4. Tanaman aglaonema

Aglaonema alias nan terkenal disebut sebagai pinus Cina ini juga menghadirkan daun berwarna merah. Pohon ini mempunyai daun elips lebar dan memanjang dalam banyak corak dan warna nan menarik.

Tanaman dalam genus aglaonema tumbuh dengan baik dalam sinar tidak langsung dan campuran pot nan berpori, serta mempunyai drainase nan baik.

5. Tanaman puring

Banyak varietas tanaman puring mempunyai daun cerah dengan beraneka ragam warna merah, hijau, oranye, dan kuning. Tanaman puring tumbuh paling baik di suhu hangat dan merupakan tanaman hias ideal dengan dedaunan warna-warni.

Daun cerah tanaman hias ini dapat membantu mencerahkan ruangan dan menambah warna tropis pada interior rumah Bunda.

Ada lebih dari 100 jenis tanaman puring, semuanya dengan daun lonjong beraneka ragam. Kultivar puring lainnya mempunyai daun berwarna hijau dengan cipratan kuning, ada pula nan mempunyai daun kuning besar dan tanda hijau.

6. Tanaman poinsettia

Poinsettia adalah tanaman dalam ruangan nan sangat bagus dengan daun besar, berwarna merah mencolok, dan runcing.

Daun berwarna pada tanaman hias poinsettia biasanya berupa daun merah menyala alias daun nan dimodifikasi. Daun berwarna merah pekat ini kontras dengan dedaunan hijau tua pada daun tanaman lainnya.

7. Tanaman begonia daun merah

Banyak dari ribuan jenis begonia mempunyai dedaunan merah dengan warna nan bervariasi dari merah anggur tua hingga merah tua cerah.

Contoh tanaman berdaun merah nan paling menakjubkan dalam genus begonia adalah rex begonia alias Begonia rex-cultorum. Selain itu, begonia lilin mempunyai daun berwarna merah mengkilat dengan kembang mungil berwarna merah muda, merah, alias putih.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman hias dengan daun berwarna merah nan bisa Bunda rawat di rumah. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

(asa/asa)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda