Tips Jaga Kesehatan Mental Ala Kim Seon Ho, Mudah Dilakukan Bun!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Terdapat banyak langkah untuk menjaga kesehatan mental. Bunda dapat mengontrol kesehatan mental dengan sesekali pergi berlibur, tidak memaksakan diri dalam bekerja, alias menghabiskan banyak waktu dengan keluarga. Selain itu, Bunda juga dapat melakukan olahraga.

Olahraga nan paling mudah dilakukan adalah dengan melangkah kaki. Melansir dari Web MD, melangkah kaki dapat memberikan faedah nan baik bagi kesehatan bentuk maupun mental. Jalan kaki secara teratur dapat membantu meringankan indikasi nan berangkaian dengan kondisi kesehatan mental kronis seperti kekhawatiran dan depresi.

Aktor tampan dari Korea Selatan, Kim Seon Ho, membagikan caranya menjaga kesehatan mental nan mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun loh, Bunda. Langkah nan ditempuh Kim Seon Ho untuk menjaga kesehatan mentalnya dengan melangkah kaki. Lantas, gimana Kim Seon Ho melakukan jalan kaki di tengah aktivitasnya nan padat?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Kim Seon Ho ungkap kebiasaan jalan kaki berjam-jam jaga kesehatan mental

Setelah rehat sejenak selama dua tahun dari industri perfilman lantaran masalah pribadi nan menimpanya, tokoh Kim Seon Ho kembali bercahaya dengan membintangi movie The Childe. Kini dia kembali aktif dalam produksi drama Korea dan pagelaran teater.

Melansir dari Dispatch, sebuah video terbaru berjudul Perjalanan Aktor Kim Seon-ho ke Daehangno diunggah pada saluran by PDC. Dalam video tersebut, Kim Seon Ho terlihat melangkah di sepanjang tepi sungai dekat rumahnya, menuju Daehangno tempat pagelaran teater dilangsungkan.

Sore hari itu, Kim Seon Ho menjelaskan kesibukannya belakangan ini kepada para penggemar. Ia merasa bahwa vakumnya kemarin membuatnya sedikit canggung saat kembali tampil di layar kaca.

"Aku mau menunjukkan sisi diri nan lebih santuy dan nyaman, tapi rasanya agak canggung," kata Kim Seon Ho sembari tertawa. Kemudian, dia melanjutkan, "Aku sedang sibuk syuting dua drama dan berperan-serta dalam dua pagelaran teater, jadi saya tidak punya banyak waktu. Jalan kaki adalah satu-satunya hobiku,” ungkap pemeran Hong Bajang dalam Hometown Cha Cha Cha ini.

Kim Seon Ho menjelaskan kebiasaan jalan kakinya sangat berfaedah untuk menjaga kesehatan mental. Ia melangkah selama dua jam setiap harinya.

"Aku melangkah selama satu jam ke Daehangno, menghabiskan tiga jam di gym, dan kemudian melangkah pulang ke rumah selama satu jam lagi. Aku berolahraga sekitar enam jam sehari. Jika saya tidak melakukan apapun, kesehatan mentalku memburuk. Jadi melangkah seperti ini sangat membantu,” ungkap Kim Seon Ho.

Lebih lanjut, Kim Seon Ho juga menceritakan pengalamannya dikenali fans saat sedang melangkah kaki. Beberapa dari fans kerap meminta foto.

"Beberapa orang memang mengenaliku, tetapi mereka biasanya tidak mendekat. Kadang-kadang ada orang nan meminta foto,” kata Kim Seon Ho.

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan mental

Tips nan dipilih Kim Seon Ho untuk menjaga kesehatan mental memang terbukti ampuh. Dengan melangkah kaki, Bunda dapat sehat secara mental dan fisik. Apakah Bunda penasaran apa saja faedah jalan kaki?

Melansir dari Web MD, ada banyak sekali faedah jalan kaki, diantaranya.

  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Melepas stres
  • Meningkatkan suasana hati
  • Meningkatkan daya dan stamina
  • Mengurangi rasa capek nan dapat meningkatkan kewaspadaan mental
  • Menurunkan berat badan
  • Mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular (jantung)

Sedangkan untuk kesehatan mental, jalan kaki dapat membantu meningkatkan mood karena meningkatkan aliran darah dan sirkulasi darah ke otak serta seluruh tubuh. Hal ini berpengaruh positif pada poros hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA), nan merupakan sistem respons saraf pusat. Dampak nan ditimbulkan sangat bagus lantaran sumbu HPA bertanggung jawab atas respons stres. Jadi, saat Bunda berolahraga dengan melangkah kaki, Bunda menenangkan saraf sehingga stres berkurang.

Bunda dapat memanfaatkan pengaruh positif melangkah kaki dengan membujuk kawan untuk berasosiasi berbareng agar lebih menyenangkan. Berjalan berbareng orang terdekat selama satu alias dua hari dalam seminggu dapat memberikan faedah nan sangat besar. Latihan bentuk nan dipadukan dengan hubungan sosial positif dapat memperbaiki suasana hati negatif, menangkal depresi, dan meningkatkan nilai diri. Yuk, Bunda, jalan kaki tiga kali setiap seminggu selama 10-30 menit dan rasakan manfaatnya.

Selain konsisten melangkah kaki, ibu dapat mengimbanginya dengan pola hidup nan teratur. Bunda kudu mengonsumsi makanan bergizi, cukup tidur, dan mengelilingi diri dengan daya positif. Meski dapat menjaga kesehatan mental, jalan kaki bukanlah pengganti perawatan kesehatan mental profesional. Bunda dapat menemui psikolog alias psikiater untuk konsultasi kesehatan mental lebih lanjut.

Bunda, itulah tips menjaga kesehatan mental ala Kim Seon Ho. Sangat mudah dilakukan dan terdengar mengasyikkan ya? Selamat mencoba, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(som/som)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda