7 Tips Menjaga Kesehatan Anak Sekolah Saat Cuaca Panas Ekstrem

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Sejak 2023 hingga Mei 2024, cuaca panas ekstrem tetap terus melanda sebagian wilayah Indonesia termasuk DKI Jakarta, Bunda. Lantas, gimana tips menjaga kesehatan anak sekolah di tengah cuaca panas?

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), saat ini Indonesia tengah mengalami suhu panas nan memperkuat lama. Meski demikian, Bunda tetap kudu waspada dan menjaga kondisi tubuh Si Kecil agar tetap sehat.

Anak-anak nan berguru mempunyai beragam macam aktivitas nan melelahkan. Biasanya, belajar, bermain, dan berolahraga di luar ruangan bakal meningkatkan kesehatan bentuk dan mental anak. Namun, panas ekstrem justru bakal membikin anak terkena akibat kesehatan tang signifikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Melansir dari laman Healthy Children, suhu tinggi dan panas ekstrem dapat menyebabkan anak sigap sakit dalam beberapa cara. Anak bisa saja mengalami dehidrasi, kelelahan, kram, serangan panas, serta keadaan darurat medis lainnya.

Panas nan tinggi juga membikin anak menjadi mudah tersinggung, sigap marah, serta tekanan emosional.

Cara menjaga kesehatan anak sekolah

Melansir dari beragam sumber, ada beberapa tips menjaga kesehatan anak sekolah saat cuaca panas ekstrem, Bunda. Berikut ini Bubun bagikan deretannya:

1. Bantu anak tetap aktif

Ketika cuaca panas, Bunda bisa ajak Si Kecil berenang ke kolam renang dalam waktu nan singkat. Jika ingin, Bunda juga bisa membujuk mereka untuk mengerjakan kerajinan tangan di rumah, membaca buku, alias bermain permainan papan.

Sangat disarankan untuk menjaga anak tetap aktif meski cuaca sedang panas. Bunda bisa minta mereka melakukan peregangan, yoga, bermain petak umpet, serta membikin tantangan bentuk menyenangkan nan tidak terlalu berat.

2. Gunakan pakaian longgar

Pakaikan anak busana berwarna terang, sehingga mereka tetap sejuk dan menjaga tekanan panas akibat panas ekstrem. Tidak hanya itu, busana berwarna gelap biasanya memberikan perlindungan nan sedikit lebih baik terhadap kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Coba juga untuk memilih busana nan lenggang sehingga memberikan sirkulasi udara nan memadai. Pakaian nan terbuat dari bahan satu lapis nan menyerap keringat bakal membantu memaksimalkan penguapan keringat sehingga mempunyai pengaruh mendinginkan.

3. Tambahkan waktu istirahat

Cuaca panas seringkali membikin anak merasa lelah. Panas nan tinggi tidak hanya menyebabkan anak merasa lelah, tetapi juga dapat menyebabkan anak mudah tersinggung. Buat anak menenangkan diri secara teratur dan berikan waktu rehat nan lebih lama.

Klik baca laman berikutnya untuk memandang tips lainnya ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda