Susu Unta Disebut Dapat Jadi Sumber Pangan Penting Di Dunia

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Mengonsumsi daging dan susu unta mungkin tampak asing untuk kita nan tinggal di Asia Tenggara, Eropa, alias Amerika. Namun, sebenarnya unta telah menjadi makanan pokok di organisasi tertentu selama ribuan tahun lamanya.

Menurut PBB, unta telah menyumbang sekitar 8 persen dari total produksi susu di Afrika Sub-Sahara. Sementara, riset pasar memperkirakan perdagangan susu unta dunia dapat melampaui USD 13 miliar (sekitar Rp211 triliun) pada akhir dasawarsa ini.

"Pertumbuhannya cukup pesat," kata Dr Ariell Ahearn, pengajar departemen pengetahuan permukaan bumi manusia di Universitas Oxford, kepada BBC Science Focus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Ahearn menjelaskan jika susu unta telah menjadi peralatan umum nan terjadi di lemari es toko kelontong di negara-negara seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kazakhstan, dan Mongolia. Investor pun memandang kesempatan upaya nan bagus, duit pun mengalir ke peternakan baru di seluruh wilayah.

"Pada tahun 2050, kita mungkin mempunyai lebih banyak pilihan antara susu sapi dan susu unta di Inggris," katanya.

Peternakan unta juga mulai bermunculan di negara-negara barat. Peternakan terbesar di AS mencakup lahan seluas lebih dari 1.000 hektar di wilayah perbukitan Missouri. Bahkan bisa menampung lebih dari 200 unta.

Lalu, dengan semakin meningkatnya ketenaran tersebut, dapatkah unta menjadi sapi baru nan mengambil alih bukit pasir alias padang rumput di seluruh dunia?

Dapat dikonsumsi di wilayah bersuhu meningkat

Tahun 2024 merupakan Tahun Unta Internasional PB (UN's International Year of the Camelids) mempunyai misi krusial untuk menyoroti kenapa makhluk-makluk ini menjadi bagian dari rantai makanan masa depan kita.

Perubahan suasana nan menjadi penyebab suhu dunia meningkat dan kediaman di seluruh bumi menjadi semakin tidak ramah terhadap kehidupan. Terdapat beberapa faedah menggunakan unta di suasana nan kering.

Apa sajakah? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fir/fir)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda