Belajar Dari Kasus Ria Ricis, Begini Sikap Suami Semestinya Jika Istri Dan Mertua Tak Akur

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Nama YouTuber sekaligus aktris, Ria Ricis, tengah menjadi perbincangan masyarakat Indonesia belakangan ini. Pasalnya, beberapa hari setelah putusan sidang, bumi maya diramaikan mengenai arsip pengadilan nan mengungkap penyebab perceraiannya dengan Teuku Ryan.

Dalam postingan tersebut, ada beberapa poin sekaligus penjelasan mengenai penyebab Ria Ricis menggugat sang suami. Mulai dari argumen keuangan, perlakuan Ryan nan membikin Ria Ricis merasa buruk, hingga mempunyai hubungan nan tidak akur dengan mertua.

Salah satu penyebab nan menjadi sorotan publik adalah Ryan diketahui selalu memihak ibu kandungnya dibandingkan memilih sang istri nan saat itu tengah mengandung anak mereka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner 7 Kesalahan Orang Tua

Hubungan mertua dan menantu tidak akur kata pakar

Tahukah Bunda? Ketika memutuskan untuk menikah, Bunda tidak hanya menikahi pasangan, namun juga keluarganya. Meskipun mungkin pernah jatuh cinta dengan pasangan, bukan berfaedah Bunda bakal merasakan perihal nan sama terhadap orang tuanya.

Bertengkar dengan mertua dari waktu ke waktu merupakan perihal nan lumrah. Akan tetapi, mempunyai hubungan nan tidak akur dengan mertua bisa meningkatkan akibat pasangan untuk bercerai.

Bahkan, Psikolog Klinis Dewasa, Alfath Hanifah Megawati, M.Psi, juga mengungkap bahwa membangun hubungan antara menantu dan mertua tidak selalu melangkah dengan mudah.

“Konflik mertua nan kerap terjadi adalah antara mertua wanita dan menantu wanita. Hal nan paling sering melatarbelakangi bentrok ini adalah adanya perbedaan,” ujar wanita nan berkawan disapa Ega, kepada HaiBunda, Rabu (8/5/2024).

Ega juga menjelaskan perbedaan ini bisa mencakup langkah pandang mereka, kebiasaan, pengasuhan anak, dan menjalani peran suami-istri. Ada juga kekhawatiran alias kekhawatiran diri nan mungkin muncul, seperti mertua cemas menantu tidak cukup baik mengurus suami dan anak alias menantu cemas mertua terlalu banyak mengintervensi keputusan dalam pernikahannya.

“Maka, sebelum menikah selain mengenal calon pasangan, kita juga perlu mengenal gimana keluarganya. Potensi bentrok nan melibatkan calon mertua alias menantu, perlu didiskusikan sebelum pernikahan ini terjadi,” ungkap Ega.

Sikap suami ketika istri dan mertua tidak akur

Dalam perihal ini, Ega menjelaskan bahwa pasangan suami dan istri digambarkan sebagai tim nan sama.

“Suami perlu berani menyuarakan keberatannya jika mertua sudah melewati pemisah nan sudah suami-istri sepakati bersama. Memang, gimana menyuarakannya juga perlu dilakukan secara hati-hati,” tuturnya.

Ega menyarankan suami juga perlu membicarakan soal kesulitan nan dialami dalam menyuarakan kesepakatan berbareng kepada orang tuanya. Hal ini dilakukan agar istri mengerti dan bisa terlibat dalam proses nan terjadi, Bunda.

“Di satu sisi, istri juga perlu memandang bahwa mengatasi atau dealing dengan orang tua tidak selalu mudah bagi seorang anak,” jelas Ega.

Tips mempunyai hubungan nan baik antara mertua dan menantu

Meski bukan perihal nan mudah, mencoba mempunyai hubungan nan baik antara mertua dan menantu adalah perihal krusial nan perlu dilakukan untuk family nan harmonis. Berikut beberapa tips menjalin hubungan baik dengan mertua menurut Ega:

  • Menganggap mertua sebagai orang tua nan perlu dihormati. Menghormati mertua adalah dengan tetap menjaga kesantunan Bunda
  • Mendiskusikan dengan suami jika ada nan mengganjal dengan mertua. Menumpuk ketidaknyamanan sendiri, bisa menjadi peledak waktu
  • Mencari tahu akar bentrok nan terjadi, apa nan melatarbelakangi persoalan tersebut
  • Tetap melakukan perihal baik kepada mertua dan menjaga ekspektasi responnya terhadap perilaku Bunda
  • Menjaga batas dengan mertua. Jika bentrok kerap terjadi, tinggal dalam satu genting dengan mertua menjadi perihal nan perlu dipertimbangkan ulang

Nah, itulah beberapa perihal nan perlu Bunda ketahui mengenai hubungan antara istri dan mertua nan tidak akur. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

(asa/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda