Menarik! Siomay Indonesia Peringkat Satu Dalam Rating 100 Dumpling Terbaik Dunia

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Setelah pisang goreng, sekarang siomay buatan Indonesia menjadi nan terenak, Bunda. Bagaimana tidak, sekarang makanan tersebut menempati posisi teratas dalam daftar 100 Dumpling Terbaik di dunia.

Mengutip laman Taste Atlas, siomay mengisi posisi pertama dalam daftar tersebut. Di sana, juga dijelaskan bahan baku pembuatan hingga langkah penyajian dan menyantapnya.

"Siomay adalah hidangan unik Indonesia nan terdiri dari pangsit ikan, telur, kentang, kol, tahu, dan pare nan dikukus. Setelah dikukus, semua bahan disusun di atas piring, dipotong-potong seukuran sekali gigit, dan disiram dengan saus kacang nan pedas," dikutip pada Minggu (14/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Sentuhan terakhir pada hidangan ini adalah siraman kecap manis dan saus sambal, serta perasan air jeruk nipis."

Siomay sendiri berasal dari bahasa Tionghoa ialah shumai. Selain itu, makanan tersebut diyakini berasal dari para imigran Tionghoa nan datang ke Indonesia pada masa kolonialisme Belanda, Bunda.

Dumpling terenak di bumi lainnya

Setelah siomay Indonesia, Bubun juga merangkum beberapa jenis dumpling terbaik di bumi lainnya. Mengutip dari sumber nan sama, berikut dumpling terbaik urutan kedua hingga kelima nan sudah dirangkum:

Guotie, Tiongkok

Di urutan kedua dalam daftar Top 100 Dumplings in The World, ada pangsit jiaozi. Makanan dari Tiongkok ini disajikan usai digoreng dan dikenal sebagai guotie, Bunda.

Pangsit unik Tiongkok Utara ini biasanya diisi dengan daging babi cincang, sawi putih, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak wijen. Teksturnya nan renyah dan lembut diperoleh dengan metode unik ialah ketika bagian bawah pangsit digoreng.

Untuk bentuknya sendiri, guotie kudu terlihat panjang dan lurus agar lebih mudah berdiri dan tidak jatuh saat dimasak. Secara harfiah, makanan nan satu ini juga diterjemahkan sebagai stik panci, sehingga pangsit ini sering dijuluki potsticker, terutama di Amerika Utara.

Tangbao, China

Tangbao alias tangbaozi merujuk pada sekelompok besar pangsit kukus berisi sup unik Tiongkok, Bunda. Tergantung dari asalnya, pangsit dapat dibuat dengan adukan pangsit beragi alias pangsit polos nan biasanya dibungkus dengan isian, dipelintir, disegel di bagian atasnya, lampau dikukus.

Saat dikukus, isiannya nan bertekstur keras berubah menjadi sup beraroma, nan tetap kondusif di dalam pangsit. Karena kelezatannya, tangbao selalu disajikan segera setelah dikukus

Gyoza, Jepang

Hamamatsu alias gyoza nan berasal dari Jepang turut masuk dalam daftar Dumpling terbaik di dunia, Bunda. Makanan terkenal ini nan diisi dengan kubis, bawang bombay, daging babi, dan bumbu-bumbu pilihan.

Gyoza juga dikenal dengan langkah gorengny ayang unik. Biasanya, ahli masak bakal menyusunnya dalam pola melingkar sehingga mereka dapat menggoreng camilan sebanyak mungkin pada saat nan bersamaan.

Jiaozi, China

Di urutan kelima ialah pangsit China nan dikenal sebagai jiaozi. Makanan ini terbuat dari adukan nan digulung tipis berisi daging alias isian sayuran.

Jiaozi merupakan salah satu hidangan nan paling terkenal dan paling sering disantap di Cina dan Asia Timur. Pangsit ini dapat disajikan sebagai hidangan pembuka alias hidangan utama dan selalu ditemani saus celup berbahan dasar kecap asin.

Secara tradisional, jiaozi selalu disantap saat Tahun Baru Imlek. Tergantung pada langkah memasaknya, pangsit jiaozi dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori ialah rebus, kukus, dan goreng. Tetapi dalam perihal teknik melipat, nan paling terkenal dikenal sebagai lipatan ujung terjepit dan membuatnya berbentuk bulan sabit.

Bunda tertarik untuk membikin siomay sebagai camilan berbareng keluarga? Simak resepnya di laman berikut, yuk.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis! 

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda