11 Cara Mengatasi Badan Sakit Semua Dan Penyebabnya

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Ketika badan terasa sakit semua kemungkinan Bunda tengah mengalami demam, flu, alias penyakit lain. Jika mengalami perihal ini, ada beberapa langkah nan bisa dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri tersebut.

Badan nan sakit membikin seseorang merasa tidak nyaman dan semakin lemah saat tubuh berupaya melawan penyakit.

Untungnya, ada beberapa pengobatan nan bisa dilakukan untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan tersebut. Akan tetapi, sebelum mencari langkah penyembuhannya, Bunda juga perlu tahu terlebih dulu penyebab nan mendasari badan terasa sakit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner Gejala Awal Autoimun

Penyebab badan sakit semua

Melansir dari laman Medical News Today, nyeri tubuh dapat bervariasi dalam intensitas dan frekuensi. Seseorang mungkin menggambarkannya sebagai nyeri nan tajam alias nyeri tumpul nan terjadi terus-menerus.

Rasa sakit ini dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, dan letak nyeri ini berjuntai pada penyebabnya. Misalnya, nyeri akibat aktivitas olahraga dapat terjadi pada otot, sementara beberapa kondisi mendasar menyebabkan nyeri nan tidak terlalu spesifik. Berikut beberapa penyebab umumnya:

1. Infeksi dan virus

Flu, pilek, dan jangkitan virus alias kuman lainnya dapat menyebabkan pegal-pegal. Ketika jangkitan tersebut terjadi, sistem kelembapan mengirimkan sel darah putih untuk melawan jangkitan tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan peradangan nan dapat membikin otot-otot di tubuh terasa pegal dan kaku.

2. Obat-obatan

Beberapa obat, seperti statin dan obat tekanan darah, mempunyai pengaruh samping nan membikin tubuh terasa pegal dan kaku. Gejala putus obat alkohol dan obat-obatan tertentu juga dapat menimbulkan pengaruh serupa.

3. Stres

Stres dapat menyebabkan ketegangan pada tubuh dan juga dapat berakibat pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini mungkin membikin otot terasa kaku, serta memengaruhi respons tubuh terhadap peradangan dan infeksi.

4. Dehidrasi

Dehidrasi dapat berakibat negatif pada kulit, otot, dan persendian. Ini bisa meningkatkan risikonya kram otot dan nyeri sendi rematik.

5. Kurang tidur

Sakit dan nyeri umum bisa menjadi keduanya penyebab dan indikasi dari kekurangan tidur. Orang nan mengalami nyeri kronis sering kali merasa susah tidur, nan lama-kelamaan dapat menyebabkan kelelahan.

11 Cara mengatasi badan sakit semua

Untuk membantu Bunda, berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk mengatasi badan nan sakit semua:

1. Minum banyak air

Lantaran dehidrasi menjadi penyebab umum badan terasa sakit, atasi masalah ini dengan minum banyak air setiap harinya. Tetap terhidrasi bakal menjaga otot tetap lentur dan mencegah kram alias nyeri.

2. Mandi air hangat

Air hangat bakal membikin rileks dan menenangkan otot. Ini bakal menghilangkan rasa sakit dan membantu tubuh merasa lebih baik secara keseluruhan.

3. Rendam air garam

Coba tambahkan dua cangkir garam epsom ke dalam air mandi. Rendam dalam air garam setidaknya selama 12 menit. Tubuh bakal menyerap magnesium dari garam, nan membantu mengurangi nyeri tubuh.

4. Menggunakan selimut panas

Berbaring dan tutupi diri dengan selimut pemanas. Suhu hangat bakal mengendurkan otot dan membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri. Perawatan panas bisa sangat efektif dalam mengobati nyeri nan disebabkan oleh arthritis alias nyeri otot nan parah.

5. Kompres es

Oleskan kompres es ke area badan nan sakit. Es bakal mengurangi peradangan otot dan mematikan rasa ujung saraf nan mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak. Ini juga merupakan trik nan berfaedah jika nyeri tubuh disebabkan oleh olahraga berat. Oleskan sekitar 20-30 menit setiap kalinya.

6. Latihan bentuk sederhana

Melakukan latihan bentuk alias olahraga ringan juga dapat mengurangi sakit pada badan. Lakukan latihan bentuk seperti jalan kaki selama 20 menit setiap hari dan peregangan otot untuk mencegah kekakuan.

7. Konsumsi makanan sehat

Melansir dari laman MedicineNet, pastikan Bunda juga perlu mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran berwarna nan segar dan bergizi, dan karbohidrat kompleks sebagai bagian dari diet. Pastikan juga Bunda memenuhi asupan protein harian.

8. Lakukan yoga secara rutin

Melakukan peregangan yoga secara rutin bakal membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Ini bisa memperkuat tubuh secara bentuk dan membantu pelepasan obat penghilang rasa sakit alami seperti endorfin dan enkephalin.

9. Istirahat nan cukup

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh dan tidur, sangat berasosiasi erat. Tidur memperkuat sistem pertahanan tubuh. Ketika sedang melawan infeksi, tubuh memerlukan lebih banyak tidur.

Cobalah rehat sebanyak mungkin lantaran ini bakal mengendurkan otot dan mempercepat proses penyembuhan.

10. Pijat

Pijat untuk sementara dapat memperbaiki rasa tidak nyaman nan berasosiasi dengan nyeri tubuh dan apalagi dapat mengurangi kortisol dalam tubuh. Kortisol berakibat negatif pada sistem kekebalan, nan dapat mengganggu konsentrasi tubuh dalam melawan penyakit.

11. Minyak esensial

Minyak esensial tertentu dapat memberikan obat alami nan berfaedah untuk nyeri otot. Campurkan tiga alias empat tetes minyak peppermint alias lavendel dengan tiga alias empat tetes minyak kelapa dan gosokkan campuran minyak tersebut pada otot nan sakit.

Nah, itulah beberapa penyebab hingga langkah mengatasi badan nan terasa sakit semua. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

(asa/som)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda