Catat Bun! Ini Manfaat Prebiotik Fos Dan Inulin Untuk Kesehatan Pencernaan Anak

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Menjaga kesehatan saluran cerna anak sangat penting, Bunda. Pencernaan nan sehat bisa menunjang tumbuh kembang optimal Si Kecil.

Menurut Dokter ahli Anak dr. Kurniawan Satria Denta, M.Sc, Sp.A., percernaan nan kurang baik dapat memengaruhi kondisi kesehatan anak secara umum. Salah satunya juga memengaruhi perkembangan otak dan keimunan anak.

"Banyak nan belum tahu, pencernaan nan kurang baik memengaruhi kondisi kesehatan secara umum. Banyak bayi dan anak nan pertumbuhannya kurang baik, berat badan tidak naik, batuk pilek dan alergi nan sebenarnya itu dari masalah pencernaan," kata Denta dalam IG Live HaiBunda x HealthyWay Kids, Selasa (30/4/24).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Sistem pencernaan juga berasosiasi dengan sistem imunitas, metabolisme, apalagi otak anak. Ada nan namanya gun brain axis alias sumbu unik antara otak dan sistem pencernaan. Jadi jika pencernaan bagus, perkembangan otak juga bagus," sambungnya.

Penyebab gangguan pencernaan pada anak

Ada beberapa penyebab gangguan pencernaan pada anak nan perlu Bunda ketahui, yakni:

  • Bayi prematur alias berat badan lahir rendah rentan mengalami gangguan pencernaan dan akibat jangkitan lebih tinggi.
  • Bayi di bawah 6 bulan nan tidak mendapatkan ASI eksklusif berisiko lebih tinggi mengalami masalah pencernaan.
  • Bayi di atas 6 bulan bisa mengalami gangguan pencernaan lantaran langkah makan dan asupan nutrisi, aspek lingkungan, serta kebiasaan makan orang tua dan keluarga.

Keluhan gangguan pencernaan pada anak

Sistem pencernaan bakal berkembang seiring dengan bertambahnya usia. Dalam proses perkembangannya, masalah bisa timbul akibat asupan makanan nan dikonsumsi anak dan aspek lingkungan, Bunda.

Berikut beberapa keluhan mengenai masalah pencernaan nan dapat dialami anak sesuai usianya menurut Denta:

  • Bayi 0-3 bulan banyak nan sering mengalami gumoh alias muntah.
  • Bayi di atas 3 bulan mengalami kolik, sering menangis, dan terus merasa kesakitan.
  • Bayi di atas 6 bulan mengalami keluhan konstipasi dan tidak tumbuh dengan baik.
  • Bayi di atas 1 tahun biasanya mulai mengalami keluhan nan berasosiasi dengan infeksi, seperti diare dan muntah disertai demam.

Ada banyak langkah menjaga kesehatan saluran cerna anak, Bunda. Salah satunya dengan memberikan prebiotik alias makanan untuk kuman baik. Simak penjelasan komplit di laman berikutnya.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda