Benarkah Melahirkan Pervaginam Bisa Picu Ambeien? Simak Tips Melahirkan Yang Aman

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Persalinan pervaginam juga dikenal sebagai persalinan normal alias alami, adalah metode persalinan nan paling umum dengan bayi dilahirkan melalui jalan lahir alias vagina.

Proses persalinan normal melibatkan kontraksi rahim nan bermaksud untuk membuka leher rahim (serviks) dan mendorong bayi keluar melalui vagina.

Selama persalinan normal, rahim berkontraksi secara ritmis untuk membantu mendorong bayi keluar. Kontraksi ini membantu membuka leher rahim dan memfasilitasi pergerakan bayi melalui jalan lahir.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Penyedia jasa kesehatan sering memilih persalinan pervaginam lantaran dianggap sebagai metode nan paling alami dan umumnya kondusif bagi bayi dan ibu.

Persalinan pervaginam biasanya terjadi antara minggu ke 37 dan 42 kehamilan, meski beberapa persalinan mungkin terjadi sebelum alias setelah rentang waktu tersebut.

Melahirkan pervaginam bisa picu ambeien?

Terkadang, tindakan medis seperti induksi persalinan alias support dalam persalinan dengan perangkat bantu seperti forceps alias vakum extractor dapat membantu memfasilitasi kelahiran pervaginam.

Kesehatan Bunda dan janin juga memainkan peran krusial dalam kelancaran proses persalinan. Kondisi medis tertentu, seperti hipertensi, glukosuria gestasional alias kelainan janin dapat memengaruhi jalannya persalinan dan memerlukan intervensi medis nan lebih besar.

Namun setiap persalinan mempunyai risikonya sendiri-sendiri. Dalam beberapa kasus, persalinan pervaginam menyebabkan ambeien alias wasir pada Ibu mengandung sehingga mengakibatkan nyeri perut dan ketidaknyamanan dalam beraktivitas setelah melahirkan.

Ambeien pasca melahirkan memang bisa sangat mengganggu dan menyakitkan, terutama lantaran tekanan nan besar pada wilayah panggul selama proses persalinan. Sebagian besar ambeien pasca melahirkan tidak serius dan condong membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari alias minggu dengan perawatan rumahan nan tepat.

Gejala ambeien pada ibu hamil

Menilik Healthline, gejala wasir meliputi pendarahan saat buang air besar, pembengkakan, dan gatal adalah indikasi nan sering mengenai dengan wasir alias ambeien. Gejala wasir sering kali dapat membaik dengan sendirinya, terutama jika disertai dengan perubahan style hidup nan sehat seperti meningkatkan asupan serat dalam makanan, minum banyak air dan menghindari mengejan terlalu keras saat buang air besar.

Namun jika indikasi wasir bersambung alias memburuk alias terjadi komplikasi seperti wasir trombosis (bekuan darah dalam wasir) nan menyakitkan, Bunda perlu konsultasi dengan master untuk mendapatkan rekomendasi dan perawatan nan sesuai, termasuk prosedur invasif minimal, jika diperlukan untuk mengatasi masalah wasir dengan lebih efektif.

Wasir kronis nan berjalan selama beberapa bulan alias lebih juga memerlukan penanganan nan tepat. Dokter dapat mengevaluasi kondisi tersebut dan menentukan rencana perawatan nan sesuai untuk membantu mengatasi wasir kronis dengan baik.

Perawatan ambeien pasca melahirkan di rumah

Mengutip Very Well Family, ambeien pasca melahirkan dapat sembuh dengan sendirinya. Selain itu, Bunda dapat melakukan langkah-langkah untuk meredakannya sebagai berikut.

  1. Perawatan di rumah seperti menggunakan kompres es, salep alias supositoria topikal, dan membersihkan area dengan lembut.

  2. Meningkatkan asupan serat dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan mempercepat proses penyembuhan.

  3. Menghindari sembelit.

  4. Melakukan senam kegel untuk memperkuat otot panggul.

  5. Menggunakan bilik mandi saat merasakan dorongan buang air besar untuk mencegah tekanan tambahan pada wasir dan mencegah kemungkinan indikasi nan lebih parah.

Tips melahirkan dengan kondusif dan lancar

Mengutip Kemkes, Bunda disarankan melakukan senam hamil  membantu menjaga kesehatan bentuk dan mental selama masa kehamilan. Senam ini bermaksud untuk memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot tembok perut, ligamen,dan otot dasar panggul nan berasosiasi dengan proses persalinan.

Kemudian membentuk sikap tubuh nan baik selama kehamilan dan persalinan dapat mengatasi keluhan-keluhan umum pada Ibu hamil, mengurangi sesak nafas akibat bertambah besarnya perut. 

Dengan melakukan senam hamil, Bunda dapat menguasai teknik pernafasan nan mempunyai peranan krusial dalam kehamilan dan persalinan untuk mempercepat relaksasi tubuh nan dengan napas dalam dan juga untuk mengatasi rasa nyeri pada saat kontraksi.

Di sisi lain, menguatkan otot-otot tungkai, dimana tungkai bakal menopang berat tubuh nan semakin lama makin berat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, lampau mencegah varises, ialah pelebaran pembuluh darah kembali (vena) nan sering terjadi pada Ibu hamil. 

Melalui senam hamil, Bunda juga dapat berlatih agar nafasnya lebih panjang dan tetap relaks. Dengan latihan mengejan unik untuk menghadapi persalinan, agar Bunda bisa mengejan secara tepat sehingga bayi dapat lancar keluar dan tidak tertahan di jalan lahir dan mencegah akibat ambeien pasca melahirkan.

Demikian ulasan tentang melahirkan pervaginam bisa picu ambeien. Semoga berfaedah ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(pri/pri)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda