10 Film Joko Anwar Terbaik, Tidak Kalah Seru Dari Siksa Kubur

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Salah satu sutradara dan penulis naskah di Indonesia nan paling berkawan di telinga masyarakat adalah Joko Anwar. Pembuat movie nan kerap menciptakan movie seram menyeramkan ini telah menulis dan menyutradarai beragam titel movie bagus nan sukses menerima acungan jempol dari penonton.

Tidak hanya aliran horor, beberapa movie karya Joko Anwar juga mengusung tema nan beragam mulai dari komedi hingga fiksi-ilmiah. Film terbarunya Joko Anwar saat ini sedang tayang di bioskop berjudul Siksa Kubur. Film ini sedang mendapatkan banyak perhatian terutama bagi pecinta movie seram tanah air.

Berikut merupakan rekomendasi movie terbaik karya Joko Anwar dengan beragam aliran nan kisahnya menarik untuk disaksikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Rekomendasi movie Joko Anwar terbaik

Di bawah ini ada sepuluh movie nan diciptakan Joko Anwar, salah satunya ada movie hit Pengabdi Setan, Bunda.

1. Janji Joni (2005)

Film Janji Joni (2005)/Foto: Kalyana Shira Film
Film Janji Joni (2005)/Foto: Kalyana Shira Film

Salah satu movie karya Joko Anwar nan terbaik adalah Janji Joni nan dibintangi oleh Nicholas Saputra dan tayang tahun 2005. Film ini mempunyai aliran komedi petualangan tentang seorang laki-laki berjulukan Joni nan pekerjaannya mengantar roll movie ke banyak bioskop.

Suatu hari, Joni berjumpa dengan wanita elok dan mau berkenalan dengannya. Untuk dapat mendekatinya, Joni kudu memenuhi syaratnya untuk mengantar roll movie tepat waktu. Tetapi seisi kota seakan-akan bekerja sama memberikannya halangan untuk menepati janjinya tersebut.

  • Rating IMDb: 7.6/10
  • Genre: komedi, petualangan, drama, romantis
  • Pemain utama: Nicholas Saputra, Mariana Renata, Rachel Maryam Sayidina
  • Situs alias platform streaming: Netflix

2. Siksa Kubur (2024)

Film Siksa Kubur (2024)/Foto: Rapi Films
Film Siksa Kubur (2024)/Foto: Rapi Films

Selanjutnya ada movie Siksa Kubur nan sedang tayang di bioskop, menjadi movie seram terbarunya Joko Anwar nan sedang banyak mendapatkan perhatian dari penonton tanah air. Memiliki sisi berbeda dari film-film karya Joko Anwar nan sebelumnya, Siksa Kubur menceritakan tokoh utamanya, Sita, nan mau membuktikan bahwa kepercayaan dan siksa kubur itu tidaklah nyata.

Hal tersebut terjadi akibat trauma nan Sita dapatkan setelah orang tuanya meninggal secara tragis. Sita kemudian mencari orang nan mempunyai dosa terberat dan menunggunya meninggal dan memandang apakah orang tersebut bakal betul-betul mengalami siksa kubur.

  • Rating IMDb: 7.1/10
  • Genre: horor
  • Pemain utama: Faradina Mufti, Reza Rahardian, Christine Hakim, Fachry Albar, Happy Salma
  • Situs alias platform streaming: -

3. Kala (2007)

Film Kala (2007)/Foto: MD Pictures
Film Kala (2007)/Foto: MD Pictures

Kala adalah movie nan disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar dan sukses meraih beragam apresiasi dari para kritikus movie di tahun 2007. Film ini apalagi telah dinominasikan dan memenangkan beragam penghargaan movie bergengsi usai penayangannya nan dinilai sebagai sebuah kemajuan besar bagi perfilman Indonesia.

Film ini bergenre pidana hingga khayalan nan mengisahkan seorang detektif polisi nan sedang menyelidiki sebuah kasus di mana terdapat lima orang dibakar hidup-hidup. Tokoh utama lainnya merupakan seorang wartawan nan sedang mengalami masa-masa terendah dalam hidupnya.

  • Rating IMDb: 7.0/10
  • Genre: kriminal, fantasi, horor, thriller
  • Pemain utama: Donny Alamsyah, Fachry Albar, Ario Bayu
  • Situs alias platform streaming: -

4. Pengabdi Setan 2 (2022)

Film Pengabdi Setan 2 (2022)/Foto: Rapi Films
Film Pengabdi Setan 2 (2022)/Foto: Rapi Films

Pengabdi Setan merupakan salah satu movie seram terbaik karya Joko Anwar nan mengambil latar tahun 1980-an. Pengabdi Setan 2 menceritakan teror nan tetap terus bersambung dan terjadi di rumah baru family Rini di sebuah rumah susun.

Season kedua Pengabdi Setan mengungkapkan misteri lebih dalam mengenai teror Ibu nan selama ini menghantui Rini dan keluarganya. Terdapat juga karakter-karakter baru nan merupakan tetangga Rini nan bakal bersama-sama melawan setan penuh ancaman mematikan.

  • Rating IMDb: 6.7/10
  • Genre: horor, misteri, drama
  • Pemain utama: Tara Basro, Bront Palarae Endy Arfian, Nasar Annuz, Ratu Felisha
  • Situs alias platform streaming: Disney+ Hotstar

5. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Film Perempuan Tanah Jahanam (2019)/Foto: Base Entertainment
Film Perempuan Tanah Jahanam (2019)/Foto: Base Entertainment

Film seram karya Joko Anwar selanjutnya adalah Perempuan Tanah Jahanam nan juga dibintangi oleh Tara Basro. Film ini mengisahkan Maya, seorang wanita biasa nan kesulitan mencari pekerjaan nan cukup baginya di perkotaan. Maya kemudian memutuskan untuk pergi ke desa tempat orang tuanya tinggal dulu untuk mencari kekayaan peninggalan dengan ditemani sahabatnya, Dini.

Dalam perjalanan, Maya mengalami serangkaian kejadian misterius nan penuh dengan hal-hal gaib. Ia belum menyadari ada perihal apa nan menunggunya di depan mata nan bakal membawanya ke dalam ancaman terbesar.

  • Rating IMDb: 6.6/10
  • Genre: horor, misteri, thriller
  • Pemain utama: Tara Basro, Ario Bayu
  • Pemain utama: Netflix

6. Orang Kaya Baru (2019)

Film Orang Kaya Baru (2019)/Foto: Screenplay Films
Film Orang Kaya Baru (2019)/Foto: Screenplay Films

Berikutnya adalah movie Orang Kaya Baru nan naskahnya ditulis oleh Joko Anwar dan disutradarai oleh Ody C. Harahap. Film ini dibintangi oleh Cut Mini Theo, Lukman Sardi, hingga Raline Shah. Kisahnya seputar sebuah family sederhana nan terdiri dari Bapak, Ibu, dan ketiga anaknya.

Mereka awalnya merupakan family biasa-biasa saja dengan kehidupan sehari-harinya nan tak menonjol, suatu hari mendadak menjadi kaya raya setelah Bapak meninggal tiba-tiba dan meninggalkan sejumlah kekayaan warisan. Kehidupan mereka sekarang sudah bergelimang kekayaan, tetapi sebuah masalah muncul tanpa diduga.

  • Rating IMDb: 6.6/10
  • Genre: komedi, drama, keluarga
  • Pemain utama: Cut Mini Theo, Lukman Sardi, Raline Shah, Derby Romeo, Fatih Unru
  • Situs alias platform streaming: Prime Video

7. Pengabdi Setan (2017)

Film Pengabdi Setan (2017)/Foto: Rapi Films
Film Pengabdi Setan (2017)/Foto: Rapi Films

Pengabdi setan menjadi salah satu movie seram paling terkenal asal Indonesia nan disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar. Film ini menceritakan sebuah family nan tinggal di rumah tua di wilayah terpencil. Keluarga tersebut terdiri dari Bapak, Ibu, Nenek, Rini, dan tiga adik laki-lakiknya.

Sang Bunda dulunya adalah seorang penyanyi nan sekarang menjadi sakit-sakitan. Suatu hari, Rini mengetahui bahwa sang Bunda adalah personil penyembah setan nan telah membikin suatu perjanjian, nan mengharuskan adik bungsu mereka untuk pergi ke alam setan setelah beranjak usia.

  • Rating IMDb: 6.5/10
  • Genre: drama, horor, misteri
  • Pemain utama: Tara Basro, Bront Palarae, Dimas Aditya, Endy Arfian, Nasar Annuz, M. Adhiyat, Ayu Laksmi
  • Situs alias platform streaming: Netflix, Prime Video

8. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Film Ratu Ilmu Hitam (2019)/Foto: Rapi Films
Film Ratu Ilmu Hitam (2019)/Foto: Rapi Films

Ratu Ilmu Hitam adalah movie seram penuh segmen menegangkan nan disutradarai oleh Kimo Stamboel dan naskahnya ditulis oleh Joko Anwar. Film ini menceritakan beberapa laki-laki nan dulunya tumbuh besar di sebuah panti asuhan. Untuk menunjukkan rasa terima kasih berkah didikan nan mereka dapat saat kecil, mereka memutuskan untuk membujuk istri dan anak mereka untuk berjamu dan menginap di panti didikan nan pengurusnya sudah sakit-sakitan.

Kunjungan nan mereka pikir bakal penuh dengan suasana kekeluargaan berubah menjadi mencekam setelah terjadi banyak perihal asing nan membahayakan family mereka. Satu per satu orang-orang menjadi korban teror berpenunggu nan didalangi oleh sesosok wanita misterius nan menguasai pengetahuan hitam.

  • Rating IMDb: 6.5/10
  • Genre: drama, horor, misteri, thriller
  • Pemain utama: Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Adhisty Zara, Muzakki Ramdhan, Ari Irham, Tanta Ginting, Miller Khan
  • Situs alias platform streaming: Netflix, Prime Video

9. Stip & Pensil (2017)

Film Stip & Pensil (2017)/Foto: MD Pictures
Film Stip & Pensil (2017)/Foto: MD Pictures

Film karya Joko Anwar nan berikutnya merupakan movie bergenre komedi dan dibintangi oleh Ernest Prakasa, Tatjana Saphira, Ardit Erwandha, dan Indah Permatasari. Film ini mengisahkan sekawanan siswa SMA nan terlahir di family kaya raya. Berstatus sebagai orang kaya, mereka dicap sebagai anak-anak nan sombong dan arogan oleh murid-murid lainnya di sekolah.

Keempatnya kemudian mendapatkan suatu kesempatan untuk membuktikan bahwa mereka sebenarnya tidak sombong dan mau menjadi siswa normal layaknya orang lain seperti biasa.

  • Rating IMDb: 6.4/10
  • Genre: komedi
  • Pemain utama: Ernest Prakasa, Tatjana Saphira, Ardit Erwandha, Indah Permatasari
  • Situs alias platform streaming: Netflix, Prime Video

10. Gundala (2019)

Film Gundala (2019)/Foto: Screenplay Films
Film Gundala (2019)/Foto: Screenplay Films

Gundala adalah movie superhero karya Joko Anwar nan dibintangi oleh Abimana Aryasatya dan Tara Basro tentang seorang laki-laki biasa nan berubah menjadi pahlawan super untuk melawan orang-orang berkuasa nan penuh kekejaman. Sancaka digambarkan sebagai pemuda miskin nan sedari mini telah ditinggal oleh orang tuanya dan hidup sendirian di jalanan perkotaan.

Suatu hari, Sancaka mendapatkan kekuatan supernya lewat sambaran petir nan menghantam dirinya. Ia pun memanfaatkan kekuatan petir nan dimilikinya untuk memihak orang-orang nan lemah dengan aksinya nan penuh semangat patriotisme.

  • Rating IMDb: 6.1/10
  • Genre: aksi, petualangan, fiksi-ilmiah, drama
  • Pemain utama: Abimana Aryasatya, Tara Basro, Bront Palarae, Ario Bayu
  • Situs alias platform streaming: Prime Video

Itu dia deretan movie terbaik nan disutradarai dan ditulis oleh Joko Anwar nan wajib untuk Bunda tonton. Selamat menyaksikan.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(som/som)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda