Manfaat Dan Cara Melakukan Butterfly Poses Jelang Persalinan, Ampuh Singkirkan Stres Bun

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Yoga adalah salah satu olahraga nan disarankan sepanjang kehamilan hingga jelang persalinan. Senam kupu-kupu alias butterfly poses nan juga dikenal dengan nama Baddhakonasana (dalam bahasa Sansekerta), merupakan salah satu senam terbaik untuk dilakukan selama kehamilan. 

Butterfly poses adalah latihan nan mudah dan pose lembut nan dapat dilakukan dengan support minimal. Ini membantu meregangkan area selangkangan dan paha belakang sekaligus menghilangkan ketidaknyamanan perut. Butterfly poses mempunyai dua ragam ialah half dan full butterfly poses.

Butterly poses mungkin merupakan olahraga nan sederhana, namun mempunyai banyak manfaat, terutama bagi ibu hamil, Bunda. Postur ini membantu pencernaan nan baik sehingga memberikan kelegaan bagi ibu mengandung nan menderita sakit maag dan gangguan pencernaan selama kehamilan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Selain untuk membantu pencernaan, apa faedah lainnya? Simak faedah dari melakukan butterfly poses selama kehamilan hingga jelang persalinan berikut ini!

Butterfly poses untuk ibu hamil

Dilansir Healthline, sebuah penelitian mini menciptakan program yoga terapeutik untuk wanita dengan nyeri panggul kronis. Para wanita tersebut menghadiri kelas yoga dua kali seminggu nan menampilkan 12 postur yoga, termasuk butterfly poses.

Instruktur membimbing para wanita untuk berlatih yoga di rumah selama 1 jam per minggu. Hasilnya, setelah 6 minggu, para wanita tersebut mengalami pengurangan keparahan nyeri panggul dan dampaknya terhadap aktivitas sehari-hari, kesejahteraan emosional, dan kegunaan seksual.

Manfaat aktivitas butterfly poses untuk ibu hamil

1. Mengembangkan kesadaran batin

Ibu mengandung dapat menggunakan butterfly poses untuk mengembangkan kesadaran jiwa dan mempersiapkan tubuh  untuk duduk dalam waktu lama selama meditasi. Menahan postur dalam waktu nan lebih lama memungkinkan berlatih duduk dengan sensasi nan muncul, termasuk rasa tidak nyaman dan gelisah.

Dalam penelitian mini lainnya, orang nan mengikuti program 6 minggu nan terdiri dari kelas yoga Vinyasa selama 60 menit diikuti dengan meditasi terpandu selama 30 menit mengalami peningkatan nan signifikan dalam keahlian kesadaran dan penurunan tingkat kekhawatiran dan stres.

2. Meredakan stres

Butterfly poses membantu mengendurkan punggung bawah, pinggul, dan paha bagian dalam, nan dapat meredakan ketidaknyamanan dan membantu ibu mengandung merasa lebih baik secara keseluruhan. Ini juga dapat memberikan pengaruh menenangkan dan membikin rileks, nan dapat membantu ibu mengandung mengelola dan melepaskan stres.

3. Mengurangi depresi

Mempraktikkan butterfly poses sebagai bagian dari rutinitas yoga dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi depresi. Hasil penelitian mini menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi keparahan depresi pada penderita depresi berat ringan hingga sedang. Orang nan berperan-serta dalam kelas yoga Hatha selama 90 menit dua kali seminggu selama 8 minggu telah mengurangi keparahan depresi secara signifikan.

4. Melancarkan persalinan

Ibu mengandung bisa mempraktikkan butterfly poses ke dalam rutinitas yoga prenatal selama kehamilan. Ini membantu meredakan ketegangan dan sesak di punggung bawah, pinggul, dan paha bagian dalam, nan meningkatkan elastisitas dan meningkatkan relaksasi.

Postur ini juga membangun kekuatan dan meningkatkan sirkulasi di otot dasar panggul. Manfaat ini dapat membantu ibu mengandung mempersiapkan diri secara bentuk untuk melahirkan dan mendorong kelancaran persalinan.

Infografis aktivitas senam hamilInfografis aktivitas senam hamil/ Foto: Novita Rizki/ HaiBunda

Cara melakukan butterfly poses

1. Half Butterfly Poses (Ardha Titli)

Mengutip laman Parenting Firstcry, Ardha Titli Asana adalah ragam lain dari pose kupu-Kupu alias Purna Titli Asana. Ini bagus untuk orang nan baru pertama kali melakukan yoga.

  • Duduklah dalam Padmasana (pose teratai) jika nyaman, alias duduk bersila di lantai.
  • Kemudian, rentangkan satu kaki lurus, biarkan kaki lainnya terlipat.
  • Tekuk dengkul kanan dan letakkan kaki kanan di paha kiri. Usahakan menyentuh pinggang kiri dengan sol kanan.
  • Letakkan telapak tangan kanan di atas paha kanan.
  • Pegang jari kaki kanan dengan kuat menggunakan tangan kiri.
  • Jaga agar tulang belakang dan leher tetap lurus.
  • Tarik napas dalam-dalam dan tekan dengkul ke lantai.
  • Kemudian, buang napas dan angkat dengkul setinggi dada.
  • Ulangi sepuluh kali dan tukar kaki. Ulangi perihal nan sama di sisi lain.

Ardha Titli Asana sama bermanfaatnya dengan butterfly poses selama kehamilan. Ini membantu meringankan rasa sakit dan kram nan dialami banyak orang selama kehamilan, dan juga memfasilitasi persalinan nan tidak terlalu menyakitkan dan lebih nyaman.

2. Full Butterfly Poses (Poorna Titli)

Pose yoga kupu-kupu selama kehamilan adalah sesuatu nan direkomendasikan oleh ahli antenatal. Ini adalah salah satu latihan paling berfaedah untuk dilakukan selama masa kehamilan. Berikut langkah melakukan pose tersebut:

  • Duduklah dalam padmasana (pose teratai) jika nyaman, alias duduk bersila di lantai.
  • Posisikan diri  sedemikian rupa sehingga telapak kaki saling bergesekan dan dengkul ditekuk ke luar.
  • Usahakan untuk menarik kaki semaksimal mungkin, dengan kedua tangan memegangi kaki, ke arah area kemaluan.
  • Luruskan tulang belakang.
  • Tarik napas dan letakkan kedua tangan di atas lutut.
  • Buang napas dan gerakkan dengkul  yang terlipat ke atas dan ke bawah (seperti kupu-kupu mengepakkan sayapnya) dan cobalah menyentuh dengkul  di tanah (jangan berupaya terlalu keras jika  tidak dapat menyentuh dengkul  di tanah).
  • Tarik napas dan angkat dengkul setinggi dada.

Ulangi proses nan sama lima belas hingga dua puluh kali. Itulah dia penjelasan mengenai faedah dan langkah melakukan butterfly poses. Semoga informasinya membantu ya Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(pri/pri)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda