7 Rekomendasi Botol Susu Anti Kolik Untuk Cegah Bayi Kembung

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Banyaknya udara nan masuk ketika Si Kecil menyusu menjadi penyebab perutnya kembung. Kondisi tidak nyaman ini pun membikin anak menjadi kolik.

Mengutip dari laman happyfamilyorganics, bayi kolik ditandai dengan menangis alias menjerit dengan nada tinggi selama tiga jam. Jika bayi mengalami kondisi ini, biasanya bakal membikin Bunda dan Ayah bingung lantaran sangat susah untuk ditenangkan.

Wajah Si Kecil pun merah alias kulit di sekitar mulut terlihat pucat. Selain itu, anak juga  menarik kaki, menegangkan lengan, melengkungkan punggung, alias mengepalkan tangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Ketika Si Kecil sudah mulai tenang, Bunda bisa memandikan anak dengan air hangat dan pijat lembut pada perut dengan aktivitas melingkar nan lembut pada perut. Demikian dikutip dari laman NHS.

Manfaat Botol Susu Anti Kolik

Kolik juga dapat disebabkan oleh pemilihan botol susu alias dot nan tidak sesuai dengan usia Si Kecil. Botol susu anti kolik membantu mengurangi udara masuk, sehingga Si Kecil bisa lebih menikmati waktu menyusunya.

Ketika asupan udara diminimalkan, kemungkinan gas berlebih dan refluks berkurang. Hal ini pun bakal membikin bayi menjadi lebih tenang dan bahagia, sehingga tidak memperlihatkan indikasi kolik.

Cara Memilih Botol Anti Kolik untuk Mencegah Bayi Kembung

Untuk mencegah kondisi tidak nyaman lantaran kembung usai menyusu, Bunda perlu jeli memilih botol susu anti kolik untuk bayi.

Botol susu anti kolik mempunyai dot lembut nan berkontur di sepanjang mulut dan bibir bayi, sehingga mencegah udara ikut masuk ke tubuh mengalir berbareng susu.

Rekomendasi Botol Susu Anti Kolik untuk Bayi

Banyak botol dan dot nan dirancang untuk anti kolik, jadi perhatikan dengan jeli ya, Bunda. Berikut ini tujuh daftar botol susu anti kolik untuk cegah bayi kembung:

1. Tommee Tippee

Botol susu Tommee Tippee mempunyai satu kesamaan ialah dot nan paling menyerupai puting Bunda. Dilengkapi juga dengan katup anti-kolik di dalam.

Botol susu ini tersedia dalam ukuran 150 ml dan 260 ml, masing-masing dilengkapi dengan dot susu dengan aliran lambat (slow flow), ideal digunakan untuk bayi baru lahir. 

Sementara, botol susu ukuran 340 ml masing-masing dilengkapi dot susu dengan aliran sedang (medium flow), ideal untuk bayi berumur 3 bulan ke atas.

Harga: dibandrol dari Rp99.000 hingga Rp115.000.

2. Mam Anti-Colic Baby Bottle

Dot botol susu ini dirancang datar dan lembut seperti tetek Bunda. Hal tersebut dapat membantu mengurangi kolik dan ketidaknyamanan Si Kecil.

Dibuat dengan bahan bio-circular3, botol susu ini mudah disterilisasikan dengan sigap hanya dalam waktu tiga menit. Bagian dasarnya juga dilengkapi dengan lubang ventilasi agar tekanan dalam botol tetap seimbang.

Harga: kisaran dari Rp100.000 hingga Rp200.000

3. Cussons Baby Milk Bottle PP Anti Colic

Botol susu bayi anti-colic ini tidak membikin bayi tersedak dan anti kembung. Dot botol susu dirancang lentur, sehingga membikin bayi nyaman saat menyusui.

Selain itu, botol susunya dibuat dari bahan Soft Food Grade Silicon, sehingga kondusif dan terjaga kualitasnya. Botol bebas BPA bahkan saat dipanaskan hingga 112 derajat Celcius.

Harga: berkisar mulai dari Rp29.500.

4. Baby Huki

Salah satu merek botol susu bayi anti-kolik, ialah Baby Huki. Botol susu dari Baby Huki tersedia dengan beragam macam ukuran nan disesuaikan dengan usia Si Kecil. 

Botol susu ini terbuat dari material polypropylene (PP) nan merupakan bahan plastik food grade bebas dari kandungan BPA dan teruji halalnya. Sehingga kondusif digunakan bayi sejak baru lahir.

Harga: berkisar mulai dari Rp25.000.

5. Dr. Brown's

Dr. Brown's botol susu terbuat dari bahan bebas BPA, sehingga kondusif digunakan untuk bayi. Botol Dr. Brown's dapat membantu mengurangi kolik, muntah, dan gas saat bayi minum susu lantaran kreasi dot dan sistem ventilasi.

Pilihan botol susu dari merek nan satu ini juga beragam sesuai dengan kebutuhan dan usia Si Kecil. Botol susu Dr. Brown's dapat digunakan sejak bayi baru lahir.

Harga: mulai dari Rp 90.000.

6. Baby Safe Anti Colic

Botol Susu BabySafe terbuat dari bahan polypropylene (PP) nan bebas dari bisphenol A (BPA Free). Disebut memenuhi standar nasional dan internasional untuk peralatan makan anak serta berbahan food grade, sehingga kondusif untuk si kecil. 

Dirancang unik untuk membantu mencegah kolik lantaran perut kembung dengan mengurangi gelembung udara di dalam susu, serta memastikan aliran susu nan lancar untuk kesehatan bayi. Menggunakan dot dengan corak alami, sehingga mendukung perkembangan gigi dan rahang bayi.

Harga: mulai dari Rp 19.900.

7. Dr. isla Baby Milk Bottle Anti Colic

Bentuk ergonomis untuk kenyamanan maksimal, mudah dipegang, dan digenggam ke segala arah. Botol bayi polyphenylsulfone alias PPSU terbuat dari polifenilen sulfida, tidak mengandung bisphenol A, tidak melepaskan unsur berbahaya, memenuhi standar food grade, dan tidak rawan bagi kesehatan bayi.

Botol PPSU mempunyai permukaan nan halus, mudah dibersihkan, dan tidak mudah menyerap aroma dan bakteri, sehingga menjamin kebersihan produk bayi. Bahan PPSU juga tahan panas dan benturan, tidak mudah pecah, serta tahan terhadap pencucian suhu tinggi.

Harga: berkisar Rp62.000.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fir/fir)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda