5 Rahasia Meningkatkan Iq Anak, Salah Satunya Melalui Games Memori Otak

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Intelligence Quotient (IQ) alias kepintaran intelektual merupakan salah satu tolak ukur untuk memandang kepintaran anak, Bunda. Lantas, gimana langkah meningkatkan IQ anak, ya?

IQ berangkaian dengan keahlian kognitif anak di mana tingkatannya dinilai berasas skor. IQ juga merujuk kepada keahlian intelektual seseorang berasas beragam hal.

Bunda pasti mengetahui bahwa IQ anak umumnya dipengaruhi oleh genetika dan juga nutrisi. Namun, adakah perihal lain nan bisa meningkatkan IQ anak?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Melansir dari laman WebMD, hingga usia empat tahun otak anak bakal tumbuh secara eksplosif. Otak anak pun bakal mencapai 90 persen dari ukuran dewasanya sebelum TK.

Otak tidak berakhir berkembang di usia 4 tahun, Bunda. Otak bakal terus berorganisasi dan melakukan restrukturisasi sepanjang masa kanak-kanak dan memasuki kehidupan dewasa awal sehingga lebih kompleks.

Rahasia meningkatkan IQ anak

Ada beberapa perihal nan bisa meningkatkan IQ Si Kecil, Bunda. Melansir dari beragam sumber, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Permainan memori

Mengutip dari Healthline, aktivitas alias permainan nan melibatkan memori tidak hanya dapat meningkatkan daya ingat, Bunda. Hal ini juga bisa meningkatkan keahlian penalaran dan bahasa.

Faktanya, permainan memori telah digunakan dalam penelitian untuk mengeksplorasi gimana memori berasosiasi dengan bahasa dan pengetahuan objek alias pemahaman tentang objek fisik.

Terdapat banyak permainan memori nan bisa Bunda lakukan berbareng Si Kecil. Misalnya saja teka-teki gambar, teka-teki silang, permainan kartu konsentrasi, menyocokkan kartu, sudoku, dan tetap banyak lagi.

2. Perdengarkan musik

Sering mendengarkan anak dengan musik alias mempelajari perangkat musik juga bisa meningkatkan IQ mereka, Bunda. Sebuah penelitian menemukan bahwa 75 menit pelajaran musik per minggu selama 12 minggu, secara signifikan meningkatkan skor IQ pada anak usia pra sekolah.

Penelitian lebih baru di tahun 2021 juga menunjukkan bahwa training musik instrumental dapat meningkatkan beberapa kegunaan otak pada anak usia 6-7 tahun.

Klik baca laman berikutnya untuk memandang tips lainnya ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda