5 Cara Minum Teh Hijau Untuk Diet Dan Waktu Terbaik Meminumnya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Berencana mencoba minum teh hijau untuk diet? Pahami dulu langkah minum teh hijau untuk diet nan tepat dan waktu terbaik mengonsumsinya, Bunda.

Teh hijau terkenal dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan. Salah satunya membantu menurunkan berat badan. 

Kandungan katekin pada teh hijau dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Ada bukti substansial nan menghubungkan teh hijau dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Mengutip dari Healthline, dalam sebuah studi di 2008, 60 orang gendut mengikuti diet standar selama 12 minggu sembari secara teratur minum teh hijau nan menjadi teh diet mereka. Selama penelitian, peserta nan minum teh hijau kehilangan berat badan 3,3 kg lebih banyak daripada nan tidak.

Studi lain menemukan bahwa orang nan mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 12 minggu mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan lingkar pinggang secara signifikan.

Ini mungkin lantaran ekstrak teh hijau sebagai teh diet mengandung katekin nan sangat tinggi. Namun untuk memaksimalkan faedah teh hijau untuk diet, ada beberapa langkah minum nan perlu diperhatikan. 

Berikut langkah minum teh hijau untuk diet dan waktu terbaik meminumnya.

Kandungan teh hijau

Berikut kandungan nan ditemukan pada teh hijau.

1. Katekin

Jenis katekin utama dalam teh hijau adalah epigallocatechin gallate (EGCG), epicatechin gallate (ECG), epigallocatechin (EGC), dan catechin (C). Katekin mempunyai sifat antioksidan kuat nan membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Flavonoid

Flavonoid seperti quercetin dan kaempferol juga terdapat dalam teh hijau. Senyawa ini mempunyai sifat antioksidan dan anti-inflamasi nan dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak.

3. Kafein

Teh hijau mengandung kafein. Namun kadarnya lebih rendah dibandingkan kopi. Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus, serta membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak.

4. L-theanine

L-theanine merupakan masam amino nan memberikan rasa tenang dan rileks pada teh hijau. L-theanine juga dapat membantu meningkatkan kegunaan kognitif dan mengurangi stres.

5. Vitamin dan mineral lainnya

Teh hijau mengandung beragam vitamin dan mineral, termasuk vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium, dan mangan.

Teh hijau juga mengandung beragam senyawa lain nan berfaedah bagi kesehatan, seperti saponin, tanin, dan polimer karbohidrat.

Kandungan teh hijau dapat bervariasi tergantung pada jenis teh, langkah pengolahan, dan kondisi penanaman. Namun, secara umum, teh hijau merupakan minuman nan kaya bakal nutrisi dan berfaedah bagi kesehatan.

Cara minum teh hijau untuk diet

Berikut langkah minum teh hijau untuk diet, Bunda.

1. Gunakan suhu air nan tepat

Suhu air nan ideal untuk menyeduh teh hijau adalah antara 70 sampai 80 derajat Celsius. Hindari menggunakan air mendidih lantaran dapat merusak katekin dan membikin rasa teh pahit.

2. Hindari menambahkan gula

Teh hijau mempunyai rasa alami nan sedikit pahit. Hindari menambahkan gula alias pemanis buatan lainnya lantaran dapat meningkatkan kalori dan menghalang proses pembakaran lemak.

3. Minum teh hijau 30 menit sebelum makan

Minum teh hijau 30 menit sebelum makan dapat membantu menekan nafsu makan dan membikin Bunda merasa lebih kenyang. Hal ini tentu membikin porsi makan pun berkurang.

4. Hindari minum teh hijau pada malam hari

Hindari mengonsumsi teh hijau pada malam hari alias segera setelah makan. Sebab, ada senyawa dalam kandungannya nan dapat mengikat mineral dan memblokir penyerapannya dalam tubuh.

Bunda juga tidak dianjurkan untuk minum teh hijau sebelum tidur. Kandungan kafein dalam teh hijau bisa membikin Bunda susah tidur dan menguras komponen krusial dalam sistem tubuh.

5. Batasi konsumsi teh hijau

Meskipun teh hijau berfaedah untuk kesehatan, konsumsi berlebihan dapat menimbulkan pengaruh samping seperti sakit perut, diare, dan insomnia. Batasi konsumsi teh hijau 2 sampai 3 cangkir per hari sesuai saran ahli.

Waktu nan tepat minum teh hijau untuk diet

Waktu terbaik mengonsumsi teh hijau adalah pagi hari di antara waktu makan, bukan saat perut kosong. Bunda bisa mengonsumsinya dua jam sebelum alias setelah makan.

Minum teh hijau di antara waktu makan untuk memastikan bahwa katekin (antioksidan) tidak bereaksi dengan kasein nan ada dalam protein hewani alias susu. Studi juga menunjukkan bahwa waktu terbaik minum teh hijau untuk diet di pagi hari dan sebelum berolahraga.

Minum teh hijau pada pagi hari juga menjadi kesempatan terbaik untuk membantu membakar lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau sebelum olahraga dapat meningkatkan proses pembakaran lemak.

Manfaat minum teh hijau selain untuk diet

Lalu apa saja manfaatnya? Simak info berikut.

1. Meningkatkan metabolisme

Kandungan katekin dalam teh hijau membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membakar kalori lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan. Minum teh hijau pada pagi hari dapat membantu tubuh memulai proses metabolisme dengan optimal.

Katekin dalam teh hijau dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini membantu menurunkan akibat penyakit jantung.

3. Mencegah kanker

Katekin dalam teh hijau mempunyai sifat antioksidan nan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Hal tersebut bakal membantu mencegah kanker.

4. Meningkatkan kegunaan otak

Teh hijau mengandung L-tehanine, masam amino nan membantu meningkatkan kegunaan otak. Cocok untuk diminum sebelum memulai aktivitas alias bekerja.

Teh hijau membantu mengatur kadar gula darah sehingga berfaedah bagi penderita diabetes. Minum teh hijau dapat membantu mencegah lonjakan gula darah, pemicu sakit jantung dan stroke.

6. Meningkatkan kesehatan gigi dan kulit

Teh hijau dapat membantu mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi. Teh hijau juga bisa meningkatkan kesehatan kulit. Katekin dalam teh hijau dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar mentari dan penuaan dini.

Dengan mengikuti langkah minum nan tepat dan waktu nan ideal, Bunda dapat memaksimalkan faedah teh hijau untuk mencapai berat badan ideal.

Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan master alias mahir gizi sebelum memulai program diet baru, terutama jika Bunda mempunyai kondisi kesehatan tertentu.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(som/som)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda