10 Kandungan Cream Wajah Yang Aman Untuk Ibu Menyusui, Bikin Tetap Glowing Dengan Aman

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Merawat kulit wajah selama menyusui krusial juga diprioritaskan ya, Bunda. Tetapi, selektif dalam memilih produk skincare juga krusial dilakukan. Simak yuk, kandungan cream wajah nan kondusif untuk ibu menyusui dan tetap bikin glowing dengan aman.

Terlalu capek dengan kesibukan baru sebagai ibu kerap membikin perawatan wajah terabaikan. Padahal, kecantikan wajah tetap perlu dijaga lho, Bunda. Apalagi, kulit pasca kehamilan biasanya jadi banyak bermasalah, termasuk kulit nan lebih gelap, kulit kering, dan beragam masalah lainnya.

Perubahan kulit saat menyusui

Kehamilan dan masa nifas memang dapat memberikan akibat nan cukup besar pada tubuh, termasuk kulit, kata Amelia Damse, DO, MPH, seorang master kulit. "Akibat perubahan hormonal pada periode ini, bisa muncul flek dan spot baru seperti stretch mark, pembuluh darah melebar, dan melasma," jelasnya seperti dikutip dari laman Very Well Family.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Beberapa kondisi kulit nan mungkin Bunda perhatikan, seperti stretch mark dan melasma (bintik dan bercak hitam), disebabkan oleh kehamilan, dan bakal memudar dalam beberapa bulan ke depan. Namun kondisi tertentu, seperti jerawat pasca persalinan dan kulit kering, mungkin disebabkan oleh kehamilan serta disebabkan oleh perubahan hormonal nan terjadi selama menyusui.

“Tingkat estrogen nan lebih rendah saat menyusui berkontribusi pada kurangnya kelembapan pada kulit,” jelas Nicole Schwartz, IBCLC, seorang konselor laktasi.

Merawat kulit dengan produk nan aman

Memilih produk perawatan kulit nan kondusif selama menyusui memang perlu diperhatikan ya, Bunda. Karena, dikhawatirkan ada kandungan rawan nan masuk ke tubuh dan memengaruhi ASI nan dikonsumsi bayi.

Seperti diketahui bahwa langkah pembuatan ASI adalah dengan mengambil nutrisi dari aliran darah. Jadi, selain produk perawatan kulit sukses masuk ke aliran darah, kemungkinan besar perihal tersebut tidak bakal memengaruhi ASI. Meski demikian, kandungan nan kondusif dalam produk skincare tetap perlu diperhatikan ya, Bunda.

“Sebagian besar produk perawatan kulit kondusif lantaran tidak mudah diserap ke dalam aliran darah, sehingga kondusif untuk menyusui,” jelas Hali Shields, IBCLC, konsultan laktasi dan Founder Sprout Family.

Bahan perawatan kulit nan kudu dihindari

Dr Damse setuju bahwa sebagian besar produk perawatan kulit cocok untuk ibu menyusui tetapi dengan beberapa peringatan. Meskipun sebagian besar produk perawatan kulit kondusif selama periode ini, ada beberapa produk nan kudu dihindari ya, Bunda.

Produk utama nan tidak direkomendasikan adalah produk turunan vitamin A, seperti retinol. Selain itu, katanya, Bunda sebaiknya menghindari produk nan mengandung masam salisilat, bahan obat jerawat, dan hidrokuinon, krim nan digunakan untuk mengurangi bintik hitam pada kulit. Namun, masam salisilat topikal umumnya dianggap kondusif digunakan selama kehamilan.

Kandungan cream wajah nan kondusif untuk ibu menyusui

Merawat kulit saat menyusui memang perlu mempertimbangkan beberapa perihal termasuk keamanan kandungan cream wajah nan digunakan. Berikut ini kandungan cream wajah nan kondusif untuk ibu menyusui nan perlu Bunda tahu agar bisa memilih produk nan tepat dan aman:

1. Azelaic Acid untuk jerawat

Meskipun kehamilan dapat membikin beberapa wanita nan beruntung mempunyai kulit bercahaya bercahaya bagi sebagian wanita lainnya, semua aktivitas hormonal tambahan tersebut dapat mempunyai pengaruh sebaliknya, menyebabkan beragam masalah kulit saat kehamilan.

Untuk mengatasinya, kebanyakan merekomendasikan penggunaan azelaic acid guna memerangi jerawat. Ini juga bertindak sebagai mikroba nan bekerja dengan membunuh kuman nan ditemukan di pori-pori. Selain itu, juga membantu membuka  pori-pori nan tersumbat, meratakan warna kulit dan mencerahkan flek hitam akibat jerawat seperti dikutip dari laman Draesthetica.

2. Glyolic acid 

Glyolic Acid adalah bahan perawatan kulit dengan profil keamanan nan sangat baik digunakan saat kehamilan dan menyusui. Kandungan ini mengurangi jerawat pada kulit dengan mendorong pelepasan sel kulit mati.

Selain itu, juga membantu memperbaiki tanda-tanda penuaan, terutama kerusakan akibat sinar matahari, dengan meningkatkan produksi kolagen dan masam hialuronat di epidermis. Ini artinya, kulit bakal menjadi lebih kencang dan elastis.

3. Hyaluronic acid

Mereka nan rentan terhadap kulit sangat kering tahu bahwa terkadang pelembab saja tidak cukup untuk memberikan hidrasi nan mereka butuhkan.
Jika pelembab topikal tidak cukup, Bunda dapat menggunakan serum penghidrasi berbarengan dengan pelembab nan mengandung hyaluronic acid.

4. Niacinamide

Niacinamide betul-betul kondusif digunakan sebagai bahan perawatan kulit selama kehamilan dan menyusui. Bahan ini membantu memulihkan penghalang hidrolipid kulit untuk melindungi kulit dari kuman rawan dan mempertahankan kelembapan kulit agar tetap kenyal.

Karena pengaruh anti jerawat dan anti penuaannya, niacinamide dapat menjadi pengganti retinol nan baik selama kehamilan dan menyusui.

5. Ferulic acid

Tanda-tanda penuaan seperti bintik hitam, garis halus, dan kerutan, dapat dijaga dengan kandungan cream nan mempunyai bahan ferulic acid. Senyawa antioksidan ini ditemukan secara alami di tembok sel buah-buahan dan biji-bijian tertentu, terutama apel, buah jeruk, oat, beras, dan lainnya.

Manfaat utamanya adalah menetralkan kerusakan akibat radikal bebas pada kulit, nan merupakan penyebab utama banyak masalah kulit nan umum.

6. Titanium dioxide 

Titanium dioxide sering digunakan dalam produk skincare serta sunscreen. Bahan ini sangat kondusif lantaran tidak ada akibat bahan ini beranjak ke bayi melalui ASI.

7. Azelaic acid

Bahan ini sangat baik untuk orang dengan kulit sensitif. Selain itu kandungan ini biasa digunakan pada kulit nan rentan berjerawat dan dapat membantu mengurangi munculnya noda di wajah.

8. Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan nan kuat dan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, juga menjaga kulit kering tetap terhidrasi dan apalagi membantu mengurangi munculnya garis-garis lembut dan kerutan.

9. Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat bagus untuk menenangkan kulit. Oleskan secara lembut dan berikan pijatan. Minyak ini merupakan bahan pelembab alami dan kondusif digunakan bagi ibu menyusui.

10. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan nan kuat nan kondusif selama kehamilan dan menyusui. Vitamin ini mempunyai banyak faedah termasuk antipenuaan, meminimalkan munculnya garis-garis lembut dan kerutan, mencerahkan, dan melindungi kulit.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(pri/pri)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda