Jabodetabek Diperkirakan Hujan Terus Meski Cuaca Panas? Begini Penjelasan Bmkg

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Akhir-akhir ini sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami cuaca panas nan ekstrem. Sebut saja DKI Jakarta, Bogor, dan sebagainya.

Meski mempunyai cuaca nan panas, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) tetap bakal diguyur hujan pada awal Mei ini.

Hal ini turut dijelaskan oleh BMKG pada laman IG resminya. BMKG memprediksi Jabodetabek bakal diguyur hujan dalam sepekan ke depan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Faktor Jabodetabek diprediksi hujan

Terdapat sejumlah aspek nan membikin kondisi cuaca di Jabodetabek diprediksi tetap condong hujan selama sepekan ke depan, Bunda. Pertama, adanya aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial nan diprakirakan tetap aktif di wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua Selatan dalam sepekan ke depan.

Kemudian, aktivitas gelombang atmosfer Kelvin juga diprakirakan aktif di Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi dalam sepekan ke depan. Faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Tidak hanya itu, berasas aspek regional, sirkulasi siklonik terpantau berada di perairan barat Sumatra Utara, Laut Banda, Samudera Pasifik utara Papua, nan membentuk wilayah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di pesisir barat Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat Daya, hingga Papua Pegunungan.

"Kondisi tersebut bisa meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang wilayah konvergensi/konfluensi tersebut," kata pernyataan BMKG dalam Prospek Cuaca Seminggu ke Depan Periode 3-9 Mei 2024 dikutip dari kanal YouTube BMKG, Senin (6/5/2024).

Prakiraan cuaca Jabodetabek 6-12 Mei

Terdapat prakiraan cuaca Jabodetabek selama sepekan ke depan nih, Bunda. Berikut ini prakiraan curah hujannya:

6 Mei pukul 07.00 WIB - 7 Mei pukul 07.00 WIB

Secara umum cerah berawan, namun Tangerang, Jakarta Barat berpotensi hujan ringan, tetapi Bogor berpotensi hujan sedang.

7 Mei pukul 07.00 WIB - 8 Mei pukul 07.00 WIB

Secara umum berawan, namun Bogor, Tangerang berpotensi hujan ringan.

8 Mei pukul 07.00 WIB - 9 Mei pukul 07.00 WIB

Secara umum berawan, namun Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, berpotensi hujan ringan.

Lantas, gimana prakiraan di tanggal 10-12 Mei? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(mua/som)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda