5 Kisah Anak Artis Alami Speech Delay, Dari Shireen Sungkar Hingga Acha Sinaga

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Terdapat beragam kondisi nan dapat mengganggu serta menghalang tumbuh kembang anak. Salah satunya nan banyak ditemui adalah speech delay alias keterlambatan bicara.

Anak-anak nan terlambat bicara biasanya mulai bisa dideteksi ketika memasuki usia 2 tahun, Bunda. Di masa ini, anak semestinya sudah bisa mengucapkan sekitar 50 kata dan merangkai dua kata menjadi kalimat sederhana.

Anak nan mengalami speech delay umumnya belum bisa berbincang dengan jelas. Mereka hanya menunjuk benda-benda nan diinginkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Kisah anak artis alami speech delay

Ternyata, ada beberapa deretan artis Tanah Air nan anaknya turut mengalami kondisi speech delay ini. Berikut ini Bubun rangkumkan deretan kisahnya:

1. Shireen Sungkar

Setelah menikah dengan Teuku Wisnu pada tahun 2013, Shireen Sungkar dikaruniai tiga orang anak. Mereka adalah Teuku Adam Al Fatih, Cut Hawwa Medina Al Fatih, dan Cut Shafiyyah Mecca Al Fatih.

Shafiyyah lahir pada 25 April 2018, Bunda. Ketika tetap kecil, gadis nan sekarang berumur 6 tahun didiagnosis mengalami keterlambatan bicara alias speech delay.

Shireen pun selalu membawa bocah nan berkawan disapa Dek Sya ini untuk melakukan terapi. Kini, Syafiyyah pun sudah mengalami banyak kemajuan.

"MasyaAllah tabarakallah Allahumma bariik. Dek Sya sayang. nan sukses memberi warna di hidup Mami nan berbeda lagi. Mengajarkan Mami banyak sekali perihal salah satunya syukur nan Mami mungkin sering lupa sebelumnya. Sekarang setiap keluar kata baru alias ada perihal baru nan Dek Sya kuasain, Mami berterima kasih sama Allah," tutur Shireen pada laman Intagram-nya.

2. Acha Sinaga

Acha Sinaga dan family memutuskan untuk pindah ke Indonesia setelah lama menetap di Australia. Salah satu alasannya adalah lantaran anak pertamanya Acha, Lucas mengalami speech delay.

Pada tahun 2022, Acha menyadari ada perihal nan mencurigakan dari tumbuh kembang Lucas. Di usia nan sudah menginjak dua tahun lebih, Lucas belum bisa berbincang dan menyebut satu kata pun dengan jelas.

Hal ini lantas membikin Acha dan Andy mencurigai sang putra mengalami keterlambatan dalam berbincang atau speech delay.

"Aku juga worries sih sebagai orang tua, kok Lucas sudah 2 tahun 3 bulan enggak ngomong. Ada kata-kata (babbling), tapi kata-kata nan jelas itu belum ada. Amin saja tuh enggak. Karena kan kita angan ya setiap hari ngajarin dia, tapi dia enggak ngomong Amin," ujar Acha mengutip dari kanal YouTube pribadinya.

Acha kemudian memeriksakan Lucas pergi ke master ahli anak. Setelah melalui masa-masa susah tersebut, Acha dan Andy juga memutuskan untuk membawa anaknya untuk pulang ke Indonesia.

Setelah dua bulan berjamu ke Indonesia, Lucas terlihat mempunyai banyak peningkatan pada keahlian berbicaranya, Bunda. Tidak hanya itu, Acha juga merasa bahwa dirinya menjadi lebih menikmati menjadi seorang Bunda.

3. Larissa Chou

Dari pernikahannya berbareng Alvin Faiz, Larissa Chou dikaruniai seorang putra berjulukan Yusuf. Putranya ini didiagnosis mengalami speech delay ketika berumur 3 tahun.

Pada laman Instagram-nya, Larissa kerap mengunggah beragam perkembangan Yusuf. Pada sebuah video, Larissa mengatakan bahwa Yusuf sudah bisa berbincang dengan lebih lancar.

"Yusuf sudah jauh lebih lancar bicaranya. Alhamdulillah. Bisa mengikuti pengarahan dengan baiknya juga lebih banyak, alhamdulillah," katanya merangkum dari akun @larissachou.

"Tapi memang kudu sabar dan berproses untuk bisa di tahap Yusuf bisa konsentrasi dengan baik dan bisa ngobrol. Pelan-pelan ya, Nak, bismillah," sambung Larissa.

Klik baca laman berikutnya untuk memandang kisah lainnya ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda