Alasan Bayi Baru Lahir Baru Boleh Dimandikan Setelah 6 Jam

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Tahukah Bunda bahwa bayi baru lahir sebenarnya tidak perlu langsung dimandikan? Ya, apalagi perihal ini boleh ditunda hingga enam jam lamanya. Penundaan waktu mandi bayi baru lahir disebut berangkaian dengan pengaturan suhu tubuh bayi.

Dikutip dari laman Kemenkes RI, penyesuaian suhu bayi saat baru dilahirkan menjadi salah satu perhatian utama. Ini lantaran kondisi hangat di dalam rahim membikin bayi kudu mengalami penyesuaian fisiologis saat dilahirkan.

Bayi baru lahir memerlukan daya dalam mempertahankan suhu tubuhnya, sehingga menjaga suhu bayi pun merupakan perihal krusial untuk mencegah terjadi hipotermia (suhu bayi turun di pemisah normal). Nah, salah satunya termasuk dengan menunda waktu mandi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Tanda bayi hipotermia adalah kaki bayi dingin ketika disentuh, keahlian mengisap menurun, penurunan aktivitas, dan menangis lemah.

Kapan sebaiknya bayi baru lahir dimandikan?

Dikutip dari Healthy Children, World Health Organization (WHO) merekomendasikan untuk menunda memandikan bayi untuk kali pertama hingga 24 jam setelah lahir. 

Bisa juga menunggu setidaknya enam jam, jika sehari penuh tidak memungkinkan, misalnya lantaran argumen budaya tertentu.

Alasan bayi baru lahir sebaiknya dimandikan setelah 6 jam

Berikut beberapa argumen kenapa bayi baru lahir baru boleh dimandikan hingga setelah enam jam:

1. Menjaga suhu tubuh dan gula darah

Bayi langsung dimandikan setelah lahir lebih mungkin kedinginan dan mengalami hipotermia. Selain itu, stres ringan saat mandi terlalu awal juga dapat membikin beberapa bayi lebih mungkin mengalami penurunan gula darah (hipoglikemia).

2. Mempererat bonding dengan bunda

Langsung memandikan bayi setelah lahir berisiko dapat mengganggu momen skin-to-skin dan keberhasilan menyusui dini. 

Sebuah penelitian dalam jurnal Breastfeed Medicine menunjukkan peningkatan keberhasilan menyusui di rumah sakit sebesar 166 persen setelah menerapkan penundaan 12 jam untuk memandikan bayi kali pertama, dibandingkan dengan bayi nan dimandikan beberapa jam berikutnya.

3. Menjaga kelembapan kulit bayi

Vernix caseosa, ialah unsur putih nan melapisi kulit bayi saat lahir, bertindak sebagai pelembap alami dan berpotensi mempunyai sifat antibakteri. 

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan, sebaiknya membiarkan lapisan vernix pada kulit bayi baru lahir untuk sementara waktu, guna membantu mencegah kulit halusnya mengering. 

Hal ini sangat krusial terutama bagi bayi prematur, lantaran kulit mereka sangat rentan terhadap cedera.

Seberapa sering bayi baru lahir perlu dimandikan?

Bayi baru lahir tidak perlu mandi setiap hari. Salah satunya lantaran bayi baru lahir tetap jarang berkeringat alias kotor, sehingga dianggap belum perlu mandi terlalu sering.

Untuk memandikan bayi baru lahir, di tahap awal Bunda dapat menggunakan waslap terlebih dulu tanpa memasukkan Si Kecil ke dalam bak berisi air.

Berikut tips kondusif memandikan bayi baru lahir:

1. Siapkan perlengkapan mandi sebelum memulai 

Siapkan baskom berisi air, waslap, handuk kering, sabun unik bayi, dan perlengkapan lain nan mungkin diperlukan sebelum memulai.

2. Baringkan bayi di permukaan nan aman

Baringkan bayi di permukaan datar nan kondusif dan nyaman, termasuk bagi Bunda. Misalnya di changing table alias di tempat tidur. Lapisi permukaan nan keras dengan selimut alias handuk lembut. 

3. Mulai di bagian wajah terlebih dahulu

Gunakan waslap untuk mengusap bagian wajah terlebih dahulu, hati-hati jangan sampai air masuk ke mata alias mulut bayi. Kemudian, celupkan waslap ke dalam baskom berisi air sebelum membasuh seluruh tubuh dan terakhir area pinggul bayi.

4. Jaga agar bayi tetap hangat

Selama mandi, sebisa mungkin tutupi tubuh bayi dengan handuk kering dan buka hanya bagian tubuhnya nan sedang dibersihkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tubuh bayi tetap hangat dan dia tidak kedinginan.

Berikan perhatian unik pada area lipatan di bawah lengan, di belakang telinga, di sekitar leher dan di area genital.

Demikian ulasan tentang argumen kenapa bayi baru lahir baru boleh dimandikan setelah 6 jam dan tips kondusif memandikannya. Ingat, gunakan sabun berbahan lembut nan memang diformulasikan unik untuk kulit sensitif Si Kecil ya, Bunda!

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(rap/rap)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda