10 Manfaat Baking Soda: Saluran Air Tersumbat Hingga Menghilangkan Bau

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Baking soda alias soda kue mungkin merupakan bahan pokok paling serbaguna di dapur. Dikenal juga dengan nama natrium bikarbonat, soda kue adalah senyawa basa nan menghasilkan gelembung mini gas karbon dioksida jika dicampur dengan masam (seperti cuka, saribuah lemon, alias buttermilk), sehingga ideal untuk membikin kue, roti, dan kue kering hingga mengembang sempurna. Tapi faedah baking soda tidak hanya sebatas itu!


Tekstur alami soda kue dan sifat kimianya nan abrasif membuatnya ideal untuk keperluan pembersihan perangkat rumah tangga, seperti menggosok wajan dan panci, menghilangkan aroma tak sedap, hingga mengangkat noda membandel.


Yuk, cari tahu faedah baking soda nan menakjubkan!

Baca juga: 10 Tanaman Pembersih Udara di Dalam Ruangan


Berbagai Manfaat Baking Soda


1. Membnuka aaluran air nan tersumbat

Saluran pembuangan sink cuci piring alias wastafel tersumbat? Mums cukup campurkan soda kue dengan cuka. Taburkan 1/2 cangkir soda kue ke saluran pembuangan dan ikuti dengan 1/2 cangkir cuka putih. Tutup saluran pembuangan dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, siram dengan air panas untuk meluruhkan kotoran nan menyumbat.


2. Membersihkan nat

Sifat abrasif alami soda kue sangat bercahaya sebagai pembersih nat. Mums bisa membikin pasta sederhana dengan mencampur soda kue dan air, lampau oleskan pada garis nat nan gelap dan gesek dengan sikat gigi.Dijamin nat di ubin alias tembok dan lantai bilik mandi kembali kinclong.


4. Merendam baju bernoda

Perawatan awal dengan soda kue adalah langkah mudah dan efektif untuk membantu menghilangkan noda membandel pada pakaian. Rendam busana dalam air panas nan dicampur soda kue selama beberapa jam alias semalaman sebelum dicuci seperti biasa. Berguna banget untuk baju-baju putih nan sudah mulai menguning,


5. Mencuci pakaian

Menggunakan deterjen saja kurang puas? Tambahkan soda kue ke dalam cucian untuk menghasilkan pengaruh deterjen nan lebih mantap. Cucian jauh lebih bersih dibandingkan hanya menggunakan deterjen. Selain itu, menambahkan soda kue ke dalam cucian dapat menghilangkan aroma pada busana dan mencerahkan baju putih.


6. Membersihkan tabung mesin cuci

Banyak sekali kegunaan soda kue untuk mencuci tidak hanya pada pakaian, soda kue juga efektif untuk membersihkan mesin cuci. Tabung meisn cuci memang kudu rutin dibersihkan, caranya dengan menjalankan mesin cuci kosong tanpa busana dan masukkan soda kue. Manfaat baking soda di awal untuk membersihkan dan menghilangkan aroma pada tabung mesin cuci.


7. Menggosok panci dan wajan

Bagian pantat wajan dan panci mulai hitam dan berkerak? Gosok dengan soda kue. Soda kue sangat bagus untuk membersihkan oven, panci, wajan, dan peralatan masak lainnya. Cukup buat pasta dengan mencampur soda kue dan air, lampau oleskan ke peralatan masak. Biarkan selama 15 hingga 30 menit di dalam peralatan masak sebelum digosok dan dicuci bersih.



8. Menghilangkan aroma sepatu

Netralkan aroma sepatu nan kurang sedap dengan menaburkan soda kue ke dalam sepatu. Ingatlah untuk mengosongkan sepatu dari soda kue sebelum memakainya kembali.


9. Menyerap aroma kulkas

Untuk menetralisir aroma di lemari es, Mums apalagi tidak perlu mengeluarkan soda kue dari kemasannya. Kebanyakan kotak soda kue dilengkapi dengan penutup berlubang. Cukup letakkan salah satunya di lemari es dan biarkan dia bekerja secara ajaib dalam menghilangkan bau.


10. Menghilangkan noda dari wadah plastik

Wadah penyimpanan makanan kerap bernoda setelah beberapa kali digunakan dengan bahan seperti saus merah, alias kunyit. Mums susah menghilangkannya hanya dengan sabun cuci piring. Isi wadah plastik dengan taburan baking soda dan air dan diamkan semalaman. Di pagi hari, bilas sampai bersih, dan wadah plastik seperti baru kembali.

Bahan nan tidak boleh dicampur dengan baking soda

Meskipun faedah baking soda sangat banyak, pastikan Mums selalu melakukannya dengan kondusif saat bersih-bersih dengan baking soda. Ingat perihal ini, jangan pernah mencampurkan baking soda kue dengan bahan-bahan berikut ini.

- Hidrogen peroksida (dalam wadah tertutup)

- Amonia

- Pemutih klorin

- Pembersih kimia

- Alkohol

- Agen pembersih lainnya


Dalam beberapa kasus, mencampurkan bahan-bahan ini dengan baking sida hanya mengurangi efektivitas soda kue. Namun dalam kasus lain, reaksi kimia rawan dapat terjadi, misalnya dapat terbentuk gas oksigen alias asap berbisa lainnya jika dicampur dengan hidrogen peroksida dalam wadah tertutup, amonia, pemutih klorin, alias pembersih kimia.


Hanya air saja nan Mums butuhkan sebagai pencampur baking soda untuk keperluan bersih-bersih dapur. Dengan begitu Mums bisa mendapatkan faedah baking soda dengan kondusif dan nyaman.

Baca juga: Trik Tidak Boros Bagi nan Punya Kebiasaan Belanja via Online


Referesi:

Marthastewart. cleaning-with-baking-soda

Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan