10 Kesalahan Orang Tua Baru Di Tahun Pertamanya, Hindari Bun!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Menjadi orang tua baru memang bukan perihal nan mudah. Karena itu, terkadang beberapa orang tua melakukan beragam kesalahan selama tahun pertama kehidupan sang anak.

Meskipun menjadi orang tua untuk pertama kalinya adalah perihal nan sangat membahagiakan serta menggembirakan, momen ini juga bisa menjadi perihal nan sangat melelahkan. Namun, Bunda dan Ayah tetap bisa belajar sembari mengasuh Si Kecil.

Setiap harinya Bunda dan Ayah kudu belajar, memahami, merespons, serta memberikan reaksi terhadap beragam situasi. Perjalanan mengasuh anak ini pun tidak luput dari kesalahan selama tahun pertama.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Kesalahan orang tua baru di tahun pertama

Melansir dari laman Parentcircle dan Times of India, ada beberapa kesalahan orang tua baru di tahun pertama kehidupan anak. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Selalu panik dan cemas

Ini merupakan salah satu dari beberapa kesalahan pertama nan dilakukan orang tua baru. Hal ini kerap terjadi terutama pada tahap bayi baru lahir.

Baik ketika anak mengalami kolik, flu biasa, alias sekedar mengganti popok, bayi baru lahir biasanya berkomunikasi dengan menangis. Hal ini pun selalu membikin Bunda merasa resah dan gugup.

Penting untuk bersikap tenang dalam situasi seperti ini ya, Bunda. Amati dan pelajari makna tangisan bayi, sehingga Bunda menjadi lebih baik di kemudian hari.

2. Stres saat menyusui

Stres nan berasosiasi dengan menyusui dapat berakibat jelek pada Bunda baru dan membikin pengalaman menjadi seorang Bunda sedikit tidak nyaman. Akan ada banyak malam tanpa tidur bagi seorang Bunda baru di tahun pertama lantaran menyusui.

Anak juga dapat diberi ASI perah agar Bunda bisa tidur siang lebih lama. Anggota family bisa memberikan support kepada Bunda dengan menjaga kebutuhan nutrisinya.

3. Kebersihan anak berasas nasihat orang tua

Pembersihan mulut, lidah, telinga, serta kuku, biasanya baru diperhatikan ketika anak berumur 2,5 tahun. Para Ayah dan Bunda nan mencoba melakukan perihal ini berasas nasihat dari orang tua berisiko membikin diri lebih stres.

4. Tidak melatih bayi untuk tidur

Banyak Bunda di India nan percaya bahwa tidak apa-apa untuk membiarkan bayi tidur di samping Bunda. Pada fase awal bayi baru lahir, perihal ini mungkin bakal membantu mengatasi ketakutan nan berangkaian dengan Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS).

Meski begitu, seiring bertambahnya usia anak, sangat krusial untuk melatih mereka tidur sendiri. Kapan memulai training adalah keputusan nan kudu diambil oleh orang tua.

5. Memaksakan toilet training

Memaksa anak untuk toilet training di tahun pertama kehidupannya adalah corak kesalahan orang tua nan lainnya. Mendorong anak menggunakan toilet di usia ini bisa membahayakan perkembangan ilmu jiwa anak.

Membandingkan anak dengan anak lainnya dalam perihal ini juga merupakan sesuatu nan buruk. Bunda perlu pahami bahwa setiap anak unik dengan caranya sendiri dan tumbuh kembangnya masing-masing.

Klik baca laman lainnya untuk memandang kesalahan lainnya ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda