Doa Minum Air Zamzam Untuk Sembuhkan Penyakit Sesuai Sunnah Dan Keutamaannya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Di kalangan kaum Muslim, air zamzam begitu terkenal. Sebab, jenis air ini dikenal begitu spesial lantaran faedah nan diberikan. Jika mau mengonsumsinya, ada referensi angan nan perlu Bunda tahu untuk menyembuhkan penyakit.

Mengutip dari kitab Khasita Air Zam-zam karya Taufiqurrohman, M. Si, air zamzam mengandung unsur anti kuman nan bisa menyembuhkan beragam macam penyakit seperti kanker, kencing batu, dan penyakit lainnya.

Sementara itu, kandungan mineral nan ada di dalam air zamzam ini diketahui sangat tinggi. Secara ilmiah, air zamzam juga telah terbukti mengandung pengobatan nan berbobot lantaran di dalamnya mengandung Kalsium, Magnesium, dan Fluoride alami nan tinggi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner 9 Kesalahan Orang Tua Didik Remaja

Bacaan angan minum air zamzam

Melansir dari laman detikcom, ketika seseorang mau minum air zamzam, disunnahkan untuk membaca angan kepada Allah. Dalam sabda nan diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ahmad dari Jabir RA disebutkan,

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

Artinya:

“Air zamzam sesuai dengan apa nan diniatkan peminumnya.” (HR. Ibnu Majah)

Oleh lantaran itu, Imam Nawawi dalam Kitab Al Adzkar mengatakan para ustadz menyarankan agar sebelum meminumnya, kita memohon ampun, kesehatan, alias mengutarakan kemauan lain kepada Allah SWT.

اللهم اني اسألك علما نَافِعًا، وَرِير قا واسعا، سأَلَكَ وشفاء من كل داء

Allaahumma innii as-aluka 'ilman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in

Artinya:

"Ya Allah sesungguhnya saya minta kepada-Mu pengetahuan nan bermanfaat, rezeki nan luas, dan kesembuhan dari tiap penyakit."

Ada juga referensi angan lain untuk minum air zamzam sembari berdiri dengan menghadap kiblat. Berikut bacaannya,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَمِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allahumma inni as'aluka 'ilman nafi'an wa rizqan wasi'an wa shifa'an min kulli da'in wa saqamin bi rahmatika ya arhamarrahimin

Artinya:

"Ya Allah! Sesungguhnya daku bermohon kepada-Mu pengetahuan nan bermanfaat, rezeki nan luas dan penawar bagi segala penyakit; Dengan Rahmat-Mu, Wahai Tuhan nan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang!"

Keutamaan dan faedah air zamzam

Berikut adalah beberapa keistimewaan dan faedah air zamzam nan bisa Bunda ketahui:

  • Disebut juga sebagai air surga (maa’ul jannah), artinya air nan penuh dengan berkah dan manfaat, seperti air surga.
  • Merupakan salah satu nikmat nan Allah berikan, terutama bagi para jemaah haji nan langsung bisa merasakan nikmatnya air di tengah-tengah padang pasir.
  • Sebagai pencuci kalbu, yakni air pencuci kalbu Nabi Muhammad SAW ketika Malaikat Jibril membasuh hati Nabi Muhammad SAW dengan air zamzam.
  • Air nan penuh berkah, karena Rasulullah sering meminumnya dan tangannya nan penuh dengan berkah dicelupkannya ke sumur zamzam.
  • Air nan mengenyangkan dan menghilangkan rasa dahaga.
  • Merupakan obat penyakit, air penyembuh penyakit baik jiwa maupun jasmani. Rasulullah menyebutnya, ‘mengobati penyakit’ dalam beberapa kisah dan riwayat nan membuktikan kebenaran sabda tersebut.

Tata langkah minum air zamzam nan tepat

Tahukah Bunda? Ada beberapa langkah nan perlu dilakukan ketika mau minum air zamzam, berikut di antaranya:

  • Membaca basmalah sebelum meminumnya.
  • Tidak meminumnya dalam satu tegukan.
  • Mendoakan dan memohon rencana sebelum meminumnya.

Nah, itulah beberapa referensi doa, keutamaan, hingga tata langkah minum air zamzam nan perlu diketahui. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

(asa/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda