Normalkah Anak Usia 4 Tahun Berteriak Terus-menurus? Ini Kata Psikolog

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Anak nan berumur 4 tahun sudah mempunyai beragam perkembangan nan luar biasa, termasuk dalam perihal berkomunikasi. Namun, normalkah anak berumur 4 tahun berteriak secara terus menerus?

Anak berumur 4 tahun umumnya sudah mempunyai keahlian berbincang nan baik. Mereka bisa menyebut nama dan umurnya serta menjawab pertanyaan sederhana.

Tidak hanya itu, umumnya anak usia 4 tahun dapat berbincang dalam kalimat nan terdiri dari 5 sampai 6 kata. Mereka juga fasih dalam mengucapkan 250 hingga 500 kata.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Meski begitu, beberapa anak usia 4 tahun mungkin tetap suka berteriak secara terus menerus ketika berbicara. Lantas, normalkah perihal ini?

Anak 4 tahun berteriak terus menerus menurut psikolog

Psikolog Anak dan Remaja, Mutia Aprilia, turut menjelaskan tentang perihal ini, Bunda. Menurut Mutia, semestinya anak usia 4 tahun sudah mulai bisa mengontrol perilakunya sehingga intensitas berteriaknya pun berkurang.

"Sebetulnya, harusnya sih sudah sangat berkurang ya perilaku berteriak-teriak ini. Apalagi jika misalnya dia lagi di situasi lagi belajar gitu di kelas, itu semestinya sudah sangat-sangat minim," ungkapnya kala ditemui di area Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2024).

Tidak hanya itu, Psikolog Mutia juga menyebut bahwa anak nan suka berteriak di usia 4 tahun perlu diselidiki lebih lanjut tentang penyebabnya. Bisa saja kebiasaan berteriak ini datang dari latar belakang family maupun masalah lainnya.

"Ya jika misalnya tetap (berteriak), itu kayaknya perlu diselidiki lebih lanjut, nih, ada apa nan bikin dia berteriak-teriak seperti itu. Jadi harusnya sudah ada patokan gitu, ya. Tapi, apakah memang adatnya alias kebiasaan di rumahnya memang omongan berteriak-teriak alias bagaimana? Nah, ini kudu dipastikan terlebih dahulu," jelas psikolog nan berpraktik di Bintaro dan BSD ini.

"Jadi berjuntai sama latar belakang keluarga, terus sama masalah apa gitu alias ada kejadian apa nan bikin dia berteriak-teriak," lanjutnya.

Lantas, gimana langkah mendidik anak usia 4 tahun agar bisa berperilaku lebih baik ya, Bunda? Simak selengkapnya pada laman berikutnya, yuk.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda