5 Manfaat Ayah Turut Mengasuh Anak Perempuan, Bagus Untuk Masa Depan Si Kecil

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Mengasuh anak bukan hanya peran dan tanggung jawab seorang Bunda. Meski bertanggung jawab mencari nafkah, Ayah juga wajib terlibat dalam pola pengasuhan Si Kecil.

Terlebih dalam mendidik anak wanita nan sangat dipengaruhi oleh langkah asuh sang ayah. Ayah sangat berkedudukan krusial bagi tumbuh dan kembang anak perempuan, nan membuatnya tumbuh dengan lebih maksimal baik secara biologis maupun psikologis.

Psikolog Anak dan Remaja, Mutia Aprilia, menegaskan bahwa kebutuhan dasar nan kudu dimiliki oleh anak adalah psikologis dan biologis. Ketika dua kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka kebutuhan lainnya pun tidak bakal didapatkan anak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Kebutuhan dasar anak sebagai manusia ialah kebutuhan biologis dan psikologis. Jika keduanya tidak terpenuhi, maka kebutuhan lain seperti rasa aman, kasih sayang, esteem, dan aktualisasi diri tidak bakal terpenuhi," ungkapnya dalam aktivitas Media Talk KemenPPPA: RUU KIA pada Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan Dorong Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak, Selasa (23/4/2024).

Manfaat Ayah mengasuh anak perempuan

Dalam kesempatan nan sama, Mutia mengungkap bahwa anak bakal lebih diuntungkan ketika diasuh oleh kedua orang tuanya, termasuk Ayah. Berikut ini Bubun bagikan deretan manfaatnya:

1. Anak lebih percaya diri

Mutia menjelaskan, ketika Ayah lebih aktif dalam mengasuh anak, mereka bakal tumbuh menjadi anak nan percaya diri, Bunda. Hal ini apalagi sudah diakui oleh beragam penelitian.

"Kalau anak dengan Ayah nan lebih aktif terlibat itu sebetulnya dia bakal terlihat menjadi anak nan lebih percaya diri," jelasnya.

"Ini bukan menurut saya saja, tapi ini berasas hasil beragam penelitian dari tahun 1990-an," tambah Mutia.

2. Komunikasi lebih baik

Tidak hanya itu, Mutia juga mengungkapkan bahwa penelitian tersebut menemukan bahwa Ayah nan berkedudukan dalam pengasuhan anak membikin Si Kecil mempunyai komunikasi nan lebih baik.

"Peneliti sepakat bahwa kelak anak nan ayahnya terlibat dalam pengasuhan itu anaknya jadi lebih percaya diri, keahlian berkomunikasi dan sosialisasinya juga lebih baik," ungkap psikolog nan berpraktik di BSD dan Bintaro ini.

Klik baca laman berikutnya untuk memandang deretan faedah lainnya ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda