Imigrasi Umumkan Desain Paspor Indonesia Terbaru Pada Agustus 2024, Simak Faktanya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Paspor adalah arsip perjalanan nan dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara kepada penduduk negaranya nan memverifikasi identitas dan kebangsaan pemegangnya untuk tujuan perjalanan internasional.

Ini datang dalam corak kitab mini nan biasanya berisi nama pemilik, tempat dan tanggal lahir, tanggal penerbitan, tanggal kadaluarsa, nomor paspor, foto, dan tanda tangan. Ada beberapa jenis paspor tergantung pada status pemilik di negara asalnya.

Dalam perihal ini, paspor milik Warga Negara Indonesia (WNI) umumnya diketahui berwarna hijau. Akan tetapi, belum lama ini pihak Imigrasi Indonesia mengungkap bakal meluncurkan kreasi paspor nan baru, Bunda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner 9 Kesalahan Orang Tua Didik Remaja

Tidak lagi hijau, imigrasi bakal ubah kreasi dan warna paspor RI

Meski paspor Republik Indonesia (RI) sudah identik dengan warna hijau, warnanya bakal diganti dalam waktu dekat. Perubahan paspor ini diketahui bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, ialah 17 Agustus 2024.

Meski dikabarkan bakal berubah warna, Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim, belum mengungkap warna terbarunya.

Alasan imigrasi buat paspor baru Indonesia

Desain paspor RI nan baru ini nantinya bakal mempunyai level keamanan nan lebih tinggi dari duit kertas Indonesia, Bunda. Selain itu, argumen perubahan warna paspor tersebut juga lantaran mau disesuaikan dengan warna unik Indonesia.

“Yang jelas ubah desain, selain kaitan peningkatan security, juga menggunakan warna unik Indonesia,” ujar Silmy, dikutip dari laman CNN Indonesia, Jumat (19/4/2024).

Ditjen Kemenhukam baru bakal menerbitkan paspor RI dengan kreasi dan warna baru itu setahun kemudian, tepatnya pada 17 Agustus 2025

Desain paspor Indonesia terbaru bakal diluncurkan 17 Agustus 2024

Paspor baru ini nantinya bakal menggunakan tinta UV dan tinta intaglio, kertas, pita pengamanan, tanda air, dan teknologi hologram. Selain itu, ditambahkan juga chip elektronik nan memuat info biometrik.

Paspor RI sendiri saat ini diketahui mempunyai 48 laman dan bertindak untuk 10 tahun. Ada tiga jenis paspor nan dikeluarkan Imigrasi Indonesia di antaranya, paspor biasa berwarna hijau tosca, paspor dinas berwarna biru, dan paspor diplomatik berwarna hitam.

Keuntungan paspor untuk berjalan ke luar negeri

Bunda dan family sudah mempunyai paspor? Berikut adalah sejumlah faedah membikin paspor nan bisa Bunda ketahui:

1. Tanda pengenal resmi nan dikeluarkan

Paspor tidak hanya merupakan bukti tanda pengenal nan sah, namun juga diakui di seluruh dunia. Tentu saja, ini juga bakal berfaedah sebagai persediaan jika kartu identitas seperti KTP alias SIM Bunda hilang.

2. Bebas visa bagi para pemegang paspor Indonesia

Sejumlah negara menetapkan bebas visa untuk para pemegang paspor Indonesia. Visa adalah arsip alias keterangan persetujuan kehadiran bagi orang asing nan diberikan oleh Kedutaan Besar negara nan dituju, sehingga andaikan WNI mau berjalan ke luar negeri, maka diwajibkan mempunyai visa negara tersebut terlebih dahulu.

Melansir dari laman CNBC Indonesia, diketahui ada 79 negara nan menetapkan bebas visa untuk paspor Indonesia, Bunda.

3. Bisa belajar ke luar negeri

Keuntungan lain nan bisa Bunda dapatkan adalah kesempatan untuk belajar di luar negeri. Belajar di luar negeri tidak hanya memperkuat dan mengembangkan karakter, namun juga menyiapkan seseorang dengan jaringan internasional untuk semua upaya masa depan.

Nah, itulah beberapa perihal nan bisa Bunda ketahui mengenai perubahan paspor baru Indonesia. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

(asa/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda