7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Melahirkan si mini ke bumi tentu membikin Mums merasa bahagia, tetapi Mums juga pasti mempunyai begitu banyak keraguan dan pertanyaan tentang langkah merawat bayi. Seperti apa nan boleh dan tidak boleh dilakukan. Ada memang perihal nan tidak boleh dilakukan pada bayi dan Mums perlu tahu.



Bayi nan baru lahir tetap rentan dan memerlukan banyak cinta serta perhatian dan hanya berjuntai pada orangtuanya. Tanggung jawab menjadi orangtua memang berat, karenanya Mums kudu terus belajar untuk tahu perihal nan tidak boleh dilakukan pada bayi dan kemudian

Baca juga: Bolehkah Bayi Mandi saat Demam? Ini Aturannya!

7 Hal nan Tidak Boleh Dilakukan pada Bayi

Berikut adalah hal-hal nan tidak boleh dilakukan pada bayi lantaran dikhawatirkan bisa berakibat fatal.

1. Jangan berikan air putih pada bayi nan berumur di bawah 6 bulan

Selama 6 bulan pertama, bayi tidak memerlukan air lantaran kebutuhan nutrisinya hanya diperoleh dari ASI. Selain itu, sistem pencernaan bayi belum cukup kuat untuk memproses cairan sebanyak itu.

2. Jangan berikan makanan padat sebelum 6 bulan

Memperkenalkan makanan alias cairan selain ASI kepada bayi sebelum mereka berumur 6 bulan dapat meningkatkan akibat penyakit, seperti diare, nan dapat membikin mereka kurus, lemah, apalagi menakut-nakuti jiwa. Memberi makanan padat pada bayi di bawah 6 bulan juga menyebabkan mereka jadi lebih jarang menyusu, nan membikin persediaan ASI berkurang.


Padahal, ASI adalah makanan terpenting untuk bayi. ASI menjadi makanan teraman dan tersehat untuk 6 bulan pertama kehidupan semua anak di mana pun.

3. Jangan memberikan stimulasi berlebihan pada bayi

Bayi perlu mendapatkan stimulasi secara konsisten untuk membantunya belajar mengenai bumi dan mencapai tonggak perkembangan normal. Perawatan bayi juga melibatkan banyak waktu bermain.Tapi, jangan terlalu antusias hingga membujuk si mini melakukan banyak perihal sekaligus. Pasalnya, ini bisa membikin bayi mengalami overstimulasi dan menjadi rewel.

4. Jangan membiarkan bayi menangis

Menangis merupakan langkah komunikasi bayi. Jika buah hati Mums menangis, jangan dibiarkan saja ya Mums. Sebab, bisa jadi dia sedang merasa tidak nyaman alias ada sesuatu nan salah dengan dirinya.

Segera hampiri si mini dan lihat sekitarnya. Apakah ada serangga nan menggigit tubuh si kecil. Tengok juga popoknya. Selanjutnya, timang-timang sejenak si mini hingga dia menjadi lebih tenang dan berakhir menangis.

Tangan mungkin terlihat bersih, tetapi sebenarnya menyimpan kuman dari bumi luar. Pikirkan semua barang nan Mums sentuh sejak terakhir kali mencuci tangan, lampau bayangkan menularkan semua potensi kuman tersebut kepada bayi nan belum mengembangkan sistem kekebalan tubuh nan kuat.

Jadi, pastikan Mums mencuci tangan sebelum menyentuh dan menggendong bayi. Juga, minta semua orang nan bakal berjamu ke rumah untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki rumah, ya, Mums.

6. Jangan merokok di dekat bayi

Tidak merokok di dekat bayi sebenarnya belum cukup. Jika ada orang nan merokok di luar rumah, lampau masuk ke rumah dan menggendong bayi, maka asap rokok dan bahan lain nan menempel pada busana dan rambut bisa berakibat jelek bagi kesehatan bayi. Jadi, orangtua kudu mengambil tindakan agar si mini tidak menjadi perokok pasif.

Pastikan semua orang nan menjenguk bayi Mums mengenakan busana nan segar dan bersih. Juga, jangan ada merokok sebelum alias selama kunjungan, apalagi di luar ruangan.

7. Jangan membangunkan bayi tanpa alasan

Tidak kenapa membangunkan bayi nan tidur terlalu lama dengan tujuan menyusuinya. Namun, jangan sampai si mini nan sedang tidur nyenyak dibangunkan hanya lantaran Mums mau memandang matanya nan bulat.

Bayi baru lahir memerlukan tidur selama 18 jam sehari, dan tidur ini sangat krusial untuk tumbuh kembangnya. Bukan hanya itu, Mums nan baru melahirkan juga biasanya kurang tidur lantaran sibuk mengurus bayi. Jadi, manfaatkan momen tidur si mini untuk ikutan tidur juga.

Sekarang, Mums sudah tahu perihal nan tidak boleh dilakukan pada bayi. Jika ada perihal lain nan membikin Mums bingung, jangan ragu untuk menanyakannya pada master anak.

Baca juga: Telur untuk MPASI, Murah dan Bergizi Tinggi

Sumber:

Healthshots. 5-things-you-should-not-do-to-a-newborn-baby

Todaysparent. Things-you-shouldnt-do-when-visiting-a-newborn

Bellybelly. Things-to-avoid-when-visiting-a-newborn-baby

Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan