10 Cara Menghilangkan Kulit Wajah Belang Akibat Sinar Matahari

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Aktivitas outdoor yang intens membikin kulit terpapar sinar mentari secara terus-menerus. Ini bisa membikin kulit menggelap signifikan terutama di bagian nan terekspos seperti wajah hingga mengakibatkan kulit wajah belang. 

Selain menimbulkan rasa perih, tentu ini juga dapat mengganggu penampilan. Segera terapkan pertolongan pertama dan lakukan langkah menghilangkan kulit wajah belang akibat paparan sinar matahari.

Kulit wajah belang akibat sinar mentari dapat diatasi dengan sejumlah perawatannya. Perawatan kulit belang apalagi dapat dilakukan di rumah lho, Bunda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner Membuat Bayi Cerdas

Selain itu, pada area wajah nan belang cukup parah dan mau hasil instan, Bunda juga dapat mengunjungi klinik kecantikan untuk melakukan sejumlah treatment, Penasaran apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Sinar Matahari Bikin Kulit Belang

Melansir dari Medical News Today, mentari memancarkan radiasi ultraviolet (UV) nan merangsang produksi sel kulit nan disebut melanosit. Melanosit menghasilkan unsur nan disebut melanin, nan memberi warna pada kulit. Inilah mengapa, bagian kulit nan terpapar sinar mentari langsung condong lebih gelap dari wilayah kulit lainnya, Bunda.

Saat Bunda berada di bawah sinar mentari dengan lama cukup lama, produksi melanin bakal meningkat. Hal ini menimbulkan belang pada beberapa area kulit wajah. Daerah wajah belang nan lebih gelap disebut hiperpigmentasi, sedangkan wilayah wajah belang nan lebih terang disebut hipopigmentasi.

5 Cara Menghilangkan Wajah Belang Akibat Sinar Matahari secara Alami

Melansir dari Healthline, terdapat 5 langkah untuk menghilangkan wajah belang akibat sinar mentari secara alami nan dapat Bunda lakukan di rumah, di antaranya.

1. Lidah buaya

Tahukah Bunda bahwa lidah buaya dapat menghilangkan belang wajah secara optimal? Penelitian menemukan bahwa aloesin dan aloin merupakan senyawa aktif nan terdapat pada tanaman lidah buaya, senyawa ini dapat mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan belang. Bunda dapat menggunakan produk skincare yang mengandung lidah buaya alias membikin masker wajah lidah buaya di rumah. 

2. Vitamin C

Vitamin C mengandung antioksidan alami nan mempunyai beberapa faedah untuk kulit. Asam L-askorbat topikal nan terdapat pada vitamin C, dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, meningkatkan produksi kolagen, dan terbukti efektif dalam mencerahkan warna kulit.

Bunda dapat mengonsumsi sayur dan buah nan kaya bakal vitamin C, membikin masker wajah dari sayur dan buah nan mengandung vitamin C, alias memilih produk skincare dengan kandungan vitamin C.

3. Vitamin E 

Selain vitamin C, vitamin E juga efektif menghilangkan belang pada wajah loh, Bunda. Mengonsumsi makanan nan kaya bakal vitamin E dan meminum suplemen vitamin E dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Vitamin E memberikan perlindungan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, terutama jika dikonsumsi berbarengan dengan vitamin C. Mengoleskan skincare yang mengandung vitamin E memberikan lebih banyak faedah bagi kulit terhadap kerusakan akibat sinar mentari dan dapat membantu menghilangkan belang wajah.

4. Cuka sari apel

Asam asetat, nan ditemukan dalam cuka sari apel, dapat membantu mencerahkan pigmentasi kulit dan memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

Bunda dapat mengaplikasikan cuka sari apel sebagai masker wajah, maupun mengonsumsi cairan ini. Selain itu, Bunda juga dapat mencari skincare dengan kandungan cuka sari apel alias masam asetat ya, Bun.

5. Susu dan buttermilk

Susu dan buttermilk kaya bakal masam laktat. Kandungan ini dapat menghilangkan belang pada wajah akibat paparan sinar matahari. Asam laktat terbukti efektif dalam mencerahkan warna kulit dan menghilangkan hiperpigmentasi. Bunda dapat mengaplikasikan masker alami dengan dua kandungan bahan ini. Selain itu, pilihlah skincare dengan kandungan masam laktat ya, Bun.

5 Cara Menghilangkan Wajah Belang Akibat Sinar Matahari secara Medis

Selain dengan langkah alami nan dapat Bunda lakukan sendiri di rumah, Bunda juga dapat mengunjungi klinik kecantikan untuk hasil nan optimal dan instan. Melansir dari Healthline, berikut perawatan kecantikan untuk menghilangkan wajah belang nan dapat Bunda lakukan.

1. Pelapisan ulang laser 

Bunda dapat mengunjungi klinik kecantikan dan meminta treatment laser resurfacing alias pelapisan ulang laser. Selama treatment, perangkat digunakan untuk menyalurkan sinar laser nan menghilangkan lapisan demi lapisan kulit nan rusak akibat sinar matahari. Kulit baru kemudian bakal tumbuh menggantikannya. 

Pelapisan ulang laser pada wajah menyantap waktu mulai dari 30 menit hingga dua jam tergantung pada luas area belang pada wajah. Penyembuhan setelah treatment biasanya menyantap waktu antara 10 hingga 21 hari.

2. Intense pulse light (IPL)

IPL menggunakan gelombang daya sinar untuk menargetkan belang akibat sinar mentari pada kulit. Treatment ini dilakukan dengan memanaskan dan menghancurkan melanin, sehingga menghilangkan hiperpigmentasi pada wajah. 

Sesi IPL biasanya menyantap waktu kurang dari 30 menit dan tidak menimbulkan rasa sakit. Jumlah sesi nan dibutuhkan bervariasi pada setiap orang. Selain itu juga dipengaruhi oleh seberapa parah belang pada wajah, Bunda.

3. Krioterapi

Krioterapi menghilangkan belang dan lesi kulit lainnya dengan membekukannya menggunakan larutan nitrogen cair. Nitrous oksida (pengganti nitrogen cair) digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi nan dangkal, seperti belang akibat sinar matahari, lantaran tidak terlalu garang dan mini kemungkinannya menyebabkan melepuh. 

Krioterapi hanya memerlukan waktu beberapa menit dan umumnya minim rasa sakit sehingga banyak Bunda nan menoleransi treatment ini dengan baik.

4. Pengelupasan kimia alias chemical peels

Bunda dapat menghilangkan belang dengan melakukan chemical peels di klinik kecantikan terpercaya. Prosedur ini melibatkan pengolesan larutan masam pada kulit, nan mengelupaskan area wajah belang akibat sinar matahari. Pengelupasan ini memberi jalan bagi kulit baru untuk regenerasi. 

Pengelupasan kimiawi dapat menimbulkan rasa sakit dan sensasi terbakar nan berjalan selama beberapa menit, namun perihal ini dapat diatasi dengan kompres dingin dan obat pereda nyeri. Umumnya setelah treatment ini, klinik kecantikan bakal mengaplikasikan masker penenang pada kulit wajah Bunda.

5. Mikrodermabrasi 

Treatment terakhir nan menjadi favorit banyak Bunda untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit adalah mikrodermabrasi. Treatment mikrodermabrasi melibatkan pengangkatan lapisan terluar kulit secara perlahan menggunakan aplikator unik dengan ujung abrasif, diikuti dengan penyedotan untuk mengangkat kulit mati. 

Mikrodermabrasi biasanya memerlukan waktu sekitar satu jam. Meski mengangkat lapisan terluar kulit, treatment ini tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak memerlukan anestesi. Setelah treatment, kulit berwarna merah muda dan terasa kencang, namun kondisi ini hanya berkarakter sementara. Kulit Bunda bakal cerah dan sangat lembut ketika proses pengobatan selesai.

Bunda, itulah 10 langkah menghilangkan kulit wajah belang akibat sinar matahari, baik secara alami maupun dengan support medis profesional. Semoga belang wajah Bunda segera lenyap ya, Bunda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fia/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda