10 Minuman Diet Alami Untuk Turunkan Berat Badan Tanpa Tersiksa, Mudah Bisa Dibuat Sendiri

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Pernahkah Bunda berguman kenapa minuman diet rasanya tidak lezat dan meminumnya sangat menyiksa? Ya, beberapa 'minuman diet' memang terasa seperti itu. Tapi jangan khawatir, Bunda. Terdapat banyak minuman diet alami lainnya nan efektif menurunkan berat badan tanpa tersiksa.

Selain lezat, minuman ini juga mudah dibuat di rumah dan Bunda dapat mengonsumsinya kapan saja.

Jika berbincang soal minuman diet alami terbaik, maka air putih adalah jawabannya. Air putih tidak mengandung kalori dan dapat membikin Bunda tetap terhidrasi. Namun, terkadang air putih cukup membosankan untuk diminum ya, Bunda?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner Tanda ASI Berkualitas

Bunda dapat menurunkan berat badan dengan minuman diet alami lainnya. Kunci utama minuman diet adalah hindari minuman manis berkalori tinggi seperti soda dan saribuah buah.

Meskipun tidak ada minuman penurun berat badan nan ajaib, minuman tertentu dapat membikin Bunda kenyang lebih lama, sehingga mencegah Bunda mengonsumsi kalori berlebih sepanjang hari. Simak rekomendasi minuman diet berikut ini.

Daftar Minuman Diet Alam untuk Turunkan Berat Badan nan Mudah Dibuat Sendiri


Melansir dari Bussiness Insider, berikut 10 minuman diet alami nan efektif menurunkan berat badan tanpa tersiksa dan mudah dibuat di rumah.

1. Air putih

Air putih adalah salah satu pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Ahli Nutrisi Bersertifikat dari Option Care Health, Kristin Gillespie RD, menjelaskan faedah air putih sebagai minuman diet. Tidak hanya bebas kalori, air putih juga membikin Bunda kenyang sehingga tidak makan berlebihan.

Faktanya, penelitian tahun 2019 menemukan bahwa peningkatan asupan air dikaitkan dengan rata-rata penurunan berat badan sebesar 5,15%. Jadi, misalnya, jika berat badan Bunda 150 pon, Bunda dapat kehilangan sekitar 7,7 pon lantaran mengonsumsi air putih.

Ahli nutrisi menyarankan Bunda untuk minum air putih setidaknya separuh berat badan (dalam ons) setiap hari. Jadi, jika berat badan Bunda 150 pon, Bunda kudu minum putih setidaknya 75 ons alias sekitar 2,2 liter air putih setiap hari.

2. Teh hijau

Teh hijau adalah sumber antioksidan nan bagus bagi tubuh. Minuman ini mengandung katekin dan kafein, dua senyawa nan dapat meningkatkan metabolisme. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kafein pada teh hijau bisa membakar lemak dan meningkatkan jumlah kalori nan Bunda bakar saat istirahat. 

Sebuah penelitian pada tahun 2005 terhadap subjek nan kelebihan berat badan dan obesitas menemukan bahwa mengonsumsi campuran teh hijau dengan 150 miligram kafein selama tiga bulan dikaitkan dengan lebih banyak penurunan berat badan dan penurunan lemak, serta penurunan lingkar pinggang nan lebih signifikan.

3. Teh hitam

Seperti teh hijau,teh hitam kaya bakal antioksidan, khususnya polifenol. Kandungan ini dapat mengurangi akibat obesitas. Penelitian tahun 2018 menemukan bahwa polifenol dalam teh mengurangi seberapa banyak tubuh menyerap lemak dan gula, sehingga mengurangi asupan kalori dan mendorong penurunan berat badan.

Selain itu, sebuah penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan, dapat mengurangi akibat mengalami penambahan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang sekitar 2 sentimeter.

4. Kefir

Kefir adalah minuman susu fermentasi nan mengandung hingga 61 jenis probiotik nan menyehatkan usus. CEO Nutrition Rewired, Erin Kenney, menjelaskan bahwa probiotik dapat menurunkan berat badan.

“Probiotik telah terbukti mengurangi berat badan dan lemak perut lantaran perannya dalam resistensi insulin , peradangan, dan penyimpanan lemak,” kata Kenney.

Sebuah penelitian pada tahun 2016 menemukan bahwa wanita kelebihan berat badan dan obesitas nan menjalani diet kaya produk susu dan tidak membatasi kalori nan meminum dua porsi minuman kefir setiap hari selama delapan minggu mengalami penurunan berat badan, BMI, dan lingkar pinggang nan jauh lebih besar dibandingkan mereka nan tidak tidak mengkonsumsi kefir.

5. Protein shake

Bubuk protein seperti protein whey, protein kedelai, protein putih telur, protein kasein, dan protein kacang polong telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Hal ini lantaran protein dalam protein shake membikin Bunda merasa kenyang lebih lama dan juga membikin Bunda memerlukan lebih banyak daya untuk dicerna tubuh. Hal ini menyebabkan Bunda membakar lebih banyak kalori. 

Penelitian tahun 2014 menemukan bahwa mencerna protein dapat meningkatkan jumlah kalori nan dibakar tubuh saat rehat sebesar 15% hingga 30%, sedangkan karbohidrat dan lemak hanya menyebabkan peningkatan 3% hingga 10%. 

Ini dapat membantu menjelaskan kenapa diet tinggi protein membakar lebih banyak kalori beberapa jam setelah makan dibandingkan dengan diet lainnya. Ahli nutrisi merekomendasikan Bunda untuk mengonsumsi 20 gram protein per shake setiap harinya.

6. Kopi hitam

Kabar baik bagi Bunda nan suka meminum kopi lantaran kopi hitam tanpa campuran gula dapat menurunkan berat badan. Minum kopi terbukti menurunkan nafsu makan dan menurunkan asupan kalori sepanjang hari. Selain itu kopi juga bisa meningkatkan jumlah kalori nan dibakar saat Bunda istirahat.

Sebuah penelitian pada tahun 2020 menemukan bahwa minum empat cangkir kopi sehari selama 24 minggu dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh sebesar 4% pada orang dewasa nan kelebihan berat badan.

7. Cuka sari apel

Asam asetat, bahan aktif dalam cuka sari apel, terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan. Selain itu, cuka sari apel dapat memperlambat laju pengosongan makanan dari perut, sehingga membikin Bunda merasa kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian pada tahun 2009 meneliti orang dewasa Jepang nan mengalami obesitas. Ilmuwan menemukan bahwa mengonsumsi 2 sendok makan cuka sari apel nan dicampur dengan minuman setiap hari menyebabkan penurunan rata-rata 3,7 pon, penurunan lemak tubuh sebesar 0,9%, dan berkurangnya lingkar pinggang sebanyak 0,75 inci selama 12 minggu. 

Bunda dapat membikin minuman ini dengan  mencampurkan 1 hingga 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam 1 gelas air. Minum setiap hari untuk merasakan manfaatnya ya, Bunda. 

8. Jus sayur

Meskipun mengonsumsi sayuran secara langsung lebih berfaedah lantaran kandungan seratnya nan lebih tinggi, saribuah sayuran dapat berfaedah untuk menurunkan berat badan, Bun.

Penelitian pada tahun 2010 menemukan bahwa orang dengan sindrom metabolik nan meminum satu alias lebih porsi saribuah sayuran rendah sodium saat menjalani diet terbatas kalori mengalami penurunan berat badan secara signifikan, dibandingkan mereka nan tidak meminumnya selama periode 12 minggu. Peserta juga menjalani diet kalori terbatas.  

Jus sayur dapat memicu penurunan leptin. Leptin merupakan hormon nan dilepaskan oleh sel-sel lemak nan berangkaian dengan obesitas ketika kadarnya terlalu tinggi dalam darah.

9. Air kelapa

Air kelapa adalah minuman lezat rendah kalori dan rendah karbohidrat nan dapat ditambahkan dalam daftar minuman diet Bunda. Minuman ini penuh dengan vitamin dan mineral seperti vitamin C dan mangan nan sangat baik untuk menutrisi tubuh saat berolahraga. Berkat elektrolit, seperti potasium, natrium, dan magnesium, dapat kelapa, membikin Bunda tetap terhidrasi dan merasa segar.

Lebih unik lagi, potasium membantu menghilangkan natrium ekstra dari tubuh, Bun. Air kelapa dapat membantu mengurangi berat air dan dapat mendukung program diet Bunda. Pastikan Bunda meminum air kelapa alami nan tidak mengandung tambahan gula alias natrium ya.

10. Susu kacang

Susu kacang termasuk susu kedelai, susu almond dan susu kacang mete dapat menjadi minuman diet nan lezat dan menyehatkan. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kacang merupakan pengganti rendah kalori nan dapat membantu menurunkan berat badan. Bunda dapat mengganti susu dalam sereal alias kopi dengan susu kacang nan menyehatkan.

Susu kacang mempunyai nutrisi penting, seperti kalsium, dan juga diperkaya dengan vitamin lain. Jenis susu ini juga ditambah dengan air, sehingga membantu Bunda tetap terhidrasi, nan sangat bagus dalam mendukung penurunan berat badan nan sehat. Pastikan Bunda mengonsumsi susu kacang tanpa pemanis untuk menghindari tambahan gula dan kalori.

Bunda, itulah 10 minuman diet alami untuk menurunkan berat badan tanpa tersiksa. Sangat mudah dibuat dan rasanya enak, bukan? Selamat mencoba ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fia/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda