Kisah Sukses Pendiri Mustika Ratu Mooryati Soedibyo Yang Meninggal Di Usia 96 Tahun, Berawal Dari Garasi Rumah

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Kabar duka datang dari bumi upaya kosmetik Tanah Air. Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo, meninggal bumi pada Rabu (24/4/2024) awal hari.

Kabar ini disampaikan oleh Corporate PR & Promotion Manager Mustika Ratu, Mega Angkasa. Dalam pesan tertulis diketahui bahwa Mooryati mengembuskan napas terakhir di usia 96 tahun, Bunda.

"Telah meninggal bumi dalam kedamaian Ibu DR Hj. BRA Mooryati Soedibyo pada hari Rabu jam 1.00 WIB awal hari tanggal 24 April 2024 pada usia 96 tahun," tulis pesan nan disampaikan Mega, dikutip dari CNN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Apabila almarhumah mempunyai kesalahan dan kekhilafan, baik tutur kata, perilaku semasa hidupnya, minta dimaafkan dan semoga khusnul khotimah. Amin."

Rencananya, jenazah bakal disemayamkan di rumah duka di area Menteng, Jakarta Pusat. Jenazah lampau dibawa ke Tapos, Bogor, untuk dimakamkan usai Zuhur.

Kisah sukses Mooryati Soedibyo mendirikan Mustika Ratu

Siapa tak kenal Mustika Ratu? Berdiri tahun 1978, Mustika Ratu tak hanya menjelma menjadi produsen kosmetik terbesar di Tanah Air, tapi juga pelopor sekaligus pelestari budaya perawatan kecantikan Indonesia.

Mooryati Soedibyo mendirikan Mustika Ratu pada tahun 1973. Perempuan kelahiran 1928 ini memulai usahanya dari rumah dengan modal Rp25.000.

"Di tahun 1973, saya memulai upaya tersebut di kandang mobil rumah berbareng dua orang pembantu rumah tangga, nan saya pimpin sendiri dengan modal Rp 25.000," kata Mooryati, dilansir detikcom.

Mooryati memulai produksi pertama usahanya secara manual dengan peralatan nan sangat sederhana, seperti pipisan dan lumpang batu. Kala itu, dia membikin ramuan pertama kunyit masam nan merupakan hasil raikan dari masam jawa, gula jawa, dan cengkeh.

Namun lantaran hasilnya kurang memuaskan konsumen, dia pun beranjak menggunakan mesin nan dapat memproduksi pil (ramuan) secara cepat. Mesin tersebut dibeli dari Taiwan dengan nilai nan terjangkau.

Seiring berjalannya waktu, bisnisnya berkembang. Ia mulai mempunyai 25 orang pegawai, lampau berkembang menjadi 50 orang pegawai nan tinggal di rumah.

Di tahun 1976, Mooryati membuka salon berjulukan Pusat Perawatan Kecantikan Tradisional di Jalan Wahid Hasyim 133, nan diklaim sebagai salon perawatan tradisional pertama di Indonesia. Selain menggunakan produk-produk modern, salon ini menyediakan perawatan kecantikan menggunakan lulur, mangir, bedak angin, rempah-rempah, serta pijat dengan minyak cendana dan minyak zaitun.

"Perawatannya pun menggunakan jamu-jamuan nan belum pernah dilayani di suatu salon kecantikan. Dengan demikian, para mahir salon kecantikan, tidak hanya menggunakan produk-produk perawatan dari luar negeri, tetapi mulai menggunakan jamu-jamuan di salon masing-masing," ujar Mooryati.

Pada tahun 1981, Mooryati kembali mengembangkan bisnisnya dengan mendirikan pabrik pertama nan diresmikan oleh Menteri Kesehatan saat itu, Dr. Soewarjono Surjaningrat. Ia diketahui sempat mengambil angsuran dari Bank Dagang Negara sebesar 100 juta Rupiah lantaran terkendala dana, Bunda.

Sejak bisnisnya berkembang, Mooryati mulai melengkapi struktur organisasi perusahaan. Ia membentuk pemimpin-pemimpin baru nan strategis, seperti ketua produksi, penelitian dan pengembangan (R&D), distribusi, finansial dan pemasaran.

Filosofi Mustika Ratu

Berdirinya pabrik di tahun 1981 menandai lahirnya 'Mustika Ratu'. Nama 'Mustika Ratu' terinspirasi dari filosofi Jawa nan berbunyi,

"Trahing kusumo rembesing madu, Turuning Sinatrio, Tedake wong amorotopo, Mustika ning Ratu, dan Mangayu Hayuning bawono."

Bila diterjemahkan, maka artinya keturunan ksatria nan tersaring ketat, nan berperilaku penuh prihatin dan kesadaran, terlahirlah peninggalan berbobot raja.

Filosofi tersebut lantas digunakan dalam menjalankan perusahaan, Bunda. Filosifi dapat berfaedah memberikan buah pikiran dan hasil kerja nan berasal dari peninggalan tradisi leluhur nan berasal dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Dalam perjalanannya, Mustika Ratu telah melahirkan sejumlah brand ternama nan dikenal masyarakat. Selain membikin produk kosmetik dan jamu, Mustika Ratu juga memproduksi bermacam minuman kesehatan.

Mooryati Soedibyo menjadi salah satu inspiring woman di Indonesia. Lantas, seperti apa kehidupan Mooryati dan apa rahasia suksesnya mendirikan Mustika Ratu?

Selengkapnya dapat dibaca di laman berikutnya ya.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda