Jus Buah Naga Bagus Untuk Promil, Simak Aturan Minum Yang Aman

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Program kehamilan merupakan periode nan krusial dan penuh angan bagi banyak pasangan nan mau mempunyai anak. Selama program kehamilan, pasangan mempersiapkan diri secara fisik, emosional dan mental untuk memulai perjalanan menuju kehamilan dan kehidupan orang tua.

Berbagai langkah diambil untuk meningkatkan kesempatan kehamilan dan memastikan kesehatan Bunda dan bayi nan bakal datang. 

Biasanya mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan master alias ahli kesehatan reproduksi jika mereka mengalami kesulitan untuk mengandung setelah beberapa waktu mencoba.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan saran serta perawatan nan tepat sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan pasangan. Dalam beberapa kasus, intervensi medis mungkin diperlukan untuk meningkatkan kesempatan kehamilan.

Memasuki program kehamilan sering kali memerlukan perubahan style hidup dan pola makan nan lebih sehat. Salah satu aspek krusial dari persiapan ini adalah konsumsi makanan nan kaya bakal nutrisi, seperti buah-buahan.

Jus buah naga bagus program hamil

Buah naga dengan segudang manfaatnya, telah menarik perhatian sebagai salah satu pilihan sehat untuk dikonsumsi selama program hamil. Buah naga alias juga dikenal sebagai pitaya, mempunyai sejumlah nutrisi nan krusial bagi kesehatan reproduksi.

Ketika memasuki program kehamilan, pentingnya untuk memperhatikan patokan minum saribuah buah naga dengan aman. Upaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa program kehamilan melangkah dengan sehat dan alami, Bunda.

Manfaat buah naga untuk program kehamilan

Buah naga dikenal kaya bakal serat, vitamin C, vitamin B, unsur besi dan antioksidan. Serat nan terkandung dalam buah naga membantu memperbaiki pencernaan dan menjaga berat badan nan sehat selama kehamilan.

Vitamin C nan melimpah dalam buah naga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan unsur besi, krusial untuk kesehatan Bunda dan bayi. Selain itu, kandungan vitamin B dalam buah naga membantu mengurangi akibat abnormal tabung saraf pada janin.

Hasil penelitian dari Researchgate.net menunjukkan bahwa pemberian ekstrak buah naga dalam dosis 500 mg per kg secara unik efektif dalam meningkatkan jumlah sperma.

Sementara itu, dosis 1000 mg per kg ekstrak buah naga terbukti efektif dalam meningkatkan viabilitas sperma dan laju produksinya. Alhasil, buah naga sangat bagus untuk mendukung program hamil.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Selain untuk program hamil, menurut Momjunction bahwa ada banyak faedah untuk Ibu mengandung dalam buah naga nan rasanya manis dan lezat. Simak selengkapnya, Bunda.

1. Menambah unsur besi untuk mencegah anemia

Buah naga merah mengandung unsur besi nan merupakan komponen krusial dalam produksi hemoglobin dan sel darah merah. Dengan begitu, mengonsumsi saribuah buah naga merah secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan jumlah sel darah merah dalam tubuh, sehingga membantu mencegah alias mengatasi anemia pada Ibu hamil.

Menurut penelitian nan menunjukkan potensi faedah saribuah buah naga merah dalam meningkatkan kadar hemoglobin dan jumlah sel darah merah melalui 36,8 persen kejadian anemia pada Ibu hamil, namun penelitian tentang perihal ini tetap terbatas.  

2. Mencegah sembelit

Buah naga merupakan sumber serat makanan nan baik dan serat dapat membantu meringankan sembelit serta menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Sembelit adalah masalah umum nan sering dialami oleh ibu mengandung lantaran perubahan hormonal dan peningkatan tekanan pada organ pencernaan oleh janin nan berkembang.

Konsumsi makanan kaya serat seperti buah naga, dapat membantu meningkatkan aktivitas usus dan memperlancar proses pencernaan. Serat makanan membantu membentuk tinja nan lunak dan mempercepat aktivitas tinja melalui saluran pencernaan, sehingga dapat meringankan sembelit.

Di sisi lain, buah naga juga mengandung banyak air, perihal ini juga krusial untuk menjaga hidrasi tubuh dan memperbaiki konsistensi tinja. Mengonsumsi buah naga secara teratur sebagai bagian dari diet seimbang dapat membantu mencegah alias mengurangi masalah sembelit nan sering terjadi pada Ibu hamil.

ilustrasi saribuah buah nagailustrasi saribuah buah naga/ Foto: Getty Images/tashka2000

3. Melindungi dari radikal bebas

Buah naga merah mengandung sejumlah senyawa antioksidan, termasuk vitamin C dan likopen nan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan nan disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul nan tidak stabil dan dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh, nan dapat berkontribusi pada beragam penyakit dan kondisi kesehatan.

Dalam sebuah penelitian, pengaruh antioksidan dari buah naga merah diyakini dapat membantu melindungi bayi nan dikandung oleh Ibu mengandung nan terpapar asap rokok dari kerusakan nan mungkin ditimbulkan oleh paparan tersebut.

Asap rokok mengandung beragam unsur rawan nan dapat berakibat negatif pada kesehatan janin, termasuk akibat lahir dengan berat badan rendah. Konsumsi buah naga merah sebagai bagian dari diet sehat selama kehamilan dapat membantu melindungi bayi dari pengaruh negatif paparan asap rokok.

Selain itu, kandungan nutrisi lainnya dalam buah naga, seperti serat makanan, unsur besi, folat dan magnesium, kadungan ini berkedudukan krusial untuk menjaga kesehatan Ibu mengandung dan perkembangan janin.

Aturan mengonsumsi buah naga

Menilik Momjunction, buah naga dikenal mengandung beragam nutrisi penting, termasuk gula, karbohidrat, kalsium, serat pangan dan natrium.

Konsumsi buah naga dalam jumlah terbatas dianggap aman, apalagi dianggap berfaedah untuk meningkatkan kesempatan ketika merencanakan program hamil.

Jika konsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan akibat negatif untuk kesehatan, sehingga Bunda dapat berkonsultasi dengan master kandungan untuk menambahkan saribuah buah naga dalam menu harian.

Resep saribuah buah naga

Mengutip buku Jus Buah & Sayuran: 148 Resep Jus untuk Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Anda oleh Emma Satriaty Wirakusumah terdapat resep saribuah buah naga nan dapat mendukung program hamil. Simak selengkapnya, Bunda.

Bahan untuk 1 porsi:

  • 100 g buah naga, dipotong-potong
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 1 gelas air
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan, lampau blender
  2. Beri es batu dan segera hidangkan

Demikian ulasan tentang saribuah buah naga bagus untuk program hamil. Semoga berfaedah untuk mendukung program kehamilan berbareng pasangan ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(pri/pri)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda