Benarkah Air Kelapa Bisa Bikin Janin Terlahir Bersih? Simak Faktanya Bun

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Manfaat air kelapa telah lama untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali untuk ibu hamil. Sebagai minuman alami nan rendah kalori dan rendah lemak, air kelapa adalah sumber hidrasi nan ideal untuk ibu hamil.

Kandungan elektrolitnya nan seimbang, termasuk kalium, natrium, dan magnesium, membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh nan krusial selama kehamilan. Selain itu, air kelapa juga mengandung nutrisi krusial seperti vitamin C, riboflavin, dan mangan, nan krusial untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin.

Vitamin C misalnya, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara riboflavin mendukung metabolisme daya nan sehat. Kandungan mangan dalam air kelapa juga berkedudukan dalam pembentukan tulang dan jaringan ikat, perihal ini krusial untuk pertumbuhan janin nan sehat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Air kelapa juga bisa diminum untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi, sehingga sangat berfaedah bagi ibu mengandung nan mungkin merasa capek alias kekurangan daya selama kehamilan. Dengan kadar gula alami dan elektrolitnya, air kelapa dapat memberikan dorongan daya nan stabil tanpa meningkatkan gula darah secara berlebihan, menjadikannya pilihan minuman nan baik untuk menjaga stamina dan vitalitas selama kehamilan.

Meski ada kepercayaan nan tersebar bahwa air kelapa dapat membikin kulit bayi bersih sejak lahir. Namun apakah itu benar?

Fakta air kelapa membikin janin bersih

Menilik Manipal Hospitals, kepercayaan air kelapa dapat membikin janin bersih itu tidak betul dan hanya sekedar mitos belaka. Pasalnya, kesehatan dan warna kulit bayi sepenuhnya berjuntai pada aspek genetik dan tidak dapat diubah hanya dengan meminum air kelapa.

Faktor genetik seperti melanin merupakan pigmen nan memberikan warna pada kulit serta faktor-faktor lain seperti kondisi kesehatan umum dan lingkungan, memainkan peran krusial dalam menentukan warna kulit bayi.

Namun, segudang faedah baik dalam kandungan air kelapa juga bagus untuk perkembangan janin lho, Bunda. Simak yuk ulasannya berikut ini!

Manfaat air kelapa untuk kehamilan

Terdapat 8 faedah untuk kehamilan nan dikutip dari Healthline. Simak selengkapnya, Bunda.

1. Dapat menghindrasi tubuh

Air kelapa mengandung sekitar 95 persen air murni dan merupakan sumber elektrolit nan baik. Meski dapat menjadi pilihan nan menyegarkan dan bergizi selama kehamilan, terutama jika Bunda merasa kering alias butuh asupan elektrolit tambahan, air putih tetap menjadi standar emas untuk hidrasi.

Walaupun air kelapa bisa menjadi minuman nan trendi dan menarik, terutama dengan klaim-klaimnya tentang faedah kesehatan, tidak ada bukti nan menunjukkan bahwa air kelapa lebih efektif dalam menghidrasi tubuh daripada air biasa.

2. Menggantikan elektrolit nan lenyap lantaran mual di pagi hari

Memulai hari dengan rasa mual dan muntah selama kehamilan menjadi pengalaman nan sangat tidak nyaman. Apalagi jika mual dan muntah terjadi berlebihan, bakal menyebabkan tubuh lemas.

Bagi Bunda nan mengalami hiperemesis gravidarum, meminum air kelapa untuk mendapatkan asupan elektrolit tambahan bisa sangat membantu dalam menjaga keseimbangan tubuh. Air kelapa mengandung elektrolit berbobot seperti kalium, natrium dan magnesium. Zat ini dapat membantu menstabilkan sistem tubuh nan terganggu oleh mual dan muntah berlebihan.

Kehadiran elektrolit dalam air kelapa dapat membantu menggantikan kehilangan elektrolit nan terjadi akibat muntah berlebihan, sehingga membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Hal ini juga bisa membantu mencegah dehidrasi nan merupakan akibat serius ketika tubuh kehilangan terlalu banyak cairan lantaran muntah nan berlebihan. 

Saat Bunda mengalami mual di pagi hari nan menyebabkan muntah berulang kali, krusial untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Air kelapa adalah salah satu pilihan minuman nan bisa membantu mengisi cairan tanpa menambah banyak gula ke dalam tubuh.

Air kelapa alami rendah gula, sehingga dapat membantu mengisi kembali cairan dan elektrolit nan lenyap akibat muntah berlebihan. Hal ini krusial lantaran muntah berulang dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga berisiko serius terutama selama kehamilan.

Baik rasanya nan segar, maupun kandungan elektrolitnya dapat membantu meredakan rasa mual nan sering kali menyertai kehamilan, terutama pada trimester pertama.

4. Meredakan refluks asam

Saat bayi membesar dan progesteron mengendurkan katup perut, cairan lambung bakal menggelembung ke kerongkongan, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman dan sendawa masam nan menakutkan.

Beberapa wanita mengandung menyakini bahwa meminum air kelapa dapat meredakan refluks mereka. Namun, tidak ada bukti ilmiah nan mendukung klaim tersebut. Meski begitu, air kelapa memang dikenal lantaran kandungan alaminya nan sehat, seperti elektrolit dan mineral. Sebagai minuman nan rendah gula dan mengandung kalium nan cukup tinggi, air kelapa bisa memberikan sensasi melegakan pada tenggorokan dan memberikan rasa segar.

5. Mengandung nutrisi untuk perkembangan janin

Ibu mengandung dianjurkan mengonsumsi makanan padat nutrisi nan menyediakan nutrisi makro dan mikro untuk kesehatan janin. Salah satunya banyak terdapat dalam air kelapa, Bunda.

Suplemen prenatal direkomendasikan selama kehamilan untuk membantu memastikan bahwa Bunda dan bayi mendapatkan semua nutrisi nan dibutuhkan dan air kelapa bisa mensuport kebutuhan tersebut.

Meski air kelapa mengandung beberapa mineral, tidak boleh dianggap sebagai pengganti suplemen prenatal alias makanan nan kaya nutrisi lainnya. Sebaiknya, gunakan air kelapa sebagai tambahan hidrasi nan menyegarkan dan dinikmati sebagai sumber elektrolit alami. Tetaplah berkonsultasi dengan master untuk rekomendasi spesifik tentang asupan gizi selama kehamilan. 

Nutrisi dalam air kelapa dikenal dapat membantu untuk mengatur aliran darah dan tekanan darah, khususnya untuk Ibu mengandung nan mempunyai tekanan darah tinggi. Meski begitu, krusial untuk diingat bahwa air kelapa tidak boleh dianggap sebagai pengganti pengobatan tekanan hipertensi alias preeklamsia nan diresepkan oleh dokter.

Bicarakan dengan master tentang pilihan pengobatan terbaik untuk kondisi tekanan hipertensi selama kehamilan. Mereka dapat memberikan saran nan sesuai dengan kondisi kesehatan Bunda serta memberikan info lebih lanjut tentang faedah dan akibat penggunaan air kelapa sebagai bagian dari rencana perawatan. 

Demikian ulasan tentang apakah air kelapa dapat membikin janin bersih. Meskipun tidak terbukti secara ilmiah, air kelapa sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan mineral krusial untuk ibu mengandung ya. Semoga bermanfaat, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(rap/rap)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda