7 Tanda Infertilitas Pada Wanita, Penyebab Susah Hamil

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Infertilitas alias ketidaksuburan didefinisikan sebagai tidak terjadinya kehamilan meskipun sudah melakukan hubungan seksual rutin tanpa kontrasepsi dalam waktu satu tahun. Penyebab susah mengandung ini, sepertiganya dari pihak pria, sepertiga dari pihak wanita, sepertiga dari keduanya, dan sisanya aspek nan tidak diketahui.



Kita bakal telaah mulai dari penyebab infertilitas dari pihak wanita. Penyebab susah mengandung dari pihak wanita susah untuk didiagnosis dengan kasat mata. Harus dilakukan pemeriksaan dalam oleh dokter. Namun, ada tanda-tanda infertilitas wanita nan diduga menjadi penyebab susah hamil, antara lain menstruasi nan tidak teratur. Apa lagi tanda-tanda lainnya?

Baca juga: Pilihan Seafood untuk Ibu Hamil dan Promil



Tanda Infertilitas dan Penyebab Susah Hamil pada Wanita

Seperti sudah disinggung di atas, penyebab susah mengandung pada wanita adalah gangguan ovulasi alias pelepasan sel telur dari ovarium untuk dibuahi sperma. Gangguan ovulasi ini biasanya ditandai dengan siklus menstruasi nan tidak teratur.


Lebih lengkapnya, ini penyebab wanita susah mengandung dilihat dari tanda-tanda infertilitas:


1.Siklus menstruasi tidak teratur

Disebut gangguan siklus mentruasi jika seorang wanita mempunyai siklus menstruasi nan terlalu panjang (35 hari alias lebih), terlalu pendek (kurang dari 21 hari), tidak teratur. alias tidak ada menstruasi sama sekali. Artinya tidak terjadi ovulasi.



2. Menstruasi sangat nyeri

Jika Mums mempunyai riwayat menstruasi menyakitkan alias dismenore, bisa jadi ini penyebab susah hamil. Nyeri saat menstruasi sebenarnya normal. Namun jika nyerinya berlebihan apalagi hingga menyebabkan pingsan, bisa disebabkan oleh endometrisosis alias fibroid. Kedua kondisi ini memengaruhi keahlian seorang wanita menjadi susah hamil.


3.Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan nan biasanya tumbuh di rahim menempel dan tumbuh di tempat lain. Pertumbuhan jaringan ekstra ini dapat menyebabkan jaringan parut, menghalangi penyatuan sel telur dan sperma.


Endometriosis juga dapat mengganggu implantasi sel telur nan telah dibuahi. Kondisi ini juga tampaknya mempengaruhi kesuburan secara tidak langsung. Dengan kata lain, endometriosis jadi salah satu penyebab susah mengandung nan paling sering dijumpai pada wanita.


4. PCOS

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, nan mempengaruhi ovulasi. PCOS dikaitkan dengan resistensi insulin dan obesitas, ditandai dengan pertumbuhan rambut tidak normal di wajah alias tubuh, dan jerawat. Ini adalah penyebab paling umum dari infertilitas wanita sehingga wanita susah hamil.


5. Punya riwayat penyakit radang panggul

Saluran tuba nan rusak alias tersumbat menghalangi sperma mencapai sel telur alias menghalangi jalannya sel telur nan telah dibuahi ke dalam rahim. Penyebab kerusakan alias penyumbatan tuba falopi dapat disebabkan salah satunya penyakit radang panggul.


Penyakit radang panggul dapat berupa jangkitan pada rahim dan saluran tuba akibat klamidia, gonore, alias jangkitan menular seksual lainnya. Operasi sebelumnya di perut alias panggul, termasuk operasi untuk kehamilan ektopik, di mana sel telur nan telah dibuahi ditanamkan dan berkembang di tempat lain selain rahim, biasanya di saluran tuba, juga jadi penyebab susah mengandung pada wanita.


6. Masalah pada rahim

Masalah pada rahim ini sangat luas. Masalah pada rahim nan muncul sejak lahir, seperti corak rahim nan tidak biasa, dapat menyebabkan masalah dalam mempertahankan alias mempertahankan kehamilan.


Selain itu, beberapa pengobatan pada rahim alias leher rahim dapat mengganggu penanaman sel telur alias meningkatkan akibat keguguran. Adanya penyakit pada rahim alias leher rahim juga menghalangi terjadinya kehamilan. Misalnya polip alias tumor jinak (fibroid alias mioma).



7. Usia

Jangan lupakan juga usia. Bisa jadi penyebab susah mengandung lantaran usia seorang wanita sudah 35 tahun alias lebih.


Selain 7 tanda infertilitas pada wanita tadi, jangan lupakan pula penyebab susah mengandung nan tidak diketahui penyebabnya. Pada beberapa kasus, penyebab infertilitas tidak pernah ditemukan. Makanya master juga tidak tidak memberikan pengobatan lantaran tidak ditemukan masalah. Beberapa pasangan merasa frustrasi lantaran tidak mendapatkan jawaban spesifik, namun tetap berupaya dengan melakukan style hidup sehat dan hindari stres.


Baca juga: Pil KB adalah Solusi untuk Promil, Benarkah?


Referensi:

Mayoclinic. female-infertility/symptoms-causes


Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan