7 Manfaat Telur Rebus Untuk Ibu Hamil, Bagus Untuk Perkembangan Janin

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Siapa nan tak suka dengan telur? Makanan kesukaan banyak orang terutama ini, rupanya mempunyai banyak faedah untuk ibu hamil.

Telur rebus disebut sebagai salah satu sumber nutrisi nan bagus untuk perkembangan janin, dan ibu mengandung itu sendiri. Meski dapat dimasak dengan beragam cara, telur nan direbus sangat dianjurkan dikonsumsi ibu mengandung lho.

Telur rebus nan sudah dimasak dengan matang tak bakal membikin ibu mengandung terkena kuman nan mungkin terdapat pada telur mentah alias dimasak dengan langkah lain. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Lalu, kira-kira apa saja ya faedah mengonsumsi telur rebus bagi ibu hamil? Simak terus ya, Bunda. 

Manfaat makan telur rebus bagi ibu hamil

Berikut adalah faedah nan bisa ibu mengandung dapatkan jika mengonsumsi telur, dilansir dari Mylo Family: 

1. Sumber protein nan baik

Seperti nan Bunda mungkin telah ketahui, protein merupakan perihal nan esensial bagi tumbuh dan kembang janin. Dengan mengonsumsi telur, Bunda dapat memberikan sumber protein nan berbobot tinggi bagi janin. 

Tak hanya bagi janin, namun konsumsi telur juga dapat berfaedah bagi ibu mengandung lho. Karena, telur dapat membantu untuk memproduksi sel baru pada tubuh Bunda. Selain itu, terdapat masam amino dalam kandungan telur nan krusial untuk dikonsumsi agar Bunda dapat menjalani kehamilan dengan sehat. 

2. Kaya bakal nutrisi

Tak hanya mempunyai protein nan tinggi, telur juga kaya bakal beragam nutrisi, Bunda. Di dalam kandungannya, terdapat sebanyak 13 vitamin dan mineral nan krusial untuk dimiliki oleh janin dan ibu hamil. Nutrisi ini diantaranya vitamin D, vitamin B12, unsur besi, dan kolin. Nutrisi dari vitamin dan mineral tersebut mempunyai peranan krusial untuk perkembangan dari otak, tulang, dan pertumbuhan secara garis besar pada janin, Bunda. 

Selain itu, hanya mengonsumsi satu telur saja dapat memberikan 90 persen kebutuhan protein tambahan nan diperlukan oleh ibu hamil. Tak berakhir sampai situ, mengonsumsi kolin dari telur juga dapat mengurangi akibat dari melahirkan janin dengan abnormal tabung saraf. 

3. Meningkatkan rasa kenyang

Ketika hamil, wajar bagi Bunda untuk merasakan lapar nan lebih meningkat alias sering ngidam makanan tertentu. Namun, mengonsumsi telur dapat membantu untuk mengurangi rasa lapar tersebut lho. 

Melansir dari Times of India, terdapat sekitar 70 kalori di dalam satu buah telur. Ditambah lagi, tingginya protein dan lemak tinggi pada telur bakal membantu untuk memberi rasa kenyang bagi ibu hamil. Dengan konsumsi telur, maka Bunda juga dapat mencegah berat badan nan meningkat secara berlebih dan memberi daya nan cukup untuk sehari-hari. 

4. Menjaga kesehatan mata

Tahukah Bunda? Telur juga mempunyai kandungan vitamin A lho. Vitamin nan satu ini dapat membantu agar mata dan kulit dapat berkembang dengan sehat. Selain itu, vitamin A juga dapat menjaga sistem keimunan tubuh, Bunda. 

Tak hanya vitamin A, telur juga kaya bakal lutein dan zeaxanthin, ialah antioksidan nan dapat berfaedah bagi kesehatan mata. Antioksidan ini juga bisa membikin penglihatan bagi janin dan Bunda semakin baik. 

5. Meningkatkan perkembangan otak

Seperti nan telah dijelaskan sebelumnya, telur mempunyai kandungan kolin nan dapat berfaedah bagi perkembangan otak janin. Hal ini lantaran kolin dapat membantu dalam pembentukan tabung saraf bayi dan meningkatkan kegunaan kognitif. 

Oleh lantaran itu, pastikan Bunda tidak lupa untuk mengonsumsi telur agar perkembangan otak janin bakal melangkah dengan baik ya. 

6. Membantu produksi sel darah merah

Saat hamil, banyak para Bunda nan mengalami kekurangan unsur besi. Alhasil, kekurangan unsur besi ini mengakibatkan Bunda terkena anemia. Namun, tak perlu cemas lantaran telur dapat membantu Bunda untuk mencegah perihal tersebut.

Di dalam kandungan telur, terdapat unsur besi nan berfaedah untuk produksi sel darah merah dan juga membantu mencegah ibu mengandung terkena anemia.

7. Mudah dimasak dan disajikan

Tak usah cemas jika Bunda jenuh untuk mengonsumsi telur. Sebab, telur dapat disajikan dengan beragam makanan. Sebagai contoh, Bunda dapat mengonsumsi telur rebus dengan roti gandum. Namun, pastikan kembali bahwa telur direbus hingga matang ya. 

Melansir dari Australian Eggs, pemerintahan New South Wales, Australia, menyarankan bahwa wanita hanya boleh mengonsumsi telur andaikan sudah dimasak hingga setidaknya 71 derajat celsius. 

Bunda, itulah faedah dari mengonsumsi telur rebus bagi ibu hamil. Karena kaya bakal protein dan beragam nutrisi, maka konsumsi telur ini juga dapat membantu untuk perkembangan janin. Semoga info ini berfaedah ya. 

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(rap/rap)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda