6 Cara Induksi Alami Untuk Mempercepat Persalinan Normal

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Bukti menunjukkan bahwa olahraga, seks, dan makan makanan tertentu dapat membantu mempercepat proses persalinan. Ini disebut metode induksi alami, ialah perihal nan bisa dilakukan untuk memancing datangnya kontraksi.


Persalinan normal umumnya terjadi mulai minggu ke-37 hingga 40 usia kehamilan. Biasanya saat menuju proses persalinan Mums bakal merasakan kontraksi nan semakin lama semakin rapat jaraknya, dengan kekuatan nan meningkat. Jika kontraksi tak juga datang, Mums bisa mencoba melakukan induksi alami.

Baca juga: 7 Makanan Penambah Energi Menjelang Persalinan


Beberapa Metode Induksi Alami

Meskipun ibu mengandung melahirkan bayi nan sehat dan sempurna 2 minggu sebelum alias setelah HPL (Hari perkiraan lahir), namun disarankan agar ibu mengandung menunggu setidaknya hingga 39 minggu untuk melahirkan.


Yang terbaik adalah membiarkan tandal persalinan datang secara alami, menandakan kapan bayi lahir. Namun, jika kehamilan sudah mendekati minggu 39 apalagi memasuki minggu ke-40, dan belum ada tanda kontraksi alias tanda persalinan nan lain, Mums bisa melakukan 7 langkah berikut sebagai metode indukasi alami:


1. Olahraga

Olahraga bisa berupa apa saja nan meningkatkan debar jantung, seperti jalan-jalan. Meskipun metode ini mungkin belum sukses sebagai induksi alami, ini adalah langkah nan bagus untuk menghilangkan stres dan menjaga tubuh Mums tetap kuat untuk melewati persalinan nan bakal datang.


Menurut studi tahun 2022, melangkah kaki selama 30 menit, tiga kali dalam seminggu dengan kecepatan 4 kilometer km per jam mulai minggu ke 38 kehamilan dapat membantu menginduksi persalinan. Ini juga dapat membantu mengurangi intervensi selama persalinan pervaginam.


2. Hubungan seks

Meskipun penelitian belum menemukan bukti bahwa berasosiasi seks betul-betul bisa menjadi induksi alami dan mempercepat proses persalinan, namun secara teoritis ada beberapa argumen kenapa berasosiasi seks dapat memicu persalinan.


Aktivitas seksual, terutama orgasme, dapat melepaskan oksitosin, nan dapat membantu meningkatkan kontraksi rahim. Selain itu, saat berasosiasi seks, suami bakal mengeluarkan hormon prostaglandin dalam air mani nan mungkin dapat membantu pematangan leher rahim.


Berhubungan seks kondusif dilakukan pada minggu-minggu terakhir kehamilan, tetapi Mums jangan berasosiasi seks setelah air ketuban pecah lantaran dapat meningkatkan akibat infeksi.


3. Stimulasi puting

Merangsang putting adalah salah satu metode induksi alami nan dapat menyebabkan rahim berkontraksi dan mempercepat persalinan. Stimulasi puting merangsang produksi oksitosin. Oksitosin adalah hormon nan menyebabkan rahim berkontraksi dan tetek mengeluarkan ASI.


Faktanya, jika Mums memilih untuk menyusui segera setelah melahirkan, rangsangan nan sama inilah nan bakal membantu rahim menyusut kembali ke ukuran aslinya. Mums alias pasangan dapat merangsang puting secara manual, alias mencoba menggunakan pompa payudara.


Penelitian menunjukkan bahwa stimulasi tetek bisa menjadi langkah nan efektif untuk:

- menginduksi dan meningkatkan persalinan

- menghindari induksi medis

- mengurangi nomor perdarahan postpartum


4. Akupunktur

Akupunktur telah digunakan selama ribuan tahun. Cara kerja akupunktur nan sebenarnya tetap belum jelas. Dalam pengobatan Tiongkok, akupuntur diyakini dapat menyeimbangkan chi alias daya vital dalam tubuh. Ini mungkin juga merangsang perubahan hormon alias sistem saraf.


Meskipun demikian, akupunktur kudu dilakukan hanya oleh mahir akupunktur berlisensi. Menurut penelitian, faedah utama akupunktur adalah meningkatkan pematangan serviks.


5. Akupresur

Beberapa praktisi percaya bahwa akupresur dapat menjadi salah satu langkah induksi persalinan. Sebelum menerapkan akupresur, pastikan Mums mendapatkan petunjuk nan tepat dari mahir akupresur terlatih.


Meskipun demikian, tidak banyak bukti bahwa akupresur betul-betul efektif dalam menginduksi persalinan. Namun jika akupresur tidak membikin persalinan melangkah lancar, akupresur tetap bisa menjadi langkah terbaik untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan selama persalinan.


6. Makan kurma

Penelitian menunjukkan bahwa makan kurma di minggu-minggu terakhir kehamilan dapat mempercepat pematangan dan pelebaran serviks, nan mengawali proses persalinan normal.


Berbagai metode induksi alami ini memang belum mempunyai bukti kuat dapat mempercepat datangnya kontraksi. Namun, sebagai sebuah ikhtiar, dan selama kehamilan Mums sehat, metode ini bisa dicoba. Ingat ya, untuk selalu berkonsultasi dengan master dan jangan melakukan tindakan induksi alami nan berbahaya.


Baca juga: Harus Tahu, Ini Ciri-ciri Kontraksi Palsu pada Ibu Hamil

Referensi:

Healthline. natural-ways-to-induce-labor

Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan