5 Manfaat Dha Untuk Anak Menurut Dokter, Dapat Tingkatkan Iq Hingga Cegah Depresi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Docosahexaunic acid alias DHA merupakan salah satu kandungan omega 3 nan sangat krusial bagi tubuh orang dewasa maupun anak-anak, Bunda. Lantas, apa saja manfaatnya menurut dokter?

DHA sangat krusial untuk tumbuh dan kembang anak. Asupan DHA harian sendiri berbeda-berbeda, tergantung pada usia anak.

Menurut master ahli anak, dr. Aisya Fikritama, Sp.A, anak usia 4-12 tahun memerlukan DHA sekitar 900 mg per hari. Sementara itu, anak 13 tahun hingga dewasa memerlukan DHA nan lebih tinggi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Untuk kebutuhannya itu, umur 4-12 tahun itu 900 mg per hari. (Usia) 13 tahun sampai dewasa itu 1.000-1.100 mg per hari," tuturnya pada HaiBunda. belum lama ini.

"Bisa didapatkan dari makanan sehari-hari kayak ikan, kacang-kacangan, kacang almond, walnut, biji-bijian, telur. daging. Tapi jika misalnya memang makannya kurang, tapi baiknya dari real food, ya. Enggak apa-apa jika misalnya mau dikasih suplemen gitu," sambungnya.

Manfaat DHA untuk anak menurut dokter

Dalam kesempatan nan sama, dr. Aisya turut mengungkapkan beberapa faedah DHA untuk anak, Bunda. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Membantu konsentrasi

Menurut dr. Aisya, DHA merupakan omega 3 nan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak, Bunda. Ketika perkembangannya optimal, anak bisa berkonsentrasi dengan baik.

"DHA dan omega 3 sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak dan disebutkan bahwa 8 dari 10 anak nan berumur 4 sampai 12 tahun, di Indonesia terutama, tetap kekurangan asupan DHA dan omega 3," ungkapnya.

"Padahal di usia tersebut kan usia sekolah, di mana keahlian otak optimal itu bisa membantu anak untuk bisa belajar berkonsentrasi," lanjut dr. Aisya.

2. Penting untuk daya tahan tubuh

DHA sendiri merupakan jenis omega 3 nan terkandung dalam ikan dan makanan laut, Bunda. Omega 3 dan DHA pun dibutuhkan tubuh untuk tumbuh kembang anak serta daya tahan tubuh.

"Omega 3 dan DHA itu dibutuhkan tubuh agar berfaedah secara optimal. Penting juga untuk tumbuh kembang anak dan daya tahan tubuh tentunya," papar dr. Aisya.

Klik baca laman berikutnya untuk memandang faedah DHA lainnya untuk anak ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda