30 Quote Hari Kartini Yang Memberi Motivasi Dan Inspirasi Dari Tentang Pendidikan-cinta

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Sebagai sosok ikonis perjuangan emansipasi wanita di Indonesia, hari kelahiran RA Kartini selalu diperingati setiap tahunnya. Berikut ini ada quotes peringatan Hari Kartini yang bisa Bunda bagikan alias Bunda renungkan.

Sosok Raden Ajeng Kartini adalah seorang pahlawan Indonesia nan berjuang atas hak-hak dan kesetaraan untuk kaum puan di Nusantara. Ikatan tradisi antik nan mengurung kebebasan wanita, membikin RA Kartini berpikir keras demi kebebasan dan kesetaraan antara wanita dan laki-laki.

Keinginannya dalam penyetaraan hak-hak pendidikan dan berkarya bagi wanita dilakukan dalam beragam cara. Salah satunya dengan mendirikan sekolah unik perempuan. Melalui sekolah, Kartini percaya bahwa wanita mempunyai kekuatan nan sama besarnya dengan laki-laki, dalam memberikan akibat keilmuan dalam berbangsa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner 9 Kesalahan Orang Tua Didik Remaja

Sayangnya, untuk mencapai sasaran tersebut, sosok Kartini menghadapi segala perihal nan menyulitkan. Oleh karenanya, Kartini kerap menulis dan mengirim banyak surat kepada teman-temannya di Belanda, demi meminta bantuan. Isi surat tersebut menceritakan gimana perasaannya terhadap kondisi nilai diri wanita di mata para penguasa kala itu.

Melalui surat-surat itu juga, kita dapat memandang dan mengingat gimana kaum wanita kala itu berjuang keras dalam menegakkan keadilan dan kesetaraan kelamin demi menggapai angan mereka.

Berikut ini Bubun mengumpulkan beberapa quote alias quotes dari surat-surat nan dituliskan RA Kartini. Quote tersebut dapat Bunda tuliskan dalam pesan penuh inspirasi dalam memeringati Hari Kartini esok.

10 Quote RA Kartini tentang Pendidikan, Ilmu, Mimpi, dan Cita-cita

Melansir dari kitab Celoteh RA Kartini: 232 Ujaran Bijak Sang Pejuang Emansipasi karya Ahmad Nurcholish dan detiknews, berikut ini adalah quotes RA Kartini tentang pentingnya mengejar pendidikan, mimpi, serta cita-cita dalam berkehidupan:

  1. Bila orang hendak sungguh-sungguh memajukan peradaban, maka kepintaran pikiran dan pertumbuhan budi kudu sama-sama dimajukan.
  2. Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia jika kaum wanita dididik baik-baik. Dan untuk keperluan wanita itu sendiri, berharaplah kami dengan angan nan sangat agar disediakan pelajaran dan pendidikan, lantaran ini lah nan bakal membawa senang baginya.
  3. Rampaslah semua kekayaan barang saya, asalkan jangan pena saya.
  4. Adalah suatu pertolongan dan support besar sekali bagi orang laki-laki jika wanita beradab tinggi dan terpelajar.
  5. Dan terhadap pendidikan itu janganlah hanya logika nan dipertajam, tetapi budi pun kudu dipertinggi.
  6. Jika kita tidak mencari pengetahuan maka hidup kita tidak bakal senang dan kehidupan kita bakal semakin mundur.
  7. Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan nan sebenarnya kejam.
  8. Jangan pernah menyerah jika Anda tetap mau mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang lantaran Anda selangkah lagi untuk menang.
  9. Cita-cita itu adalah memperindah martabat manusia, memuliakannya, mendekatkan pada Kesempurnaan.
  10. Tahukah engkau semboyanku? "Aku mau!" dua patah kata nan ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawaku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata "Aku tiada dapat" melenyapkan rasa berani. Kalimat "Aku mau!" membikin kita mudah mendaki puncak gunung.

10 Quote alias Kata-kata Bijak RA Kartini tentang Cinta

Tak hanya tentang pendidikan maupun cita-cita, RA Kartini juga merupakan sosok nan kerap mengucapkan runtunan kata-kata bijak tentang cinta nan mengesankan. Mengutip dari kumpulan surat RA Kartini dalam kitab Letters of a Javanese Princess, berikut adalah sepuluh quote Kartini tentang cinta:

  1. Saat suatu hubungan berakhir, bukan berfaedah dua orang berakhir saling mencintai. Mereka hanya berakhir saling menyakiti.
  2. Seorang wanita nan mengorbankan diri untuk orang lain, dengan segala rasa cinta nan ada dalam hatinya, dengan segala bakti, nan dapat diamalkannya, itulah wanita nan patut disebut sebagai “ibu” dalam makna sebenarnya.
  3. Cinta melahirkan cinta, tetapi caci maki tidak pernah membangkitkan kasih sayang.
  4. Kita berambisi bakal rasa untuk dicintai, bukan untuk ditakuti.
  5. Menurutku, tiada perihal bagus nan melampaui indahnya memberikan garis senyum senang kepada orang nan kita cintai.
  6. Cinta adalah sebuah ikatan nan mengikat kita untuk selalu bersama.
  7. Hatiku terasa kombinasi campur karena kesedihan, rasa syukur, serta kebahagiaan nan diberikan oleh rasa cintamu padaku. Namun, saya tak berakhir berterima kasih pada Tuhan lantaran sudah membawamu kepadaku.
  8. Rasa cinta dan ketertarikanku pada segala perihal nan mengenai pada sosokmu tidak bisa dihitung berasas jumlah surat nan kukirimkan.
  9. Cinta itu lebih besar dari segalanya.
  10. Saat kita mencintai sesuatu, tentu kita bakal berambisi penuh tulus bakal kebahagiaan nan menghampiri mereka

10 Kumpulan Quotes Hari Kartini nan Menginspirasi

Mengutip dari kitab Gelap Terang Kartini: Sisi Lain Hidup dan Karya Sang Perempuan Perkasa karya Nurlaela Isnawati dan detikJabar, berikut adalah kumpulan quote Hari Kartini nan penuh pesan menginspirasi untuk para generasi muda:

  1. Terkadang kesulitan kudu Anda rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan nan sempurna datang kepadamu.
  2. Jangan mengeluhkan hal-hal jelek nan datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah nan membiarkannya datang.
  3. Banyak perihal nan bisa menjatuhkanmu, tapi satu-satunya perihal nan betul dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.
  4. Kami berupaya agar kami terus teguh, sehingga dapat menolong diri sendiri. Dan siapa nan dapat menolong dirinya sendiri, bakal dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna pula.
  5. Jika bukan lantaran mereka (orangtua), tiadalah tercapai oleh saya segala nan ada pada saya. Bolehkah, berkuasa kah saya memilukan hati mereka itu, mereka nan selama hidup saya, selalu dengan kasih sayang dan hati baik, memelihara saya dengan susah payahnya.
  6. Kita dapat menjadi manusia sepenuhnya, tanpa berakhir menjadi wanita sepenuhnya.
  7. Jangan biarkan kegelapan kembali datang, jangan biarkan kaum wanita kembali diperlakukan semena-mena.
  8. Dalam tangan anaklah terletak masa depan dan dalam tangan ibulah tergenggam anak nan merupakan masa depan itu.
  9. Ia tidak wajib alim kepada siapapun, siapapun juga, selain terhadap bunyi batinnya, hatinya.
  10. Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin setara pertimbangan kita dan semakin kokoh pondasi kasih sayang. Tiada rasa dendam, itulah dasar bahagia.

Bunda, itulah beberapa quote alias quote ucapan nan pernah disampaikan oleh RA Kartini. Kumpulan kata-kata berarti tersebut dapat Bunda gunakan untuk membikin pesan ucapan dalam memperingati Hari Kartini esok. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(fia/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda