20 Cara Sederhana Untuk Membuat Bayi Lebih Cerdas, Sudah Lakukan Bun?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Memiliki anak nan pandai adalah angan setiap orang tua. Kecerdasan pada anak rupanya sudah bisa diasah sejak mereka tetap bayi, Bunda.

Para mahir percaya bahwa tahun-tahun pertama kehidupan seorang anak adalah waktu nan tepat untuk belajar. Namun, Bunda mungkin kesulitan untuk memikirkan langkah untuk menstimulasi mereka.

Terdapat beragam aktivitas menyenangkan nan bisa dijadikan buahpikiran untuk menstimulasi kepintaran anak. Tidak hanya itu, ada pula aktivitas ilmiah nan dapat menginspirasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Cara simple membikin bayi cerdas

Melansir dari laman Parents, ada beberapa langkah sederhana agar bayi menjadi lebih cerdas. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Lakukan kontak mata

Manfaatkan momen singkat ketika mata bayi sudah terbuka, Bunda. Bayi bisa mengenali wajah sejak dini. Setiap kali memandang Bunda, mereka bakal membikin ingatan baru.

2. Julurkan lidah

Ketika sudah berumur 6 bulan, bayi bisa meniru aktivitas wajah nan sederhana, termasuk menjulurkan lidah. Ini adalah tanda keahlian pemecahan masalah bayi sudah terasah sejak dini.

3. Biarkan anak merenung

Mintalah bayi untuk menatap dirinya di sebuah cermin. Pada awalnya, mereka mungkin berpikir mereka hanya mengincar anak lain di cermin. Namun, mereka bakal senang membikin 'bayi nan lain' melambaikan tangan dan tersenyum.

4. Berbincang dengan anak

Lakukanlah percakapan dengan bayi dan berikan jarak singkat saat mereka bakal berbicara. Mereka bakal segera mengikuti ritme obrolan dan mulai mengisi kekosongan alias jarak tersebut.

5. Nyanyikan sebuah lagu

Buatlah syair dan lirik sendiri untuk lagu-lagu nan ramah anak, Bunda. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara pemahaman ritme musik dengan keahlian matematika.

6. Gelitik jari kakunya

Faktanya adalah menggelitik seluruh tubuh bayi membikin mereka belajar untuk tertawa. Ini adalah salah satu langkah awal untuk mengembangkan serta mengajarkan rasa lawakpada anak.

7. Buat wajah nan lucu

Menggembungkan pipi dan meminta bayi untuk menyentuh hidung adalah salah satu langkah mudah menstimulasi kecerdasannya. Ulangi rutinitas ini setiap 3-4 kali lampau ubah aturannya agar anak bisa terus menebak-nebak dan belajar perihal baru.

8. Susui anak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak sekolah nan disusui saat bayi mempunyai IQ lebih tinggi. Menyusui juga memberi Bunda waktu ekstra untuk menjalin ikatan dengan bayi misalnya dengan bernyanyi, berbicara, alias sekedar membelai rambutnya.

9. Manfaatkan waktu mengganti popok

Saat Bunda mengganti popok bayi, ceritakan apa nan sedang Bunda lakukan. Ini bakal mengajarkan anak untuk mengantisipasi rutinitas. Sebutkan juga bagian tubuh alias busana mereka, ya.

10. Jangan berikan screentime

Otak bayi memerlukan jenis hubungan satu musuh satu nan tidak disediakan oleh aktivitas TV manapun. Jangan berikan bayi screentime meski aktivitas nan dilihat sangat mendidik.

Klik baca laman berikutnya untuk memandang langkah sederhana lainnya ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda