13 Tempat Camping Di Bandung Dengan Pemandangan Alam Terbaik, Liburan Seru Bareng Anak

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Libur Lebaran sejenak lagi. Apa Bunda sudah punya rencana liburan berbareng anak dan keluarga?

Di libur Lebaran tahun ini, Bunda bisa menghabiskan waktu camping dengan Si Kecil. Destinasi camping dengan pemandangan alam nan bagus bisa didapatkan di Bandung, Jawa Barat.

Dari hamparan pegunungan nan hijau hingga danau-danau memikat, Bandung menawarkan beragam tempat camping yang menakjubkan dengan pemandangan alam nan memanjakan mata.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Nah, sebelum camping, Bunda dan family bisa menyiapkan beragam perlengkapan, mulai dari tenda hingga perlengkapan masak sederhana. Jangan lupa juga membawa kamera untuk mengabadikan momen berbareng family ya.

Rekomendasi Tempat Camping di Bandung dengan Pemandangan Alam Terbaik

Berikut telah HaiBunda rangkum dari beragam sumber, 13 rekomendasi spot destinasi untuk berkemah di Bandung dengan hamparan pemandangan nan indah:

1. Ranca Upas

Ranca Upas adalah sebuah lokasi wisata alam di Bandung nan terletak di area Taman Hutan Raya Djuanda. Di sini, Bunda dapat menikmati pemandangan alam nan begitu menakjubkan dengan udara nan segar dan sejuk. Selain itu, terdapat juga ragam jenis tanaman dan hewan nan menjadi salah satu daya tarik Ranca Upas.

Ranca Upas mempunyai padang rumput nan cukup luas sehingga cocok dijadikan tempat camping berbareng keluarga. Tempat ini sering menjadi destinasi orang-orang nan mau menghabiskan waktu untuk healing.

Selain itu, Ranca Upas juga dikenal sebagai tempat di mana Bunda bisa membujuk anak belajar tentang keanekaragaman tanaman dan fauna. Pengunjung bisa menyaksikan dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan, seperti memberi makan. Aktivitas seperti ini tentunya sangat mengesankan bagi Si Kecil.

Tak hanya itu, tempat camping satu ini juga menyediakan beragam akomodasi seperti outbond, taman bunga, kafe, pemandian air panas, dan juga kolam renang.

Oh iya, Bunda, untuk merasakan pengalaman camping di Ranca Upas, Bunda tak kudu melakukan reservasi terlebih dahulu, ya. Jadi, bisa langsung datang alias reservasi secara on the spot.

Alamat: Jl. Camp Ranca Upas, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973

Estimasi nilai dan fasilitas:

  • Karaha Bodas: Harga Rp280.000 per orang per malam, dengan akomodasi tenda full matras, 2 buah sleeping bag, lampu tenda, kayu bakar 1 ikat, dan minyak tanah. Tenda ini hanya tersedia untuk maksimal 3 orang.
  • Cikole: Harga Rp519.000 per orang per malam, dilengkapi akomodasi tenda full matras, 6 buah sleeping bag, lampu tenda, seikat kayu bakar serta minyak tanah. Tenda ini dapat digunakan untuk maksimal 6 orang.

Apabila Bunda mau membujuk orang lebih banyak lagi alias mau memandang pilihan paket tenda lainnya, silakan cek info lengkapnya di akun IG @ranca_upas.

2. Tangkal Pinus

Ingin berkemah di antara rimba pinus? Bunda dan family dapat memilih Tangkal Pinus untuk pilihan lokasi wisata alam. Tempat wisata ini menyediakan jasa camping dengan area perkemahan nan luas.

Di sini juga terdapat mini zoo di mana Si Kecil bisa memandang langsung hewan, seperti alpaca, kelinci, marmut hingga kuda. Suasana di sekitar perkemahan juga cukup hening, cocok untuk tempat bersantai dari bisingnya perkotaan. Sementara itu, jejeran rimba pinus nan mengelilingi tenda-tenda juga dapat memanjakan mata.

Alamat: Genteng, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Estimasi nilai dan fasilitas:

  • Dakara Tent: Rp589.000/tenda di hari Senin-Kamis dan Rp729.000 per tenda di hari Jumat-Minggu. Fasilitas nan bakal didapatkan berupa tenda ukuran 3x2 meter, kasur busa, bantal, selimut, sarapan, welcome snack, dan lain-lain.
  • Pucuk Tent: Rp819.000/tenda di hari Senin-Kamis dan Rp869.000 per tenda di hari Jumat-Minggu. Dengan nilai tersebut, Bunda bisa merasakan tenda berukuran 4,8x14 meter, kasur busa, bantal, selimut, meja portable, sarapan, welcome snack, lampu-lampu, dan tetap banyak lagi.

Jika tertarik membujuk family besar dan anak-anak camping di sini, Bunda bisa langsung cek akun IG @tangkalpinus untuk cari tahu info selengkapnya.

3. Jungle Milk Jayagiri Lembang

Jungle Milk adalah satu lokasi wisata kemah di Lembang nan menawarkan pengalaman menginap di tengah rimba pinus nan teduh. Dengan hamparan lapangan rumput nan begitu luas, Bunda dapat membiarkan Si Kecil untuk berlarian di alam bebas.

Selain untuk tempat berkemah, di sini Bunda juga bisa menghibur anak untuk berinteraksi dengan kuda-kuda yang dapat ditemukan di sekitar tempat wisata.

Alamat: Genteng, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Estimasi nilai dan fasilitas:

  • Rinjani Couple: Rp1.100.000 untuk hari-hari kerja dan Rp1.300.000 di akhir pekan. Fasilitas nan didapatkan 2 buah kasur ukuran 135x200, bantal, selimut sarapan nasi goreng, 2 buah kupon cemilan, dan lain-lain. Tawaran paket tenda satu ini bisa memuat sebanyak 4 orang.
  • Rinjani Family: bertindak nilai Rp1.400.000 untuk hari-hari kerja dan Rp1.600.000 di akhir pekan. Fasilitas nan didapatkan 2 buah kasur ukuran 120x200, bantal, selimut sarapan nasi goreng, 4 buah kupon cemilan, dan lain-lain. Sedangkan, paket tenda satu ini bisa memuat sebanyak 6 orang.

Nah, untuk informasi lebih perincian mengenai biaya tenda beserta nilai dan akomodasi nan didapatkan, Bunda dapat berjamu ke laman IG @junglemilk.lembang.

4. Ciwangun Indah Camp

Tempat camping selanjutnya adalah Ciwangun Indah Camp. Tempat wisata camping ini sering dijadikan destinasi untuk mengadakan aktivitas besar.

Selain berkemah, Bunda dan family juga dapat menikmati aktivitas outbond yang tersedia, seperti trekking, paintball, dan flying fox. Di sini juga terdapat tiga spot air terjun dengan pemandangan indah.

Alamat: Jl. Kolonel Masturi, RT.03/RW.15, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Estimasi nilai dan fasilitas:

  • Paket berkemah: sekitar Rp100.000/orang, di mana Bunda bisa mendapatkan akomodasi berupa tiket masuk, tenda, sleeping bag, matras, api unggun, listrik, dan camilan.
  • Private camping: dimulai dari Rp500.000 untuk minimal 30 orang, mendapatkan akomodasi nan sama seperti paket berkemah. Harga dapat berubah tergantung area camping nan dipilih.

Apabila tertarik, Bunda boleh menghubungi kontak di IG @ciwangunindahcamp untuk bertanya lebih lanjut mengenai tawaran paket tenda beserta nilai lengkapnya.

5. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya adalah salah satu lokasi wisata jagoan di Lembang nan menyediakan beragam macam wahana hiburan. Beberapa di antaranya seperti fairy garden, zip bike, valley swing, dan balon udara.

Tak hanya itu, The Lodge Maribaya juga menawarkan beragam pilihan tempat camping. Pilihan ini bervariasi mulai dari tenda, rumah pohon, hingga villa dengan kreasi Joglo.

Kawasan perkemahan di sini juga dikelilingi rimba pinus. Suasana nan sejuk cocok untuk menghilangkan penat dan menghabiskan waktu berbobot dengan keluarga.

Alamat: Jalan Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Estimasi nilai dan fasilitas:

  • Fun Camp: Rp1.000.000/malam, di mana Bunda bakal mendapatkan akomodasi tenda permanen dengan listrik, wi-fi, dan bilik mandi nan dilengkapi pemanas air.
  • Rumah Pohon: Rp3.000.000/malam. Fasilitas nan didapatkan adalah bilik 2 lantai dengan kapabilitas maksimal 4 orang. Kamar ini sudah dilengkapi dengan ranjang single twin bed, 1 bilik mandi dengan pemandangan rimba pinus.

Untuk mengetahui lebih tepat tentang akomodasi dan nilai untuk camping di The Lodge Maribaya, Bunda bisa mengunjungi laman resminya melalui akun IG @thelodgecampvillage.

Ilustrasi CampingIlustrasi Camping/ Foto: Getty Images/iStockphoto

6. Djamuju

Nah, jika tempat camping satu ini adalah salah satu hidden gem di wilayah Ciwidey, Bunda. Bunda bisa berkemah di pinggir sungai dengan pemandangan bukit nan hijau serta hamparan pedesaan nan asri di sekeliling.

Di tempat ini, Bunda perlu membawa tenda sendiri dari rumah ya. Sebab, Djamuju hanya menyediakan lapak kavling untuk Bunda dan family membangun perkemahan.

Sesampainya di lokasi, para penjaga lokasi wisata ini bakal ramah membantu untuk merakit tenda kemah nan dibawa. Selebihnya, Bunda tidak perlu cemas dengan fasillitas bilik mandi dengan segala sumber tenaga sinar dan listrik, lantaran itu semua sudah termasuk dalam nilai tiket masuk.

Alamat: Kampung Stamplat Girang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Estimasi nilai dan fasilitas: Biaya sewa kavling seharga Rp300.000 per malam untuk 4 orang. Fasilitas nan didapatkan adalah listrik, bilik mandi dengan water heater.

Jika Bunda berencana camping di sini, pastikan untuk menghubungi pihak Djamuju di kontak nan ada di IG @djamuju.coffeecamp ya. Sebab, jika tidak, Bunda mungkin bakal kesulitan mendapatkan spot untuk berkemah.

7. Curug Tilu Cipelah

Bunda lagi cari tempat camping di Bandung nan bagus tapi murah meriah? Curug Tilu Cipelah bisa menjadi tujuan destinasi liburan nan tepat.

Di lokasi wisata ini, ada air terjun alias curug yang menjadi spot paling terkenal dan viral di kalangan para pecinta kemah. Tak jauh dari curug, Bunda dapat mendirikan tenda untuk berkemah. Hamparan lapangan nan luas di area perkemahan ini bisa juga menjadi area bermain Si Kecil, Bunda.

Alamat: Cipelah, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Estimasi nilai dan fasilitas:

  • Tiket masuk: Rp5.000 per orang
  • Camping seharga Rp100.000 per tenda sudah termasuk dengan tenda, biaya parkir, listrik, dan juga toilet.

Ada baiknya, sebelum datang ke sini, Bunda melakukan reservasi pada nomor nan tertera di Google Maps, agar bisa mendapatkan spot kemah nan strategis untuk menikmati pemandangan, ya. 

8. Taman Langit Pangalengan Camping Ground

Taman Langit Pangalengan adalah lokasi wisata nan mempunyai daya tarik pada pemandangan alamnya. Dari tempat ini, visitor dapat menikmati pemandangan pegunungan nan hijau, perkebunan teh nan indah, serta langit biru nan memukau.

Keindahan alam nan tersaji ini membikin lokasi wisata di Bandung ini menjadi pilihan nan terkenal untuk camping. Di sini, Bunda dan family juga dapat menikmati pemandangan mentari terbit berbareng visitor lainnya.

Selain menikmati pemandangan alam nan spektakuler, Taman Langit Pangalengan juga menawarkan beragam aktivitas rekreasi. Beberapa di antaranya adalah bersepeda, trekking, alias berkuda di sekitar perkebunan teh. Terdapat juga wahana flying fox, dan taman bermain.

Alamat: Kp. Puncak Mulya, Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378

Estimasi nilai dan fasilitas:

  • Camping medium: Rp550.000 per orang per malam, dengan akomodasi nan bisa dinikmati seperti tenda, sleeping bag, kasur, lampu, tikar, dan kayu bakar.
  • Sunrise camping: Rp650.000 per orang per malam, dengan akomodasi tenda, sleeping bag, kompor dan cooking set, lampu, kayu bakar, dan tikar.

Jika mau mengetahui pilihan nilai dan akomodasi nan lain, silakan cek akun IG @tamanlangitpangelanganofficial alias kunjungi laman nan tertera.

9. Kebon Pines

Satu lagi lokasi wisata di Bandung nan menawarkan pengalaman camping di tengah hamparan pohon pinus. Kebon Pines adalah opsi baru untuk Bunda nan mau berkemah dengan pemandangan alam nan indah.

Tempat ini cocok untuk camping dan juga piknik di akhir pekan. Dengan area kemah nan begitu luas, Kebon Pines cocok untuk dikunjungi berbareng kawan ataupun family besar nan mau menghabiskan waktu healing bersama.

Di sini juga banyak taman kembang dengan area rekreasi nan bisa dijadikan tempat bermain untuk Si Kecil. Ada juga jembatan kayu nan bagus untuk tempat foto dengan keluarga.

Alamat: Genteng Lapang Jend. No.1, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Estimasi nilai dan fasilitas: 

  • Hari kerja: Rp1.000.000
  • Akhir pekan: Rp1.200.000

Fasilitas berupa glamping dengan kapabilitas untuk 4 orang, 2 buah kasur ukuran 120x200, water heater, bathub, kloset duduk, dispenser, camilan dan minuman ringan. Untuk info lebih jelas dan lengkap, kunjungi akun IG @kebon_pines.

10. Ranca Cangkuang

Ranca Cangkuang adalah lokasi wisata camping yang murah meriah dengan pemandangan alam nan bagus untuk dikunjungi. Hamparan pohon-pohon nan tumbuh mengelilingi lapangan rumput perkemahan menjadi sumber kesejukkan. Tak hanya itu, kebun teh dan bukit Teletubbies nan viral dari Ranca Cangkuang ini juga menjadi salah satu daya tarik tempat ini.

Alamat: Mekarsari, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat.

Estimasi nilai dan fasilitas: 

Tiket masuk seharga Rp18.000 per orang, dengan akomodasi toilet, listrik, dan lampu.

Saat mengunjungi tempat camping ini, jangan lupa untuk membawa tenda masing-masing ya. Bunda juga dapat menyewa peralatan camping pada masyarakat sekitar nan menawarkan. Informasi lebih lengkap, silakan kunjungi akun IG @rancacangkuang.

11. Tilu Bumi Nature Camp

Tilu Bumi adalah tempat nan cocok untuk dikunjungi oleh siapa pun nan mau menikmati kedamaian alam. Saat camping, Bunda dapat menikmati pemandangan waduk pemancingan nan tenang.

Selain itu, terdapat pula taman kembang nan tumbuh di sekitar danau. Walaupun tidak dikelilingi rimbunan pohon, area kemah di tempat ini tetap terasa sejuk dan nyaman.

Alamat: Jl. Raya Pangalengan, Pangalengan, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378

Estimasi nilai dan fasilitas

Harga camping mulai dari Rp700.000, dengan akomodasi seperti:

  • Dome Tent 1: kapasitas untuk 6 orang, nan difasilitasi kasur ukuran king dengan ekstra 2 matras, water heater, olahan daging BBQ, perangkat masak dan makan, wi-fi, dan bilik mandi.
  • Lakeside Tent: kapasitas untuk 8 orang, dengan akomodasi 4 kasur, bantal, selimut, perangkat masak dan makan, meja dan kursi, bilik mandi dengan water heater, dan wi-fi.

Informasi mengenai daftar harga camping dan sewa peralatan lainnya bisa didapatkan melalui akun IG @tilu.bumi alias laman nan dicantumkan pada media sosial terkait.

12. Sunrise Point Cukul

Satu lagi tempat camping di Bandung nan menawarkan pemandangan mentari terbit. Tempat ini adalah Sunrise Point Cukul yang berlokasi di sekitar perbukitan Pangalengan.

Di sini, terdapat banyak spot foto nan etestik untuk diabadikan berbareng keluarga, Bunda. Pemandangan dari hamparan bukit nan hijau dan asri di sini cocok juga dijadikan spot untuk berkemah. Selain itu, terdapat kebun teh nan mengelilingi sebagian besar wilayah lokasi wisata ini.

Alamat: Jl. Cukul, Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Estimasi nilai dan fasilitas:

  • Camping mandiri: Rp40.000/orang, namun tenda dibawa sendiri dari rumah ya, Bunda. Untuk akomodasi lainnya nan didapat adalah tiket masuk, parkir, booking area, listrik, dan toilet.
  • Paket tenda 1: Rp500.000 untuk 4 orang dalam satu tenda. Fasilitas nan diterima adalah tiket masuk, parkir, tenda, matras, sleeping bag, listrik, lampu, dan kayu bakar. 

Jika tertarik, Bunda dapat mengecek info secara komplit di IG @sunrisepointcukul.

13. Situ Cileunca

Tempat wisata di Bandung Selatan cocok untuk camping berbareng family besar. Situ Cileunca terletak di wilayah Pangalengan dan terkenal bakal keelokan dari pemandangan alamnya.

Hamparan kebun teh dan aliran sungai juga bisa ditemukan di Situ Cileunca. Lebih serunya lagi, di sini terdapat banyak sekali wahana nan sangat seru, ialah arung jeram, paintball, flying fox, offroad, dan tetap banyak lagi. Tentunya, ada juga wahana ramah anak, seperti area fun games.

Alamat: Parabon Desa Wanasari, Warnasari, Kec. Pangalengan, Bandung Selatan, Jawa Barat.

Estimasi nilai dan fasilitas:

  • Camping: dengan nilai Rp300.000 per orang, Bunda bakal mendapatkan akomodasi tenda, listrik, toilet dengan water heater, dan sarapan.
  • Villa akomodasi: Rp250.000 per orang, dengan akomodasi toilet water heater, sarapan, welcome drink.

Kedua pilihan paket menginap tersebut berlaku untuk minimal 4 orang. Untuk info lebih lanjut, dapat menghubungi kontak nan tertera di akun IG @situcileuncaofficial.

Nah, Bunda, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata untuk camping di Bandung dan Lembang. Semoga info ini bisa membantu Bunda dan family dalam memilih destinasi libur Lebaran ya.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(ank/ank)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda