Tanda-tanda Anak Kecanduan Gadget Dan Cara Mencegahnya!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Gadget hari ini sudah menjadi barang wajib nan melekat pada setiap orang, termasuk anak-anak. Memberikan gadget pada anak, terutama smartphone menjadi argumen orang tua nan sibuk dan tidak sempat menemani bermain setiap saat. Duh..tanpa disadari ini adalah tindakan nan fatal. Pada akhirnya banyak anak kecanduan gadget lantaran lupa waktu dan enggan bermain dengan kawan sebaya.


Dampak terlalu banyak screen time, di mana anak menghabiskan sebagian besar waktunya dengan menonton tayangan di sosial media, alias bermain game, tidak main-main lho Mums. Keterbatasan ruang bermain dan waktu, sebaiknya tidak menjadi argumen memberikan anak gadget. Apalagi menjadikan gadget sebagai senjata untuk mendiamkan anak. Padahal ada ancaman nyata di kembali anak kecanduan gadget. Apa saja tanda anak kecanduan gadget dan gimana langkah mencegahnya sebelum terlambat?

Baca juga: Dampak Bullying pada Anak dan Cara Mengatasinya



Tanda-tanda anak kecanduan gadget

Bermain games, nonton film, dan dan memandang tayangan intermezo dalam beragam platform digital sangat disukai anak-anak. Mereka rela menghabiskan waktu berjam-jam apalagi seharian dengan berselancar di bumi maya hingga kecanduan. Dan kebiasaan ini sudah dimulai sejak bayi! Lama-lama anak bakal kecanduan gadget dan tidak bisa lepas dari perangkat pandai ini, baik saat makan, alias menjelang tidur sekalipun.

Apakah anak Mums mulai kecanduan gadget? Perhatikan tanda-tanda di bawah ini, jika anak Mums mengalaminya, bisa jadi sudah kecanduan gadget:

  • Terus-menerus terpaku pada perangkat digitalnya

  • Kesal ketika tidak dapat mengakses gadget lantaran sinyal terganggu alias baterai habis

  • Tidak menunjukkan minat pada aktivitas lain

  • Sibuk dan tidak mendengarkan saat menggunakan gadget

  • Berbicara tentang aktivitas online saat mereka tidak menggunakan gadget

Baca juga: Anak Terlambat Bicara: Penyebab dan Cara Mengatasinya


Cara mengatasi anak kecanduan gadget

Jika anak menunjukkan gejala-gejala di atas, berikut ini langkah nan bisa Mums lakukan untuk mengatasi anak kecanduan gadget :


1. Luangkan waktu bermain dengan anak

Mums pernah enggak dalam sehari meluangkan waktu bicara dengan anak, dan mengajaknya bermain? Ini adalah langkah mengatasi anak kecanduan gadget nan paling utama. Kedekatan orang tua dan anak bakal mengalihkan perhatian anak hanya pada orang tuanya. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk quality time berbareng anak. Tanpa gadget!

2. Tetapkan batas nan jelas

Screen time alias menghabiskan waktu di depan layar hukumnya haram bagi anak di bawah 2 tahun. Di atas usia 2 tahun anak boleh memegang gadget namun hanya untuk video call, misalnya dengan nenek alias ayah dan ibunya. Setelah si mini mulai masuk sekolah, berikan batas nan jelas berapa lama dia boleh memegang gadget.

Panduan saat ini adalah maksimal 2 jam per hari nan dibagi dalam beberapa waktu. Setelah Mums membikin batas waktu dan durasi, terapkan hukuman nan tegas jika melanggar.

3. Dorong perilaku nan lebih aktif

Sebagai pengganti screen time, ciptakan situasi dan kondisi nan memungkinkan anak mempunyai aktivitas positif lainnya sehingga melupakan gadgetnya. Ajak si mini bermain di luar rumah lebih sering. Misalnya bersepeda, berenang, alias playdate dengan kawan sebaya.

4. Jadilah contoh

Anak adalah peniru ulung, karenanya orangtua mesti menjadi teladan nan baik. Berikan contoh langkah penggunaan gadget nan betul dan tepat. Orangtua tidak boleh bermain gadget berlebihan. Niscaya anak bakal meniru apa nan orangtuanya lakukan.



Kegiatan pengganti cegah anak kecanduan gadget

Banyak pilihan aktivitas positif nan bisa dilakukan untuk menghindari anak kecanduan gadget. Berikut ini di antaranya :

Olahraga

Dorong anak melakukan olahraga nan menjadi minatnya. Tunjukkan support konkret dengan mendaftarkan anak ke klub olahraga lampau antarkan dia berlatih secara rutin.

Tekuni kegemaran

Temukan minat dan kegemaran anak nan bisa menjadi sarana menghabiskan waktu senggang dan menyalurkan kegemaran nan bermanfaat. Hobi nan ditekuni bisa jadi relaksasi dari rutinitas dan menghindari anak kecanduan gadget.

Interaksi sosial

Beri kesempatan anak untuk bersosialisasi dengan kawan sebaya maupun ikut dalam organisasi tertentu, sehingga dia melupakan gadgetnya.

Terapkan pola hidup sehat

Beri contoh dan kenalkan anak pada pola hidup sehat dengan tidur nan cukup, aktivitas fisik, dan mengonsumsi makanan nan sehat. Hal ini bermaksud untuk menciptakan bentuk dan psikologis nan sehat.

Habiskan waktu berbareng

Menghabiskan waktu berbareng family secara berkala bisa menjadi langkah mencegah anak kecanduan gadget. Jadwalkan secara rutin dan lalukan dengan konsisten.


Jika saat ini si mini mulai merengek minta bermain HP, Mums bisa menerapkan perihal di atas sebagai langkah mencegah anak kecanduan gadget. nan terpenting, jangan memegang handphone saat berbareng anak, selain untuk sarana edukasi. Karena semua langkah tersebut sia-sia jika Mums dan Dads tidak memberikan contoh langsung.

Baca juga: Anak Suka Berbohong, Apa nan Harus Dilakukan Orang Tua?


Referensi :

Educare. technology-addiction-and-implications-for-children

Medicalnewstoday. signs-of-smartphone-addiction-in-children#how-to-help

Todayparents. screen-addiction-in-kids

Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan