Benarkah Minyak Makan Merah Bermanfaat Bagi Kesehatan? Ini Penjelasannya Bun

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Bunda tetap mencari pengganti minyak goreng nan tepat dan lebih sehat? Jika mau mencari nan lebih murah dari minyak goreng kelapa sawit tapi juga lebih sehat, coba minyak makan merah. 

Minyak goreng merupakan bahan pokok nan tak terpisahkan dari dapur rumah tangga Indonesia. Namun belakangan memang nilai minyak goreng melambung tinggi, memicu kekhawatiran dan keresahan.

Di tengah situasi ini, minyak makan merah datang sebagai pengganti nan disebut Presiden RI Joko Widodo lebih sehat dan murah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner 9 Kesalahan Orang Tua Didik RemajaBanner 9 Kesalahan Orang Tua Didik Remaja/ Foto: HaiBunda / Dwi Rachmi

"Harga minyak goreng merah tadi nilai minyak makan merah nan saya senang juga ada di bawah nilai minyak goreng biasa," kata Jokowi dalam keterangan persnya seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden.

Minyak ini diklaim lebih sehat dan murah dibandingkan minyak goreng biasa sehingga menjadi pilihan menarik bagi Bunda nan mau menjaga kesehatan serta menghemat pengeluaran.

"Saya senang juga di sini vitamin A, E dan nutrien lain tetap berada di minyak nan dipakai untuk menggoreng," tambah Jokowi. 

Mengenal minyak makan merah

Minyak makan merah adalah minyak goreng nan diekstrak dari kelapa sawit tanpa melalui proses pemurnian nan rumit. Hal ini menghasilkan minyak berwarna merah kecoklatan dengan aroma nan khas.

Perbedaan proses inilah nan membedakan minyak makan merah dengan minyak goreng biasa nan berwarna kuning pucat dan tidak berbau. Pabrik minyak makan merah pun baru diresmikan pada Maret 2024 oleh Presiden Jokowi.

Pabrik minyak makan merah berada di Deli Serdang, Sumatera Utara. Tak hanya di Deli Sedang, Jokowi berencana untuk membangun banyak pabrik minyak makan merah di beragam wilayah Indonesia.

"Kita bangun Pabrik Minyak Makan Merah ini nan pertama kali dan ini kita harapkan dapat memberi nilai tambah nan baik bagi petani sawit, utamanya nan sudah dalam corak koperasi. Jadi nilai TBS tidak naik dan turun lantaran di sini semuanya diolah menjadi peralatan jadi ialah menjadi minyak makan merah," demikian penjelasan presiden Jokowi.

Kandungan minyak makan merah

Minyak makan merah kaya bakal antioksidan, seperti tokoferol dan karotenoid. Antioksidan ini membantu tubuh melawan radikal bebas nan dapat menyebabkan kerusakan sel dan beragam penyakit kronis.

Selain itu, minyak makan merah juga mengandung vitamin E nan tinggi nan krusial untuk kesehatan kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh. Minyak ini juga mengandung masam lemak tak jenuh dobel nan baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kandungan lain dalam minyak makan merah juga terdapat masam oleat dan masam linoleat, golongan masam lemak omega-9 dan omega-6, nan bagus untuk perkembangan otak.

Berdasarkan info Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) tahun 2022, minyak makan merah juga mengandung konsentrasi karoten sebesar 753 ppm, vitamin E 1016 ppm, dan squalene 348 ppm.

Berdasarkan kandungannya, minyak makan merah menawarkan beberapa faedah potensial, antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Asam lemak tak jenuh dobel dalam minyak makan merah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

2. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Vitamin E dalam minyak makan merah membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut dengan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Meningkatkan perkembangan otak anak

Menurut Ahli gizi dari Universitas Airlangga Lailatul Muniroh, minyak makan merah juga bagus untuk perkembangan otak anak. 

"Minyak Makan Merah diklaim mempunyai kandungan nutrisi nan baik untuk anak-anak lantaran mengandung masam oleat dan masam linoleat, ialah golongan masam lemak omega-9 dan omega-6 nan krusial untuk perkembangan otak anak," kata Lailatul dilansir dari CNN Indonesia.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Karotenoid dalam minyak makan merah dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan degenerasi makula.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Antioksidan dalam minyak makan merah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan melawan radikal bebas.

Minyak makan merah juga dijual lebih murah dibandingkan minyak goreng biasa. Hal ini lantaran proses produksinya nan lebih sederhana dan tidak memerlukan banyak bahan kimia.

Dengan beragam kelebihannya, minyak makan merah patut dipertimbangkan sebagai pilihan minyak goreng nan lebih sehat dan ekonomis.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!
 

(fia/fia)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda