Alyssa Soebandono Melahirkan Lagi Di Usia 32 Tahun, Berikut Tips Hamil Di Usia Lebih 30 Tahun

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Kabar ceria datang dari family selebritas, Alyssa Soebandono dan Dude Harlino. Melalui akun instagram, pasangan nan menikah tahun 2014 ini mengumumkan kelahiran anak ketiganya nan diberi nama Aisyah Aulia Putri Harlino.

Terpaut usia 7 tahun dengan putra kedua Dude dan Alyssa, kehadiran Aisyah tentunya sangat dinantikan dan menjadi pelengkap kebahagiaan bagi family ini.

Baca juga: 5 Persiapan Melahirkan Caesar


Perjalanan Kehamilan Ketiga Alyssa Soebandono Tidaklah Mudah

Dilansir dari Liputan 6, perjalanan kehamilan ketiga Alyssa ini tidaklah mudah. Sudah sejak lama sebenarnya pasangan ini menantikan kehadiran seorang anak perempuan, lantaran memang anak pertama dan kedua mereka berjenis kelamin laki-laki.

Sebelum mengumumkan kehamilan ketiganya di bulan Desember 2023 lalu, rupanya Alyssa sudah sempat mengandung juga di tahun 2019, tetapi mengalami keguguran saat usia kandungan menginjak 9 minggu.

Namun, penantian tersebut akhirnya terbalas dengan manis. Setelah menunggu 7 tahun sejak kelahiran putra keduanya, Alyssa akhirnya dikaruniai seorang bayi wanita nan lahir pada tanggal 22 April kemarin. Alyssa mengungkapkan bahwa dirinya sempat tidak percaya, lantaran memang usianya sudah menginjak 32 tahun saat dia dinyatakan hamil.

Lia, panggilan putri ketiga Dude dan Alyssa lahir dengan kondisi nan sehat, berat 3,67 kg, dan panjang 48 cm. Sekali lagi, selamat ya Dude dan Alyssa!


Hamil di Usia 30 Tahun ke Atas Seperti Alyssa Soebandono? Ini nan Perlu Diperhatikan!

Kehamilan di atas usia 30 tahun seperti nan terjadi pada Alyssa Soebandono memang bukan perihal nan mudah. Penelitian mengungkapkan bahwa kehamilan di atas usia ini memang lebih berisiko, baik bagi ibu nan mengandung maupun janin.

Meski begitu, selama Mums memperhatikan beberapa perihal berikut, kehamilan di atas usia 30 tahun tetap bisa kok melangkah dengan kondusif dan nyaman. Berikut beberapa perihal tersebut:

1. Ketahui riwayat kesehatan dan juga kehamilan Mums sebelumnya

Di atas 30 tahun, tubuh kita biasanya bakal mengalami penurunan daya tahan tubuh. Tentunya perihal ini bakal semakin berisiko bagi seorang ibu hamil. Maka itu, jika Mums beriktikad untuk mengandung alias sudah dinyatakan mengandung pada usia 30 tahun ke atas, pastikan untuk mengetahui riwayat kesehatan Mums. Hal ini krusial untuk membantu master kandungan menentukan langkah pencegahan nan tepat demi menjaga kesehatan kehamilan Mums.

Selain itu, jika Mums sudah pernah mengandung alias melahirkan sebelumnya, pastikan juga memberi tahu riwayat tersebut kepada dokter. Sehingga master bisa memberikan saran medis nan sesuai dengan kondisi Mums.

2. Lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin

Pemeriksaan kehamilan sebenarnya tidak hanya perlu dilakukan jika Mums mengandung di atas usia 30 tahun, tapi pada usia berapa pun. Pemeriksaan rutin di setiap bulan kehamilan krusial dilakukan untuk memastikan perkembangan bayi dalam kandungan dan juga kondisi kesehatan Mums. Jika memang ditemukan adanya masalah selama kehamilan, penanganan tepat dapat segera dilakukan untuk mengurangi akibat nan lebih buruk.

3. Terapkan pola makan nan sehat

Selama hamil, Mums memerlukan lebih banyak asupan masam folat, kalsium, unsur besi, vitamin D, dan nutrisi krusial lainnya. Jadi, pastikan untuk selalu menerapkan pola makan nan sehat. Nutrisi nan optimal selain dapat mendukung perkembangan bayi dalam kandungan, ini juga krusial untuk menjaga penambahan berat badan Mums tetap ideal.

4. Tetap aktif

Aktivitas bentuk nan teratur dapat membantu Mums tetap bugar, meringankan ketidaknyamanan selama hamil, dan mempersiapkan bentuk menjelang persalinan. Namun, tetap konsultasikan pada master ya untuk aktivitas bentuk apa nan kondusif dilakukan oleh Mums.

5. Konsumsi vitamin mengandung secara rutin

Sama halnya dengan pemeriksaan dan makanan nan bernutrisi, vitamin kehamilan juga perlu Mums konsumsi secara rutin. Biasanya master bakal memberikan vitamin sesuai dengan kondisi Mums. Jadi, pastikan untuk selalu menginformasikan kondisi Mums selama mengandung kepada dokter, ya.


Nah, itu tadi beberapa perihal nan perlu diperhatikan jika Mums mengandung di usia 30 tahun ke atas seperti Alyssa Soebandono. Ayo, kira-kira Mums ada nan beriktikad mengandung di atas usia 30 tahun seperti Alyssa enggak nih? (BAG)

Baca juga: Asam Lambung Ibu Hamil Naik, Penyebab dan Cara Mengatasinya


Referensi

Liputan 6. Melahirkan Anak Ketiga, Ini 6 Potret Perjalanan Kehamilan Alyssa Soebandono.

Mayo Clinic. Pregnancy after 35: Healthy pregnancies, healthy babies.


Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan