Mengenal Apa Itu Hypnobirthing: Teknik Persalinan Yang Bikin Rileks

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Mums pernah mendengar hypnobirthing? Mungkin Mums mau tahu apa itu hypnobirthing. Ini merupakan salah satu metode manajemen nyeri nan dapat digunakan selama proses persalinan dan melahirkan. Tujuannya agar selama proses persalinan Mums bisa lebih rileks.


Hypnobirthing merupakan campuran dari teknik visualisasi, relaksasi, dan pernapasan nan bermaksud membantu ibu mengandung merasa lebih tenang, lebih terkendali, dan lebih bisa mengatasi nyeri persalinan. Yuk, simak apa itu hypnobirthing selengkapnya di sini!

Baca juga: 5 Persiapan Melahirkan Caesar


Apa itu hypnobirthing?

Jadi jika Mums bertanya-tanya apa itu hypnobirthing, maka jawabannya adalah: “Hypnobirthing mengajarkan keahlian relaksasi, visualisasi, dan self-hypnosis.” Hypnobirthing semakin terkenal lantaran beberapa orang mengatakan ini adalah langkah melahirkan dengan lembut dan tenang. Beberapa orang menggambarkannya sebagai membiarkan mereka melahirkan tanpa obat.

Hypnobirthing bukan berfaedah Mums tidak bakal merasakan nyeri persalinan sama sekali. Karena pada hypnobithing, tetap digunakan beragam jenis metode pengurangan nyeri secara bersamaan. Hypnobirthing mencoba memberikan pandangan positif kepada ibu mengandung tentang persalinan dan kepercayaan bahwa melahirkan tidak kudu menyakitkan. Tujuannya adalah persalinan nan lebih singkat, nyaman, mudah, dan tidak memerlukan intervensi alias pereda nyeri. Dengan tubuh nan rileks dan fokus, nyeri persalinan bisa diatasi dengan lebih tenang.

Latihan pernapasan telah lama menjadi bagian dari kelas antenatal. Nah, apa bedanya dengan hypnobirthing? Teknik pernapasan pun dilakukan pada hypnobirthing, namun dengan menambahkan teknik relaksasi, visualisasi, dan perhatian. Dengan begitu, ibu mengandung bakal berada pada kondisi ketenangan dan kesadaran nan mendalam. Harapannya, ibu mengandung nan bakal melalui proses persalinan dapat menghindari gangguan, lebih konsentrasi hanya pada tubuh dan bayi saja, serta merasa lebih baik menjelang persalinan.


Bagaimana langkah kerja hypnobirthing?

Pengalaman nyeri persalinan nan dialami wanita dapat bervariasi dalam intensitasnya; namun ketakutan, ketegangan dan kekhawatiran dapat memperburuk kondisi tersebut. Hipnosis bermaksud mempersiapkan seorang wanita nan bakal melahirkan dengan menyusun ulang representasi persalinan dari pengalaman nan menyakitkan dan sulit, menjadi pengalaman nan positif.


Aktivitas mental dan bentuk nan dilakukan melalui hypnobirthing dapat mengurangi perihal tersebut. Apakah ini betul-betul sukses dan apakan ada buktinya?


Tinjauan sistematis terhadap intervensi berbasis hipnosis selama kehamilan menemukan bahwa hipnosis meningkatkan pengalaman melahirkan dengan mengurangi rasa takut dan nyeri serta meningkatkan rasa kontrol terhadap diri.


Hal ini bakal menciptakan pengalaman emosional dan pandangan seorang wanita terhadap persalinan, di mana kekhawatiran menurun, kepuasan bertambah, lebih sedikit intervensi kelahiran, dan lebih banyak kebahagiaan pasca melahirkan. Tentunya ini memberikan pengalaman melahirkan nan lebih baik secara keseluruhan.


Penelitian lain menemukan bahwa self-hypnosis meningkatkan 'perasaan tenang, percaya diri, dan berdaya.'

Baca juga: Normal alias Sungsang? Ini Beberapa Posisi Janin Menjelang Persalinan


Cara melakukan hypnobirthing

Hypnobirthing melibatkan teknik pembelajaran nan dapat Mums gunakan sebelum, selama, dan sesudah persalinan.


Teknik visualisasi

Di sini Mums diminta membayangkan sesuatu nan menyenangkan dalam pikiran untuk mengalihkan rasa nyeri persalinan. Mums bisa membayangkan tempat tertentu nan indah, alias mungkin sesuatu nan lebih tidak jelas, seperti emosi alias skenario nan menyenangkan.


Misalnya, Mums membayangkan kembang nan mekar pada setiap gelombang persalinan, alias membayangkan gimana rasanya menggendong bayi dari kulit ke kulit setelah mereka lahir. Anggap saja ini sebagai langkah untuk membantu Mums merasa lebih siap dan percaya diri.


Afirmasi kehamilan dan kelahiran

Afirmasi alias "mantra" dapat membantu Mums mengubah pola pikir sehingga melahirkan terasa lebih memberdayakan daripada membebani. Menerapkan pengalaman ini dapat membantu Mums rileks dan merasa lebih terkendali.


Mengubah kata-kata nan Mums gunakan juga dapat membantu. Coba gunakan 'gelombang' dan bukan 'kontraksi'. Saat persalinan tiba, Mums bisa ucapkan afirmasi:

“Saya tenang, saya percaya diri, saya bahagia.”

“Aku bisa melakukan ini, kita bisa melakukan ini, mari nak lakukan bersama-sama!’

“Setiap gelombang nan saya alami membikin saya semakin dekat untuk berjumpa dengan bayi saya.”


Teknik relaksasi

Relaksasi mendalam adalah sejenis teknik meditasi. Ini dapat membantu Mums mempertajam tubuh dan bayi selama persalinan dan menghalangi kebisingan tambahan alias hal-hal nan terjadi di sekitar Mums. Relaksasi bisa dilakukan dengan pernapasan dalam, hipnosis diri, fokus, dan lain-lain.


Fakta nan kurang tepat tentang hypnobirthing

Sering terjadi kesalahpahaman mengenai hypnobirthing, ialah wanita kehilangan kendali atas pikiran lantaran terhipnotis. Ini tidak benar. Wanita nan menggunakan self-hypnosis selama persalinan sepenuhnya memegang kendali dan sadar bakal apa nan terjadi pada dirinya dan orang di sekitarnya. Tujuan hypnobirthing adalah membantu seorang wanita konsentrasi dan meningkatkan pengalaman melahirkannya.


Keuntungan hypnobirthing antara lain membantu wanita merasa lebih percaya diri dengan diri mereka sendiri dan keahlian mereka untuk menjalani persalinan dengan emosi terkendali, sehingga menghasilkan pengalaman melahirkan nan lebih positif.


Hypnobirthing dapat mengurangi kekhawatiran dan mengurangi ketakutan mengenai kehamilan dan persalinan. Hal ini dapat menyebabkan rendahnya persepsi nyeri selama persalinan, dan mempersingkat lama persalinan.


Jika Mums mau mempelajari hypnobirthing, sebaiknya dimulai sejak awal kehamilan, alias minimal di trimester kedua. Karena dibutuhkan waktu untuk menguasai teknik pernapasan, visualisasi, dan self-hypnosis. Hal ini bakal lebih efektif jika dilakukan secara rutin selama kehamilan.

Baca juga: Plus Minus melahirkan dengan Metode ILA


Referensi:

NCT. hypnobirthing-where-start

Tommys. pain-relief/hypnobirthing

Selengkapnya
Sumber Tips dan Informasi Kesehatan
Tips dan Informasi Kesehatan