Perubahan Warna Payudara Saat Hamil Muda, Bunda Perlu Tahu

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Selama mengandung tentunya terdapat perubahan nan terjadi di dalam tubuh, khususnya di area perut dan payudara. Hal ini lantaran kedua bagian tubuh ini memegang peranan penting, termasuk tetek nan sedang mempersiapkan diri untuk proses menyusui.

Saat mengandung tetek terus berubah, perubahan ini meliputi beragam perihal misalnya perubahan warna. Untuk Bunda nan sedang mengandung muda perubahan warna tetek ini perlu diketahui dengan cermat.

Maka dari itu, berikut telah HaiBunda rangkum beragam perihal tentang perubahan warna tetek saat mengandung muda nan perlu diketahui. Simak sampai tuntas ya, Bunda. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Perubahan warna tetek saat hamil

Melansir dari HSE, semua perubahan nan terjadi pada tetek selama kehamilan, kebanyakan disebabkan pengaruh dari hormon kehamilan. Untuk perubahan warna tetek sendiri hormon nan berpengaruh adalah esterogen dan progesteron, Bunda. 

Kondisi ketika warna tetek berubah dalam istilah medis dikenal dengan istilah areola gravidarum. Perubahan warna nan terjadi membikin areola menjadi lebih gelap dan terkadang membikin areola menjadi lebih lebar.

Areola gravidarum bukanlah perihal nan perlu dikhawatirkan lantaran merupakan respons nan sangat normal terhadap perubahan hormon di dalam tubuh. Seiring dengan berjalannya waktu areola nan menggelap bakal kembali cerah dengan sendirinya, Bunda.

Faktor genetik juga berpengaruh

Selain pengaruh dari hormon, aspek genetik juga memegang peranan terhadap perubahan warna tetek saat mengandung muda. Maka dari itu, terkadang ada ibu mengandung nan mengalami perubahan warna tetek lebih sigap dibanding nan lain. Sebagian nan lain juga ada nan mungkin sama sekali tak mengalaminya. 

Tak perlu cemas lantaran perubahan ini bukanlah sesuatu nan kudu terjadi dan andaikan terjadi juga tak perlu dikhawatirkan. Melansir dari Medical News Today untuk waktu perubahan warna tetek sendiri, pada ibu mengandung biasanya baru mulai terjadi di minggu ke 14 kehamilan. 

Ilustrasi payudaraIlustrasi payudara/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Perubahan lain nan mungkin terjadi

Selain perubahan warna, terdapat beberapa perihal lain nan mungkin terjadi pada tetek selama kehamilan, Bunda.

1. Kelembutan dan rasa tidak nyaman

Perubahan lain nan bisa terjadi di area tetek selama mengandung muda adalah tetek menjadi lebih lembut dan timbul rasa tidak nyaman. Hal ini lagi-lagi dipengaruhi oleh perubahan hormon selama kehamilan.

"Perubahan tersebut terjadi lantaran meningkatnya kadar hormon dalam tubuh dan peningkatan aliran darah ke jaringan payudara," tutur Valinda Nwadike, Dokter Spesialis Kebidanan dan Ginekologi

Kelembutan ini biasanya terjadi di area puting. Sedangkan untuk rasa tidak nyaman bisa terasa di seluruh area payudara. Rasa tidak nyaman meliputi rasa nyeri terutama saat tetek di sentuh.

2. Pembuluh darah biru lebih terlihat

Saat mengandung volume darah biasanya meningkat cukup tinggi, mencapai nyaris 50 persen. Peningkatan pembuluh darah ini menyebabkan pembuluh darah biru terlihat menonjol di bawah kulit. Munculnya pembuluh darah ini adalah hasil respons alami tubuh terhadap untuk membawa peningkatan volume darah ke seluruh tubuh.

3. Pembesaran

Banyak ibu mengandung nan mengira tetek bakal membesar jelang persalinan. Padahal, pembesaran tetek bisa terjadi sejak trimester awal kehamilan, maka jangan heran jika ukuran bra bakal bertambah selama awal hingga akhir kehamilan.

Pembesaran ukuran tetek ini mungkin bakal menimbulkan rasa tidak nyaman seperti nyeri dan gatal. Namun selama rasa tidak nyaman tersebut tetap dalam pemisah wajar, Bunda tak perlu khawatir.

Bunda, itulah dia beberapa perihal mengenai perubahan warna nan terjadi pada tetek saat mengandung muda. Bukan hanya perubahan warna, terdapat beberapa perubahan lain juga nan bisa Bunda rasakan. 

Dari beragam perubahan tetek tersebut, adakah nan Bunda rasakan selama kehamilan? Demikianlah info nan bisa HaiBunda sampaikan, semoga info ini berfaedah ya untuk Bunda nan tengah menjalani masa-masa kehamilan.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(pri/pri)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda