9 Penyebab Jerawat Di Alis Dan Cara Mengatasinya, Waspada Tanda Kesehatan Hati Bermasalah

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Tahukah Bunda bahwa jerawat di alis dapat menjadi tanda kesehatan hati bermasalah? Area sekitar mata, terutama alis, dipercaya berasosiasi langsung dengan organ hati. Yuk, Bunda, kenali penyebab jerawat di alis dan langkah mengatasinya berikut ini.

Jerawat dapat muncul di mana saja, mulai dari beberapa area wajah hingga sejumlah bagian tubuh. Munculnya jerawat disebabkan oleh beberapa hal, umumnya lantaran aspek kebersihan, hormon, hingga style hidup. Banyaknya kelenjar minyak di wajah dan dahi, membikin jerawat sering terjadi di antara alis.

Jerawat di alis dapat menjadi indikasi masalah kesehatan hati. Untuk itu, Bunda kudu memahami penyebab dan langkah untuk mengatasinya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Jenis jerawat di alis

Melansir dari Healthline, terdapat beberapa jenis jerawat nan muncul di alis, di antaranya.

1. Jerawat kistik

Jerawat kistik berupa benjolan berisi nanah. Meskipun sebagian besar jerawat kistik berada di bawah kulit, jerawat juga dapat berupa benjolan merah alias putih di alis. Jerawat kistik biasanya menyakitkan dan seringkali susah untuk dihilangkan.

2. Pustula

Pustula adalah lesi seperti lepuh berisi nanah. Pustula seringkali berwarna putih alias kuning di bagian atas dan merah di bagian bawah. Jerawat ini menimbulkan rasa sakit. 

3. Papula

Papula adalah benjolan kecil, padat, dan bulat di kulit. Papula bertekstur lembut, namun setelah beberapa hari dia bakal berisi nanah dan berubah menjadi pustula.

4. Komedo putih

Komedo putih adalah benjolan putih mini di kulit. Komedo putih terjadi ketika pori-pori nan tersumbat tertutup di permukaan. Beberapa komedo putih adalah bagian atas jerawat di bawah kulit.

5. Komedo

Komedo adalah pori-pori tersumbat nan terbuka terhadap udara. Saat terkena udara, kuman dan minyak di pori-pori berubah menjadi coklat. Pori-pori tersumbat inilah nan bakal menjadi komedo berupa bintik-bintik hitam.

Apakah ada hubungannya  antara jerawat di alis dengan kesehatan hati?

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, area sekitar mata terhubung ke hati. Oleh lantaran itu, masalah di sekitar mata, seperti jerawat di antara alis, dapat mengindikasikan adanya masalah pada hati. 

Karena hati terlibat dalam detoksifikasi tubuh, hati mempunyai peran krusial bagi kesehatan. Untuk itu, Bunda kudu memahami penyebabnya dan melakukan langkah untuk mengatasinya.

Penyebab jerawat di alis

Ada beberapa argumen kenapa Bunda mempunyai jerawat di alis. Melansir dari Healthline, berikut penyebab jerawat di alis.

1. Pori-pori tersumbat

Pori-pori bisa tersumbat oleh beragam hal, diantaranya minyak dari wajah, rambut, alias tangan, keringat, dan sel kulit mati. Meskipun kelenjar keringat juga merupakan pori-pori di kulit, folikel rambut adalah pori-pori utama nan menyebabkan jerawat. Inilah kenapa pori-pori tersumbat membikin Bunda mempunyai jerawat di alis.

2. Kulit berminyak

Kulit berminyak adalah salah satu penyebab paling umum timbulnya jerawat. Minyak berlebih pada kulit dapat menyumbat folikel rambut, nan menyebabkan timbulnya jerawat ketika folikel nan tersumbat tersebut meradang alias terinfeksi. 

Karena wajah dan dahi mempunyai banyak kelenjar minyak, orang dengan kulit berminyak biasanya mengalami jerawat di sekitar dan di antara alisnya.

3. Rambut nan tumbuh ke dalam alias ingrown hair

Mencabut alias mencukur alis dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Hal ini terjadi ketika sebagian rambut nan lenyap tumbuh kembali ke dalam kulit. Ingrown hair dapat menimbulkan jerawat jika folikel rambut tersumbat.

Mencabut rambut alis lebih sering menyebabkan rambut tumbuh ke dalam dibandingkan metode penghilangan bulu lainnya. Hal ini dikarenakan dengan mencabut lebih mungkin menyebabkan rambut patah dan tertinggal di bawah kulit. Saat rambut mulai tumbuh kembali, rambut mungkin tumbuh ke dalam. Hindari mencabut alis untuk mencegah adanya jerawat ya, Bunda.

4. Kosmetik

Beberapa kosmetik dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Beberapa produk makeup seperti gel alis secara unik dapat menyebabkan jerawat di antara alis. Selain itu, perangkat makeup nan kotor juga dapat menimbulkan jerawat lantaran menampung bakteri. 

5. Waxing alis

Seperti langkah merapikan alis lainnya, waxing alis dapat menyebabkan ingrown hair, nan dapat menimbulkan jerawat. Selain itu, mencabut bulu dengan waxing dapat meninggalkan lubang pada folikel rambut nan dapat dimasuki bakteri.

6. Diet

Ada beberapa bukti bahwa makanan tertentu dapat menyebabkan jerawat. Sejumlah intelektual menjelaskan bahwa makanan tinggi karbohidrat dan produk olahan susu dapat memperburuk jerawat.

7. Sering menyentuh wajah 

Saat Bunda menyentuh wajah, minyak alami di tangan beranjak ke wajah. Hal ini dapat menyumbat pori-pori. Selain itu, tangan Bunda dapat mengandung bakteri, sesering apapun Bunda mencuci tangan. Sehingga menyentuh wajah dapat membawa kuman pada tangan beranjak dan menimbulkan jerawat.

8. Hormon

Perubahan hormonal dapat memicu timbulnya jerawat, terutama pada wanita nan mengalami pergolakan hormon setiap bulannya, alias remaja nan sedang mengalami perubahan hormon. Jerawat hormonal paling umum terjadi pada:

  • Sekitar periode menstruasi
  • Selama menopause
  • Selama masa kehamilan
  • Tepat setelah Bunda mengganti perangkat kontrasepsi 

9. Gaya rambut 

Melansir dari Be Beautiful In, style rambut juga dapat menyebabkan munculnya jerawat pada alis loh, Bunda. Beberapa style rambut, seperti poni nan terus-menerus menyentuh dahi dan alis, dapat memindahkan minyak dan kotoran dari rambut ke wajah. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya menimbulkan jerawat. Untuk memastikan perihal ini tidak terjadi, jauhkan poni dari wajah menggunakan jepit rambut alias ikat kepala ya, Bunda.

Cara mengatasi jerawat di alis

Terdapat beberapa langkah untuk melenyapkan jerawat. Melansir dari Healthline, Bunda dapat menghilangkan jerawat dengan sejumlah produk skincare, obat jerawat, maupun merubah style hidup. Selain itu, Bunda dapat melakukan cara-cara berikut ini.

1. Obat jerawat

Bunda dapat menggunakan sejumlah obat jerawat dengan resep master kulit. Obat jerawat nan efektif mengatasi jerawat di alis adalah obat nan mengandung retinoid dan benzoil peroksida. Retinoid adalah kandungan skincare nan terbuat dari vitamin A. Retinoid mengandung masam salisilat nan dapat memecah komedo hitam dan komedo putih. Sedangkan benzoil peroksida dapat membunuh kuman penyebab jerawat dan menghilangkan minyak berlebih pada kulit.

2. Perubahan style hidup

Untuk menghilangkan jerawat, Bunda kudu melakukan beberapa perubahan style hidup. Bunda dapat mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat, lantaran dapat membikin kulit lebih berminyak. Selain itu, kelola stress agar tidak memperburuk jerawat ya, Bun. Dan nan paling penting, hindari kebiasaan menyentuh alias memencet jerawat.

3. Perawatan medis

Jika jerawat tak kunjung membaik, Bunda dapat menemui master kulit untuk meminta rekomendasi obat alias treatment pembasmi jerawat. Bunda mungkin bakal diresepkan beberapa obat alias direkomendasikan perawatan laser. Jangan takut untuk berkonsultasi dengan master terpercaya ya, Bunda.

Cara mencegah jerawat di alis

Melansir dari Healthline, Bunda dapat mencegah jerawat muncul di alis dengan beberapa langkah berikut ini.

  1. Cuci muka secara rutin, terutama jika memakai topi alias berkeringat di siang hari.
  2. Hindari menyentuh wajah.
  3. Jika mempunyai rambut berminyak, keramaslah secara teratur. Bunda juga dapat mempertimbangkan untuk mengganti sampo jika ada jerawat di antara alis.
  4. Pilih produk non komedogenik untuk makeup dan skincare.
  5. Jika mempunyai poni, pertimbangkan untuk mengubah style rambut.
  6. Hindari produk nan mengiritasi kulit, termasuk segala jenis scrub alias eksfolian nan kuat.
  7. Cuci muka dengan air hangat sebelum mencabut alias melakukan waxing alis. Ini bakal membantu mencegah rambut tumbuh ke dalam.
  8. Jika mengenakan apa pun di dekat garis alis, seperti topi, ikat kepala, alias peralatan olahraga, jagalah kebersihannya agar kuman tidak beranjak ke wajah.
  9. Jika Bunda memakai makeup, termasuk gel alis, hapus makeup secara menyeluruh sebelum tidur.

Bunda, itulah penyebab jerawat di alis dan langkah mengatasi jerawat. Jangan lupa cegah jerawat dengan beberapa langkah nan disarankan ya, Bunda. Semoga bermanfaat, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(som/som)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda