15 Makanan Untuk Menyuburkan Dan Mengentalkan Sperma Ayah Agar Istri Cepat Hamil

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Upaya untuk menyukseskan program kehamilan rupanya juga dipengaruhi dari asupan nan dikonsumsi Ayah. Yuk, ketahui makanan untuk menyuburkan dan mengentalkan sperma Ayah agar istri sigap hamil.

Nutrisi memang memainkan peran krusial dalam peningkatan kesuburan. Selama ini, banyak orang membicarakan keberhasilan promil dari sisi perempuan, padahal kesuburan laki-laki juga mempunyai peranan nan sama besarnya.

Definisi sperma

Sperma adalah sel reproduksi laki-laki nan membuahi sel telur wanita selama hubungan seksual. Ini adalah sel unik nan dimaksudkan untuk berenang melalui sistem reproduksi wanita dan membuahi sel telur di sana. Sperma terdiri dari tiga komponen utama ialah sebagai berikut:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


1. Kepala - Merupakan materi genetik (DNA) nan bakal diturunkan kepada keturunannya terdapat di kepala sperma. Dalam perihal ini, juga dilapisi dengan enzim nan membantu penetrasi sperma pada lapisan luar sel telur.
2. Bagian tengah – Mitokondria penghasil daya di bagian tengah sperma memasok daya nan dibutuhkan sperma untuk berenang.
3. Ekor – Ekor adalah pelengkap seperti cemeti nan menggerakkan sperma melalui sistem reproduksi perempuan.

Bagaimana jumlah sperma memengaruhi infertilitas pria?

Jumlah sperma berfaedah jumlah sel sperma dalam sampel sperma. Konsentrasi sperma nan sehat biasanya lebih tinggi dari 15 juta sperma per mililiter alias lebih tinggi sesuai dengan WHO Manual on Semen Examination.

Ketika jumlah sperma berada di bawah level ini, kesempatan keberhasilan pembuahan menjadi berkurang. Jumlah sperma nan rendah dapat menurunkan kemungkinan pembuahan dan meningkatkan akibat infertilitas pria. Oleh lantaran itu, jumlah sperma merupakan salah satu aspek terpenting mengenai kesuburan pria.

Kekhawatiran mengenai penurunan kualitas dan jumlah sperma serta tingkat kesuburan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata, jumlah sperma pada laki-laki semakin menurun dalam kurun waktu 50 tahun. Ini adalah kejadian dunia dan perihal ini betul-betul memprihatinkan. 

Meskipun belum ada satu penyebab pasti nan dapat kita tunjuk secara kolektif, perkiraan banyak ahli medis adalah bahwa perihal ini disebabkan oleh beragam faktor, dengan polusi dunia dan gizi jelek serta pola makan sebagai aspek utama. Banyak penelitian nan dilakukan oleh para ahli medis menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat berakibat negatif pada produksi sperma. Namun berita baiknya adalah ada makanan nan juga bisa meningkatkan jumlah sperma.

Makanan nan menyuburkan dan mengentalkan sperma

Pilihan style hidup dan pola makan dapat meningkatkan alias menurunkan jumlah dan motilitas sperma. Memasukkan makanan tertentu ke dalam makanan harian dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan kesuburan secara keseluruhan. 

Meskipun hasil setiap perseorangan mungkin berbeda-beda, berikut ini referensi makanan tertentu nan telah terbukti meningkatkan jumlah sperma Ayah agar istri sigap hamil:

1. Tiram

Tiram mempunyai konsentrasi zinc nan tinggi, nan diperlukan untuk produksi dan kualitas sperma. Namun harganya mahal sehingga suplementasi dengan tablet Zinc sudah cukup.

2. Biji labu

Biji labu bergizi dan dapat memberikan pengaruh positif terhadap kesejahteraan seseorang secara keseluruhan. Biji mini namun kuat ini merupakan sumber seng nan sangat baik untuk menjaga kesehatan sperma dan kesuburan pria. Konsumsi seng nan cukup terbukti mempunyai hubungan baik dengan peningkatan kualitas sperma, motilitas, dan kadar testosteron.

3. Dark chocolate

Dark chocolate dikenal lantaran rasanya nan kaya dan pekat, telah lama dianggap sebagai makanan nan nikmat. Namun, suguhan lezat ini mungkin menawarkan lebih dari sekadar rasa nan memuaskan. Ternyata  ini mengandung antioksidan dan mengandung L-arginin, senyawa nan dikaitkan dengan peningkatan jumlah dan motilitas sperma.

4. Bayam

Bayam diketahui berakibat positif terhadap kesuburan pria, terutama lantaran konsentrasi masam folatnya nan tinggi. Mempertahankan kadar masam folat nan tepat sangat krusial bagi pria, lantaran memainkan peran krusial dalam menjaga corak sperma dan mencegah kelainan.

Kadar masam folat nan tidak memadai dapat menyebabkan kelainan sperma, mengurangi keahlian membuahi sel telur, dan meningkatkan kemungkinan abnormal lahir seperti dikutip dari laman Fertiltree.

5. Kenari

Kacang kenari mempunyai banyak faedah kesehatan nan dapat sangat meningkatkan kesehatan sperma. Kenari juga mengandung masam lemak omega-3 nan dapat membantu sperma bergerak lebih baik. Kacang kenari juga mempunyai antioksidan seperti vitamin E dan polifenol nan melindungi sel sperma dari kerusakan akibat unsur rawan di dalam tubuh.

6. Asparagus

Asparagus adalah sayuran hijau nan dikenal lantaran banyak faedah kesehatannya. Ini adalah sumber nan kaya vitamin C, nan melindungi dari radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, asparagus berfaedah bagi laki-laki nan mau meningkatkan volume air mani. Kandungan vitamin C nan tinggi pada sayuran ini dapat membantu menjaga kualitas dan jumlah sperma, menjadikannya pilihan makanan ideal bagi laki-laki nan mau meningkatkan kesehatan reproduksinya.

7. Jeruk

Pentingnya antioksidan dalam menjaga kesehatan telah diketahui dengan baik. Antioksidan seperti Vitamin C nan terdapat pada buah jeruk juga berkedudukan krusial dalam meningkatkan kesuburan pria. 

8. Tomat

Tomat adalah bahan nan terkenal dan serbaguna di banyak masakan di seluruh dunia. Mereka juga mengandung likopen, antioksidan kuat nan mempunyai banyak faedah kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan jumlah sperma bagi pria. 

9. Delima

Delima adalah buah bergizi tinggi dengan beberapa potensi faedah kesehatan. Buah ini mengandung beragam antioksidan nan berfaedah bagi kesehatan secara keseluruhan.

Minum saribuah buah delima diketahui bisa mengurangi unsur rawan di dalam darah. Zat ini dapat berakibat jelek pada sel sperma. Dengan mengonsumsi saribuah buah delima, sel sperma diyakini bakal lebih terlindungi dari kerusakan molekul berbahaya, sehingga meningkatkan peluangnya untuk mencapai dan membuahi sel telur.

10. Gandum utuh

Memasukkan makanan seperti roti gandum, quinoa, beras merah, dan oat ke dalam menu makanan harian dapat mendukung kesehatan sperma nan optimal.

Daripada menjalani diet rendah karbohidrat, para mahir menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat dengan indeks glikemik rendah, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Makanan ini kaya bakal nutrisi krusial seperti antioksidan dan serat, nan berfaedah bagi kesuburan pria.

11. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa berjulukan allicin nan dipercaya mempunyai faedah dapat melancarkan aliran darah ke organ seksual pria. Hal ini mungkin berakibat positif pada jumlah sperma dan volume air mani. 

12. Kacang-kacangan

Lentil dianggap sebagai sumber nan kaya protein, serat, dan folat. Serat dan folat sangat krusial dalam menjaga keseimbangan hormon nan sehat dalam tubuh. Lentil mengandung spermidine tingkat tinggi nan diketahui berfaedah untuk pembuahan.

13. Alpukat

Alpukat adalah pembangkit tenaga listrik sejati untuk meningkatkan kesehatan sperma. Dengan tingkat folat, vitamin E, dan seng nan tinggi, alpukat menyediakan nutrisi krusial nan dibutuhkan untuk jumlah dan motilitas sperma nan optimal.

14. Salmon dan sarden

Salmon dan sarden merupakan sumber masam lemak omega-3 nan kaya, terkenal lantaran beragam faedah kesehatannya, seperti menurunkan tekanan darah dan mengurangi penumpukan plak arteri.

Asam lemak ini juga termasuk dalam sepuluh vitamin dan suplemen terbaik untuk meningkatkan jumlah sperma. Makanan kaya omega-3 berkedudukan krusial dalam pembentukan dan struktur sel sperma dan sel lain di dalam tubuh.

15. Goji berry

Meski belum ada bukti medis, goji berry diyakini dapat meningkatkan mood dan menciptakan suhu optimal untuk produksi sperma di kantong skrotum. Hal ini mungkin disebabkan oleh adanya antioksidan nan dapat meningkatkan motilitas dan kesuburan sperma.

Makanan nan mengganggu kesuburan

Selain itu, laki-laki juga disarankan untuk menghindari makanan nan dapat mengganggu kesuburan. Berikut ini di antaranya nan perlu dihindari:

1. Makanan sigap saji

Makanan ini tidak baik untuk jantung alias lingkar pinggang, tapi makanan berlemak, gorengan, dan bergula juga bisa mengganggu kesuburan pria.

2. Ikan dengan merkuri tinggi

Merkuri telah dikaitkan dengan infertilitas pada wanita dan pria. Ikan todak, king mackerel, tilefish, marlin, tuna mata besar, dan hiu mempunyai kandungan merkuri tertinggi, jadi tukarlah dengan salmon nan kaya omega-3 alias kerang nan kaya seng seperti dikutip dari laman Whattoexpect.

3. Minuman berkafein dan alkohol

Penelitian menunjukkan bahwa minum terlalu banyak kopi, teh, minuman berenergi, dan alkohol dapat menurunkan jumlah sperma. Jadi, batasi asupan kafeinnya hingga setara dengan dua cangkir kopi sehari dan minta pasangan Bunda untuk membatasi konsumsi alkoholnya.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

Bagi Bunda nan mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join organisasi HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(pri/pri)

Selengkapnya
Sumber HaiBunda
HaiBunda